Blog

11 Peluang Bisnis Ini Patut Dicoba Saat Ramadan

Ramadan tidak hanya disambut oleh pemeluk agama Muslim saja, namun juga seluruh rakyat Indonesia. Seperti yang dikutip dari lembaga survei PEW 2015, Indonesia masih menjadi negara dengan pemeluk agama muslim terbesar di dunia. Sehingga momentum ramadan sangat ditunggu oleh berbagai kalangan termasuk pelaku UMKM dan pelaku bisnis.

Berikut 11 peluang bisnis yang sudah SIRCLO dan Mebiso rangkum untuk kamu coba selama ramadan tiba:

1. Berjualan Kurma

Sudah seperti tradisi, buah kurma menjadi favorit dikala ramadan tiba. Karena selain sunah (hal yang dianjurkan dan mendatangkan pahala) buah kurma juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tak heran jika buah kurma bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dicoba kala ramadan tiba.

2. Berjualan Perlengkapan Ibadah Muslim

Selama bulan suci ramadan para pemeluk agama muslim akan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Untuk menunjang ibadah, biasanya perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, dan sajadah akan meningkat permintaannya. Ini bisa jadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba kala ramadan.

3. Berjualan Alat Kesehatan

Anjuran pemerintah untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19, alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer meningkat. Bagi yang mengenakan hijab, masker didesain khusus agar para pengguna hijab merasa nyaman saat menggunakan masker.

4. Berjualan Masakan untuk Sahur

Peluang bisnis ramadan ini patut kamu coba apalagi bagi pengusaha kuliner. Kala pandemi melanda, cukup sulit untuk mencari makan untuk menu sahur, karena tempat makan tidak diizinkan untuk berjualan. Kamu bisa memberikan jasa delivery, serta buatlah menu yang sederhana dan praktis.

5. Berjualan Multivitamin dan Suplemen

Untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, serta mampu menunaikan ibadah puasa sebulan penuh kamu perlu tambahan konsumsi multivitamin dan suplemen. Tentu saja ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis kamu.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Campaign Ramadan yang Menarik Di 2021

6. Berjualan Aneka Frozen Food

Peluang usaha lainnya yang bisa kamu coba adalah berjualan makanan beku atau frozen food. Makanan beku memiliki nilai lebih karena bisa tahan lama, selain itu makanan beku juga mudah untuk disajikan, bisa sebagai menu sahur dan berbuka.

7. Berjualan Kue Kering

Sudah seperti tradisi di bulan ramadan, kue kering menjadi hidangan yang wajib ada. Kue kering sudah pasti memberikan ruang untuk para pelaku usaha untuk mendapatkan peluang rejeki selama bulan ramadan tiba. 

8. Berjualan Parsel atau Bingkisan Lebaran 

Bagi-bagi parcel atau handpers lebaran bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu bisa bersilaturahmi. Berkirim parsel atau bingkisan. Peluang ini bisa manfaatkan untuk berjualan paket bingkisan yang menarik.

9. Berjualan Minuman Dingin

Saat berbuka puasa, kita pasti menginginkan minuman yang segar-segar. Anda bisa mencoba berbisnis aneka minuman dingin segar, misalnya es kopi susu kekinian, boba, cendol, jus, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Siapkan Bisnis Sambut Ramadan 2021

10. Berjualan Minuman Rempah-Rempah

Minuman rempah-rempah dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mencoba berjualan minuman yang sudah jadi. Selain itu, Anda juga bisa berjualan bahan rempah-rempah untuk membuat minuman, seperti misalnya jahe, serai, dan sebagainya.

11. Berjualan Bahan Makanan dengan Sistem Pesan Antar

Karena dianjurkan untuk mengurangi berpergian, aktivitas berbelanja bahan makanan pun jadi terbatas. Anda bisa berbisnis bahan makanan dengan memberikan jasa antar ke rumah pembeli. Hal tersebut akan menjadi solusi bagi banyak orang untuk berbelanja.

            

Sumber: Mebiso

            

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!