Blog

Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Berdasarkan hasil diskusi bersama di acara #SIRCLOWorkshop yang telah dilaksanakan pada 13 September 2014 lalu, banyak peserta yang penasaran dengan langkah-langkah awal memulai bisnis online bagi pemula. Saat ini, makin banyak orang yang mencari cara untuk memulai bisnis online. Baik bertujuan utk penghasilan tambahan maupun untuk penghasilan utama. Tetapi, masih banyak pula yang ragu memulai bisnis online karena hal-hal seperti modal, bisa tidaknya menjalankan bisnis online, atau cocok tidaknya bisnis tersebut.

Padahal hanya perlu beberapa langkah mudah untuk memulai bisnis online!

  • Pertama, tentukan produk yang akan Anda jual.

Pertama, pilih produk yang akan dijual

Sebelum benar-benar fokus pada satu produk, tidak ada salahnya mencoba berbagai bisnis dan berlatih menjual melalui media sosial untuk menarik pasar. Hanya saja, menjalankan transaksi melalui media sosial tidak direkomendasikan (baca disini untuk perbedaan berbisnis melalui website dengan media sosial).

Sebagai contoh: Lingga Madu, Co-Founder Sale Stock Indonesia yang awalnya mencoba berbagai jenis produk untuk dijual secara online hingga akhirnya fokus pada fashion wanita dan sukses meraih omzet yang cukup besar setiap harinya. (baca kisah suksesnya disini)

Biasanya langkah awal ini dirasa susah karena harus menyusun konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan belajar ilmu bisnis sehingga disarankan untuk tahap awal ini tidak usah terlalu repot. Pada tahap awal ini, disarankan untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, untuk belajar berbisnis online.

 

  • Kedua, buat website.

Kedua, buat website

Setelah sudah menentukan fokus bisnis apa yang akan Anda jalani, kemudian membuat website untuk bisnis online Anda. Di sini Anda akan lebih banyak belajar dan mengenal hal-hal yang bersifat teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman website.

Jika Anda kesulitan membuat website sendiri, manfaatkan platform toko online yg sudah tersedia di internet dan Anda tinggal mengisi konten website agar website Anda dapat digunakan untuk berbisnis online tanpa Anda harus repot belajar pemrograman website. (klik disini untuk contoh platform toko online).

Beberapa hal penting yang Anda untuk website Anda adalah domain dan hosting. Domain adalah nama untuk alamat website Anda. Contoh: www.sirclo.com atau www.salestockindonesia.com. Usahakan ketika Anda memutuskan untuk membuat nama domain, sesuaikan dengan bisnis online Anda.

Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain Anda. Hosting diibaratkan tempat untuk Anda membangun sebuah website untuk toko online Anda. Tetapi untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan kapasitas hosting yang terlalu besar.

Domain dan hosting adalah hal yang penting untuk membangun website bisnis online Anda. Tetapi apabila Anda menggunakan platform toko online, biasanya sudah termasuk hosting dan Anda hanya perlu memesan nama domain web melalui pengelola platform tersebut.

 

  • Ketiga, lengkapi konten website dan promosikan.

Ketiga, promosikan!

Setelah website untuk berbisnis online Anda sudah jadi, isi website Anda dengan berbagai konten seperti deskripsi produk, foto produk, testimonial, dan berbagai konten yang mendukung bisnis online Anda. Setelah itu, jika konten website sudah tersedia, Anda bisa mulai mempromosikannya melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO, ataupun memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest untuk promosi.

  • Keempat, bangun hubungan dengan para pengunjung website.

Keempat, merupakan langkah yang cukup penting. Bangun hubungan dengan para pengunjung website Anda, beri informasi yang mereka butuhkan (misalnya dengan newsletter setiap minggu). Mungkin mereka tidak langsung beli produk Anda, namun ketika mereka mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh, sehingga kemungkinan mereka membeli produk pada Anda akan semakin besar.

 

Demikian beberapa langkah yang mendukung bisnis online bagi yang tertarik dan baru akan memulai bisnis online.

Selamat berbisnis online!

"Opportunities don't happen, you create them". ~ Chris Grosser 

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online