Blog

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula!

Dengan adanya internet dan dengan pertumbuhan angka pengguna internet yang semakin signifikan, semua orang bisa menjadi pebisnis. Tidak perlu lagi mengkhawatirkan modal besar yang perlu dikeluarkan untuk membangun sebuah toko fisik.

Tak heran jika bisnis online dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Bahkan, menurut Statista, 40 persen pengguna internet melakukan pembelian produk secara online melalui gadget mereka. Hal ini menunjukkan potensi yang sangat besar bagi bisnis yang tidak begitu memerlukan modal yang besar.

Mungkin kamu juga sudah mulai tertarik untuk berbisnis online, namun bingung mau bisnis apa dan bagaimana caranya. Jika demikian, ayo simak informasi berikut mengenai jenis bisnis online yang bisa kamu geluti dan cara memulainya!


Jualan produk online

Menjual berbagai macam produk secara online

Mungkin yang satu ini sudah menjadi hal yang paling banyak dilakukan di dunia bisnis online. Kamu bisa menjual berbagai macam produk secara online, seperti pakaian, benda-benda koleksi, barang hasil DIY, dll. Tempat jualannya pun beragam.

Ikuti langkah berikut:

Pertama, carilah produk yang ingin dijual. Kamu bisa memproduksi sendiri barang dagangannya, atau berperan sebagai reseller ataupun sebagai dropshipper. Untuk informasi lebih lanjut tentang reseller bisa kamu baca di sini, dan tentang dropshipper di sini.

Kedua, tentukan platform yang ingin kamu gunakan untuk berjualan online. Kamu bisa berjualan lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram, namun proses pembayarannya harus manual. Kamu juga bisa berjualan di situs jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak yang menyediakan fasilitas pembayaran rekening bersama secara gratis.

Namun, bila kamu sudah memasuki tahap bisnis online yang cukup serius, maka sebaiknya kamu membuka toko online sendiri. Proses pembuatannya pun cukup simpel! Dengan layanan SIRCLO contohnya, kamu bisa membuat toko online kamu sendiri dalam waktu 5 menit secara gratis! Memiliki toko online sendiri bisa membuat bisnis kamu tampak lebih kredibel dan meyakinkan.

Ketiga, masukkan foto dan deskripsi produk yang dijual. Di sini kamu harus memastikan bahwa foto produk terlihat menarik, dan deskripsinya pun cukup lengkap hingga nanti calon pelanggan kamu tidak kebingungan.

Keempat, sebarkan info tentang produk jualan kamu! Bagikan info itu di media sosial kamu hingga secara mulut ke mulut di antara teman. Produk yang bagus pun akan sulit terjual bila tidak ada orang yang mengetahuinya.

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Namanya juga “pelanggan adalah raja”, jadi kamu harus siap menjawab seluruh pertanyaan dan keluhan mereka ya. Semangat!



Jualan iklan

http://www.thebluediamondgallery.com/tablet/images/advertising-agency.jpg

Berbeda dengan kedua metode sebelumnya, metode bisnis online yang satu ini membutuhkan investasi waktu dan tenaga yang cukup banyak sebelum kamu bisa mendapatkan pemasukan. Sebab, kamu harus memiliki jumlah pengunjung atau follower yang banyak untuk berjualan iklan.

Dua bisnis online yang bisa kamu lakukan ialah memulai blog atau menjadi seorang YouTuber. Kita akan mulai dengan membahas blogging dahulu.

Blogging

https://pixabay.com/id/teknologi-laptop-wanita-gadis-791034/

Kalau kamu senang menulis dan/atau fotografi, jadi blogger merupakan salah satu pilihan bisnis online yang menarik. Namun, untuk dapat mengubah blogmu menjadi bisnis, kamu perlu mempopulerkan blogmu terlebih dahulu.

Pada umumnya, blog yang memiliki traffic yang tinggi akan menarik berbagai pemilik bisnis lain untuk beriklan di blog tersebut. Bahkan, selain dibayar, kamu juga bisa diberikan produk atau jasanya secara cuma-cuma agar kamu dapat memberikan ulasannya di blog.

Ikuti langkah ini:

Pertama, tentukan platform online yang ingin digunakan untuk menulis blog. Tiga platform populer saat ini ialah Medium.com, Wordpress.com, dan Blogspot.com. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi sebaiknya kamu bandingkan dulu mana yang paling cocok.

Kedua, mulailah secara rajin mengisi blog kamu dengan artikel, foto, dan video menarik. Lebih baik kalau kamu memiliki tema blog yang konsisten, contoh saja kamu akan membahas fashion atau travel saja. Jangan lupa untuk menyebarkan blog kamu di media sosial agar teman-teman bisa ikut membaca. Nantinya, bila reputasi blog kamu menjadi semakin baik, pengunjung dari Google pun akan bisa direkomendasikan menuju blog kamu.

