Blog

5 Langkah Tingkatkan Keamanan E-commerce Website

Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis online dan ingin memulai dengan sebuah website, maka tingkat keamanan adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk menjamin tingkat keamanan dari website yang akan kamu gunakan, ikuti 5 langkah berikut:

Gunakan SSL (Secure Socket Layer)

Pastikan website kamu sudah menerima sertifikat SSL. SSL adalah sebuah sistem keamanan yang membuat website kamu seolah-olah telah tervalidasi oleh perusahaan tingkat dunia dan tentunya dapat meningkatkan kepercayanan pengunjung maupun calon pelanggan kamu. Dengan menggunakan SSL, website kamu akan otomatis berubah menjadi HTTPS.

Proses pemasangan sertifikat SSL sangatlah mudah dan cepat, dan biayanya pun terbilang bervariasi. Dengan sertifikat ini, para calon pembeli pun jadi merasa aman saat bertransaksi di website kamu.


Contoh SSL

Pilih Payment Gateway yang Oke

Proses pembayaran yang mudah dan aman sudah tentu diinginkan oleh semua calon pembeli. Proses pembayaran yang hanya tinggal 'klik' tentunya yang paling mereka cari. Oleh karena itu, penggunaan payment gateway adalah pilihan yang wajib dilakukan. Dan yang terpenting, pilihlah layanan payment gateway yang mempunyai kantor resmi di Indonesia, karena jika payment gateway di website kamu bermasalah, akan lebih mudah penanganannya.

Pentingnya Sebuah FDS

Tindak kriminal tak hanya terjadi di dunia nyata, kasus penipuan dalam transaksi online juga harus kamu waspadai. Untuk itu, tak ada salahnya jika website jualan kamu dipasangkan sebuah sistem pendeteksi fraud atau yang dikenal dengan FDS (Fraud Detection System). FDS memungkinkan kamu untuk memblokir setiap transaksi yang terdeteksi fraud. Kamu bisa membatasi jumlah pembelian perharinya bahkan memblokir IP calon pembeli.


Admin yang paham payment gateway sangat dibutuhkan untuk mendukung transaksi

Cari Admin yang Paham Payment Gateway

Ini juga gak kalah penting, karena tidak semua admin yang menangani proses order online paham tentang pembayaran menggunakan kartu kredit. Seorang admin di website jualan tentunya harus tahu bagaimana menangani suspicious fraud, dia harus bisa mengindikasi apakah transaksi tersebut fraud atau bukan, dan harus tahu langkah-langkah apa untuk mencegahnya. Karena sekuat apapun sebuah sistem tetap harus peran admin yang andal di dalamnya. Men behind the gun!


Ilustrasi pengamanan aplikasi firewall

Install Aplikasi Firewall

Kamu gak mau kan website jualan kamu disusupi banner atau iklan-iklan gak jelas yang gak ada hubungannya dengan barang jualan kamu? Dengan menginstall aplikasi web firewall, kamu bisa menyaring atau bahkan memblokir iklan-iklan yang masuk tanpa seizin kamu. Dengan cara ini, website kamu jadi aman dan pembeli pun merasa nyaman berbelanja di website kamu.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online