Blog

5 Tips Fotografi Produk Untuk Website Toko Online

Blog jualan online - tips foto produk untuk website toko online

Bayangkan kamu sedang browsing dan melihat berbagai produk di suatu website toko online. Sebenarnya toko online itu menjual produk yang kamu cari dan ingin beli, tapi foto yang ditampilkan terlalu kecil dan buram sehingga kamu tidak bisa melihat produk dengan jelas. Apakah kamu tetap akan membeli produk tadi

Kemungkinan besar pasti jawabannya tidak, karena dua alasan:

  1. Kamu tidak tahu pasti bagaimana tampilan produk sebenarnya.
  2. Kamu berpikir bahwa toko dengan foto produk yang tidak professional pasti kurang bisa dipercaya.


Kalau sudah menyangkut eCommerce dan toko online, tidak bisa disangkal lagi kalo fotografi produk memainkan peranan yang sangat besar dalam perilaku pembelian pelanggan. Malah, sebuah laporan IRCE mengenai belanja online menunjukkan bahwa 75% pembeli online menekankan bahwa kualitas fotografi produk jadi pertimbangan paling penting saat melihat halaman toko online.

Menggunakan gambar berkualitas baik dan enak dipandang untuk menampilkan produk akan menjadi aset terbesar toko online kamu untuk meningkatkan conversion rate. Agar kamu bisa membuat gambar seperti itu, beberapa tips ini perlu kamu perhatikan:



1. Gunakan Peralatan Fotografi yang Tepat

Blog Bisnis Online - Tips Fotographi Toko Online

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah sebuah kamera. Kamera DSLR harganya kini sudah semakin terjangkau, jadi kalau kamu berencana memotret banyak foto produk, akan lebih baik untuk berinvestasi di kamera digital yang bagus. Tapi kalau budget kamu tidak cukup, kamera smartphone dengan kualitas baik bisa jadi penggantinya.

Beberapa aplikasi gratis seperti VSCOCam bisa membuat foto yang kamu ambil menjadi bagus – terutama untuk media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest.

Kalau kamu menggunakan DSLR, ingat beberapa hal ini sebelum melengkapi peralatanmu:

  • Jangan gunakan lensa sudut lebar (wide angle).
  • Gunakan bukaan yang pas. Bukaan lebar seperti f2.8 atau f4.5 akan mempersempit kedalaman foto, dan membuat sebagian produk out of focus. Bukaan kecil seperti f8 atau f11 akan memberikan kedalaman yang lebih lebar, dan membuat produk kamu lebih tajam dan fokus.
  • Gunakan white balance yang tepat. Saat memotret sebaiknya setel agar sama dengan temperature Kelvin alat pencahayaan.


Masih berhubungan dengan alat pencahayaan, baik kamu memotret dengan DSLR atau smartphone, kamu harus menguasai pencahayaan fotografi produk dengan peralatan yang sesuai.

2. Sempurnakan Pencahayaan Fotografi

Tips Foto Produk Toko Online

Kalau sudah menyangkut setelan untuk foto, mulailah dengan mencari tahu jenis background dan pencahayaan yang kamu butuhkan untuk produk. Contohnya, setelan pencahayaan untuk produk makanan akan berbeda dengan produk pakaian.

Kalau kamu mencari di internet, ada banyak tutorial mengenai DIY light box yang bisa kamu ikuti untuk keperluan foto dengan biaya murah. Selanjutnya siapkan setidaknya dua lampu yang persis sama agar pencahayaan untuk foto konsisten dan mudah dimanipulasi. Kalau kamu sudah siap untuk memotret, perhatikan beberapa hal ini:


a. Konteks

Sebuah dompet bisa saja difoto dengan latar belakang putih, tapi kamu juga ingin menunjukkan foto saat seorang wanita sedang memakai dompet tadi untuk memberikan konteks.

Disinilah pentingnya foto yang memiliki konteks, agar pembeli mendapatkan gambaran yang baik akan kegunaan produk dan meningkatkan kepercayaan untuk membeli produk yang tidak mereka lihat langsung. Hal ini juga akan meningkatkan conversion rate dan mengurangi pembatalan pembelian karena produk yang tidak digambarkan dengan benar.


b. Tonjolkan Keunggulan Produk

Pertimbangkan warna dan bentuk produk, serta situasi dimana biasanya produk tersebut ditemukan, lalu tonjolkan hal yang akan membuatnya terlihat lebih menarik. Kamu bisa mencari inspirasi dari Pinterest atau Stocksnap untuk ide foto produk kamu selanjutnya.


3. Sesuaikan Setelan Untuk Foto Terbaik

Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk menyiapkan pencahayaan dan set foto siap sebelum kamu mulai memotret. Perhatikan juga ukuran dan kebutuhan produk saat mengatur setting untuk foto. 

Sebaiknya buatlah sebuah diagram yang menunjukkan rencana set foto, dan hitung jarak antara lampu dan produk, jarak kamera dan produk, sudut dan tinggi pencahayaan terhadap produk. Dengan begini pekerjaan kamu akan jadi lebih mudah.

Pastikan kamu mengambil foto produk dari beberapa sudut sekaligus, untuk menunjukkan pada pembeli setiap sisi dan detail produk. Jangan ragu untuk mengatur ulang set foto sampai kamu mendapatkan foto produk yang terbaik untuk dipajang di toko online kamu.



4. Edit Hasil Foto
Edit Foto Produk Toko Online

Setelah selesai memotret, sekarang waktunya untuk mengedit. Dengan menggunakan software, kamu bisa membersihkan dan memperindah foto kamu agar terlihat sempurna. Bila memungkinkan, sebaiknya ambil foto dalam bentuk RAW yang memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk editing.



5. Sabar

Akhirnya, gunakan waktu dengan sebaiknya, dan sabar. Cara terbaik untuk menguasai fotografi produk yang menarik untuk website toko online kamu adalah dengan terus berlatih. Terus coba berbagai hal kreatif sampai kamu puas dengan hasilnya.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online