Ketiga, menjadikan blog sebagai bisnis benar-benar membutuhkan komitmen tinggi. Jangan lupa untuk menyapa dan berkomunikasi dengan orang-orang yang berkomentar di dalamnya. Hati-hati juga bila ada spammer, langsung hapus komen mereka dan blok akses mereka.

Keempat, saat kamu sudah merasa memiliki jumlah pembaca yang cukup (sebagai tolak ukur, ratusan pembaca tiap hari adalah awal mula yang baik), kamu mulai bisa mendaftar sejumlah layanan untuk mulai berjualan iklan.

Contoh layanan yang bisa kamu ikuti ialah Google AdSense, IDBlogNetwork, AccessTrade Indonesia, dan SociaBuzz. Atau nantinya kamu juga bisa mendekati perusahaan yang memiliki target konsumen yang sesuai dengan profil pembaca blog kamu. Siapa tahu saja mereka akan tertarik membayar kamu untuk mempromosikan produk mereka di blog.

Jadi YouTuber

https://pixabay.com/id/tangan-smartphone-anda-tabung-1167622/

Bukan untuk mengisi waktu saja, YouTube ternyata juga bisa menjadi sumber pendapatan kamu secara online. Langkahnya sedikit mirip dengan membuat blog, dimana kamu harus bisa memproduksi video berkualitas baik, paling tidak enak ditonton. Namun, selain harus memiliki kemampuan edit video, kamu pun juga harus rela berinvestasi pada peralatan kamera yang mumpuni agar hasil video tampak jernih di mata.

Berikut langkahnya:

Pertama, tentukan jenis video yang ingin kamu suguhkan kepada penonton seperti video tutorial, film pendek, video blog (vlog), hingga cover lagu. Apapun jenis video kamu, pastikan isinya menarik untuk ditonton ya! Jadi kamu harus pintar-pintar menyajikan videonya.

Kedua, kamu bisa menyambungkan akunmu dengan Google AdSense untuk berjualan iklan dari Google. Atau kamu bisa mendekati perusahaan yang memiliki target konsumen yang sesuai dengan penonton kamu dan menawarkan kerjasama.



Jualan jasa secara online (alias freelance)

https://pixabay.com/id/apple-buku-meja-tulis-laptop-1284085/

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu pekerjaan atau proyek orang lain sebagai seorang freelancer online. Mulai dari mendesain kartu nama, melakukan data entry, menulis artikel, marketing, dll. Namun sebagai freelancer online, kamu tidak perlu bekerja di kantor dan bisa menyelesaikan pekerjaan sampingan di rumah (pastikan kamu memiliki koneksi internet yang mumpuni ya!).

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama, tentukan kemampuan dan jasa apa yang bisa kamu tawarkan kepada klien. Contoh jasa yang banyak dicari ialah data entry, penulisan artikel, penerjemahan, dan desain.

Kedua, cari pekerjaan freelance yang tersedia. Kamu bisa menggunakan Freelancer dan Sribulancer untuk hal ini. Di kedua website itu, kamu akan menemukan dan melamar berbagai pekerjaan freelance yang tersedia. Tentunya kamu akan bersaing dengan para freelancer lain dalam hal kualitas kerja dan harga. Pembayarannya pun beragam, ada yang dibayar per jam maupun per proyek.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat website sederhana dan mengisinya dengan portfolio pribadi. Ini bisa membantu kamu meyakinkan sejumlah klien bahwa kamu adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan yang ada.

Ketiga, jangan lupa menyebarkan informasi bahwa kamu bersedia melakukan pekerjaan freelance secara online di antara teman-temanmu. Ini bisa memperbesar kesempatan kamu menemukan pekerjaan freelance online yang sesuai.


Apapun pilihan bisnis online yang kamu tempuh, jangan lupa untuk meminta bantuan teman-teman untuk menyebarkannya juga. Kamu juga bisa mengeluarkan biaya untuk bekerja sama dengan orang-orang terkenal agar mereka mau mempromosikan bisnis online yang kamu buat ke media sosial mereka.

See? Dengan adanya dunia maya, kamu bisa berkarya kapanpun, dimanapun, dan dengan kemampuan dan minat apapun. Kamu juga bebas untuk mencari cara baru untuk dapat menghasilkan uang dari dunia online.

Bila kamu merasa siap untuk mulai berjualan produk secara online, langsung saja buat toko online kamu di SIRCLO. Caranya sangat cepat, mudah, dan gratis lagi! Ingin buktikan? Klik saja tombol di bawah ini.

Related Posts