Blog

E-commerce Website vs Media Sosial

"Mana sih yang lebih pas buat jualan online? Pakai Media Sosial atau Website?"

Fenomena berjualan secara online di Indonesia sudah cukup banyak menarik perhatian masyarakat. Banyak pelaku bisnis baru yang muncul dan memanfaatkan koneksi internet sebagai salah satu penghasil rupiah.

Umumnya, berjualan secara online di Indonesia masih di dominansi oleh penawaran melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Padahal banyak cara dapat digunakan untuk berjualan secara online.

Salah satunya dengan memiliki website toko online sendiri atau yang disebut e-commerce. Jika dibandingkan, berjualan melalui media sosial memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, antara lain:

  • Layanan gratis untuk pendaftaran akun media sosial secara personal, yakni dengan mendaftarkan akun toko anda untuk akun personal. Berbeda dengan akun media sosial yang memiliki fasilitas bisnis maka diberlakukan tarif untuk pengaktifan akun bisnis tersebut. Layanan yang diberikan juga berbeda. Untuk akun personal hanya menyediakan fasilitas berbasis akun pribadi seseorang sedangkan untuk akun bisnis dilengkapi dengan halaman promosi yang dapat dimanfaatkan untuk menaikkan jumlah pengunjung akun bisnis tersebut.
  • Berjualan menggunakan media sosial lebih cocok untuk yang berjualan barang umum tanpa membutuhkan brand image esklusif.
  • Muncul kekhawatiran jika sewaktu-waktu pihak media sosial memberlakukan aturan secara keras untuk tidak berjualan di media sosial. Karena pada dasarnya media sosial berfungsi sebagai interaksi sosial Antara satu orang dengan orang yang lainnya, bukan untuk berjualan.
  • Kita tidak dapat memprediksi sampai kapan suatu jenis media sosial akan bertahan eksistensinya. Beberapa contoh media sosial yang dulu sangat digemari dan sekarang sudah banyak ditinggalkan oleh penggunanya karena bosan atau sudah ada jenis media sosial yang baru.
  • Report as spam. Jika anda terlalu gencar berpromosi melalui media sosial seperti mengirimkan pesan secara terus menerus, tag foto kepada orang yang tidak bersedia di tag, atau mention akun lain untuk berpromosi, maka akun tersebut sangat berpotensi untuk dilaporkan sebagai tindakan tidak menyenangkan oleh orang yang melaporkan tersebut. Jika sudah mendapatkan laporan tersebut, maka akun yang dilaporkan akan secara otomatis diblock oleh media sosial sehingga tidak dapat digunakan selama beberapa hari.
  • Membutuhkan kesabaran dalam menanggapi satu persatu calon pembeli yang menanyakan detail produk, stock produk, ongkos kirim, diskon, jumlah yang harus dibayarkan, rekening bank untuk transfer dan berbagai pertanyaan yang umum ditanyakan tetapi kita harus menjawabnya satu persatu. Selain itu, jika terlalu penjual terlalu lama memberikan respon, memungkinkan untuk mengurangi ketertarikan pembeli. Sedangkan penjual tidak mungkin berada di depan layar selama 24 jam untuk merespon satu per satu.

Berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada pada media sosial, jika kita bandingkan dengan website berbasis e-commerce, maka berbagai kelebihan dan kemudahan dapat dirasakan antara lain:

  • Dengan website e-commerce sendiri anda memiliki nama domain sesuai dengan keinginan dan disesuaikan dengan brand atau produk anda. Misalnya produk yang anda jual adalah aaaa maka anda dapat menggunakan alamat website www.aaaa.com.
  • E-commerce dapat secara 24 jam menerima order tanpa harus terus berada di depan layar.
  • Dengan sistem pengelolaan otomatis, toko online anda dapat secara otomatis menghitung harga total belanja dan ongkos kirim sekaligus. Juga dapat menggunakan kupon diskon untuk promosi produk.
  • Pembayaran lebih mudah dan praktis melalui fasilitas payment gateway yang disediakan pada website e-commerce.
  • Desain website dapat disesuaikan dengan keinginan penjual dan kebutuhan hingga jenis produk.
  • Dengan memiliki website dengan nama domain sendiri meningkatkan kepercayaan pelanggan online yang akan membeli produk.
  • Website e-commerce sangat tepat dan mudah digunakan untuk produk atau jasa yang ingin lebih ekslusif dan memiliki brand image sendiri

Keistimewaan Website E-commerce.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online