Blog

5 Cara Membuat Blog Toko Online Yang Menarik, Bermanfaat dan Menyita Perhatian Pembaca

Apa kamu termasuk orang yang berpikir bahwa cara menaikkan traffic toko online cukup dengan beriklan secara agresif dan promosi di media sosial saja? Kalau iya, kamu harus tahu kalau kedua cara tadi pasti akan mencapai titik jenuh dan kamu jadi tidak melakukan apapun untuk membuat calon pembeli baru menemukan toko online kamu.

Menambahkan konten blog adalah alternatif efektif untuk memberikan nilai lebih, meningkatkan traffic, juga meningkatkan penjualan toko online kamu. Bagaimana bisa?

  • Toko online akan lebih mudah ditemukan dengan bantuan SEO dari blog.
  • Blog memberikan nilai lebih untuk visitor. Setelah mereka merasakan manfaat blog yang dibaca, peluang terjadinya convert dari visitor ke pelanggan akan semakin besar.
  • Blog meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan calon pembeli potensial.

Agar toko online kamu jadi lebih menarik, coba buat blog berkualitas yang memberikan manfaat, nilai lebih, serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Bingung bagaimana caranya?

 

1. Berhenti Membuat Blog Penjualan

Apakah kamu membuat blog untuk toko online kamu atau untuk para pembaca? Tujuan blog kamu mungkin memang untuk menghasilkan lead, meningkatkan traffic, atau memperkuat citra toko online kamu. Tapi kalau kamu menggunakan blog hanya untuk melakukan penjualan, tidak akan ada orang yang membaca.

Lebih baik berikan saran yang bagus secara rutin untuk membangun kepercayaan dan memenangkan hati visitor. Untuk mulai menarik perhatian visitor dengan blog toko online, coba jawab dulu dua pertanyaan penting berikut ini:

  • Untuk siapa kamu menulis? Coba jawab dengan spesifik. Kalau sudah bisa membayangkan pembaca atau pembeli yang ideal untuk produk kamu, blog yang kamu tulis akan jadi lebih berwarna, lebih personal, dan terasa lebih dekat.
  • Bagaimana kamu bisa membantu pembaca? Pertimbangkan apa yang diinginkan oleh pembaca, dan bagaimana kamu bisa membantu mereka untuk mencapai tujuan tersebut.

Saat mulai menulis blog, lupakan bisnis sejenak dan fokus pada bagaimana kamu bisa menolong pembaca. Saat kamu mulai berhenti membuat blog penjualan, kamu malah akan menjual lebih banyak.

 

2. Hilangkan Bahasa Formal

Untuk lebih dekat dengan pembaca, sebaiknya buat tulisanmu seperti percakapan. Apa kamu sadar kalau ada banyak pertanyaan dalam blog ini? Dan semua pertanyaan ditujukan secara langsung untuk pembaca dengan penggunaan kata kamu?  Blog seharusnya bukan sebuah monolog, tapi percakapan; dan pertanyaan adalah salah satu tool penting dalam percakapan yang baik.

Begini caranya untuk menghilangkan bahasa formal dan membuat blog terasa lebih dekat dengan pembaca:

  • Hilangkan bahasa teknis yang tidak biasa digunakan sehari-hari.
  • Hilangkan bahasa pasif. Daripada menulis email anda akan dibalas, lebih baik ganti dengan: kami akan membalas email anda dalam waktu 24 jam (aktif).
  • Jangan gunakan paragraf panjang.
  • Gunakan bahasa informal seperti nah, eh, kok, dll. yang biasa digunakan dalam percakapan keseharian.

Menghilangkan bahasa formal akan membuat pembaca merasa sedang berada dalam percakapan yang seru, sehingga akan mendorong mereka untuk berpendapat, mengirim email, bahkan membeli produk yang kamu tawarkan.

 

3. Buat Judul yang Mengundang

Agar judul bisa membuat orang ingin meng-klik dan membaca blog kamu, sebaiknya penuhi dua kriteria penting ini:

  • Tarik perhatian dengan menggunakan kata sensori atau emosional. Nomor juga bagus dimasukkan ke dalam judul karena lebih menarik perhatian dalam aliran media sosial.
  • Buat pembaca penasaran dengan menjanjikan manfaat spesifik saat membaca blog.

Judul yang mengundang akan membuat blog kamu dibaca oleh lebih banyak orang.

 

 4. Buat Paragraf Pembuka yang Menarik

Buat paragraf pembuka yang menarik untuk menarik minat pembaca dengan menggunakan 3 langkah ini:

  • Berempati dengan pembaca dan katakan bahwa mereka bukan satu-satunya yang sedang mengalami masalah tertentu.
  • Janjikan hidup mereka akan jadi lebih baik bila mereka mengikuti saran kamu.
  • Yakinkan pembaca bahwa tips kamu mudah diikuti.

 

5. Tulis Kesimpulan yang Inspirasional

Tugas kamu sebagai blogger bukan hanya untuk berbagi saran yang berguna, tapi juga mendorong pembaca untuk bertindak dan melakukan perubahan dalam hidup. Caranya adalah dengan menulis kesimpulan atau paragraf akhir yang bisa memberikan pembaca rasa percaya diri untuk melakukan semua saran tadi.

 

Menulis blog memang bukan pekerjaan mudah. Kamu harus tahu apa yang kamu tulis, memperbaiki keterampilan menulis, dan yang terpenting adalah memasuki pikiran pembaca dan pembeli potensial. Tapi akan ada perubahan positif yang terjadi saat kamu peduli dengan pembaca blog kamu, dan traffic toko online serta lead juga akan meningkat dengan sendirinya.

Related Posts