Blog

5 Tips Branding Untuk Curated Online Store

Saat ini ada sebuah fenomena yang sedang berlangsung di dunia eCommerce. Di awal tahun 2012/2013 beberapa brand dan penjual retail, terutama yang bergerak di industri yang digerakkan oleh inspirasi dan emosi seperti fashion atau kecantikan, mulai mencari cara untuk membuat pengalaman belanja yang lebih personal, dan akhirnya memunculkan banyak toko online yang menerapkan sistem curated shopping. Sistem ini berarti sebuah toko online tidak memproduksi barang sendiri, melainkan mengambil produk dari brand lain dengan spesialisasi tertentu.

Popularitas curated online store bisa terjadi karena saat ini customer tidak memiliki cukup waktu untuk mengecek semua produk yang banyak sekali beredar di pasaran. Disinilah toko online dengan sistem curated shopping memainkan peranan sebagai ahli terpercaya yang merekomendasikan produk terbaik. Salah satu contohnya adalah user toko online SIRCLO Benscrub.com yang memberikan solusi atas kebutuhan customer yang menginginkan produk perawatan tubuh dan kulit organik.

Sudah mulai terinspirasi untuk memulai curated online store? Kali ini kami akan mengajak kamu melihat tips branding yang akan membuat toko online kamu mendapatkan kepercayaan pembeli dan membedakan dengan pesaing.

 

1. Soroti Filosofi Produk

Sebagai awal, kamu harus mengkomunikasikan filosofi dibalik semua produk yang kamu pilihkan untuk customer. Untuk itu kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah ada misi tertentu yang ingin dicapai oleh bisnis eCommerce kamu?
  • Apakah ada masalah yang akan dipecahkan oleh rangkaian produk yang kamu tawarkan?
  • Standar apa yang ingin kamu tampilkan pada pelanggan tentang bisnis online kamu?

Tuliskan semua jawaban di atas secara jujur, dan komunikasikan pada customer sebagai pesan yang kuat di toko online kamu. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkannya di halaman About Us atau membuat satu halaman khusus untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh toko online kamu.

 

2. Tampilkan Keunikan Penawaran

Menentukan keunikan penawaran adalah langkah paling dasar bagi setiap strategi branding. Tujuannya adalah untuk membedakan brand toko online kamu dengan kompetitor, dan memberikan customer alasan untuk membeli produk dari kamu.

Keunikan ini sebaiknya menyoroti cerita, filosofi, atau tujuan unik dari toko online kamu dengan rangkaian produk yang ditawarkan. Secara spesifik, Benscrub.com menawarkan rangkaian produk perawatan tubuh dan kulit yang telah dipilih dengan seksama dari 30 brand asal Australia, New Zealand, dan Perancis karena mereka ingin menyebarkan kecintaan akan produk organik dan klinis yang baik untuk wanita Indonesia.

Untuk itu, kamu juga bisa menerapkannya dengan cara menyoroti beberapa poin dan emosi yang menjadi benang merah berbagai produk pilihan yang ditawarkan di toko online kamu.

 

3. Tunjukkan Kualitas Produk

Menggunakan kualitas produk sebagai tool marketing adalah cara yang sangat efisien untuk membangun loyalitas pada brand. Dengan selalu mempertahankan kualitas produk pilihan yang kamu tawarkan untuk customer, sudah pasti mereka akan menjadi pelanggan seumur hidup.

Untuk itu tampilkan kualitas dan manfaat produk secara jelas agar bisa langsung dilihat oleh calon pembeli yang baru pertama kali mengunjungi toko online kamu. Kamu juga bisa membuat halaman khusus berisikan foto, testimonial dan review dari pelanggan yang sudah merasa puas setelah menggunakan produk pilihan dari toko online kamu.

Beberapa contoh kualitas produk yang bisa kamu soroti adalah:

  • Dimana produk dibuat?
  • Terbuat dari bahan apakah produk tersebut?
  • Darimana bahan pembuat tadi diambil?
  • Untuk beberapa produk tertentu, apakah berasal dari sumber organik, fair trade, atau free range?

Sebagai catatan, jangan samakan kemewahan dengan kualitas. Hanya karena suatu produk berharga mahal, belum tentu kualitasnya baik.

 

4. Personalisasi Pengalaman Customer

Apa kamu pernah membeli sesuatu secara online, lalu saat menerima produknya kamu merasa terkejut karena produk dikemas dengan sangat baik, rapi, dan menunjukkan bahwa setiap detil dipikirkan dengan baik untuk memberikan kamu pengalaman membeli yang memuaskan?

Kamu juga bisa personalisasi pengalaman customer dengan menyesuaikan setiap detail yang akan mewakili toko online kamu, seperti: design website, packaging, atau bahasa yang digunakan di media sosial, dengan identitas target pasar yang ingin kamu jangkau.

 

5. Semangat Memberi Kembali

Toko online kamu bisa menempati tempat khusus di dunia eCommerce yang begitu padat, dengan semangat untuk memberi kembali pada customer.

Tidak peduli berapapun penjualan yang kamu dapatkan dari toko online, selalu ada kesempatan untuk berbagi rasa syukur dengan customer. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk berterimakasih pada customer atas kontribusi mereka pada toko online kamu. Dengan begitu, brand toko online kamu akan dikenali memiliki ‘kepribadian’ yang bersyukur dan selalu mendukung customer.

 

Karena tidak memproduksi barang sendiri, strategi branding untuk curated online store menjadi sangat penting untuk dilakukan secara berkelanjutan. Selain untuk membangun kepercayaan customer, juga untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan dan membedakan diri dengan kompetitor lain.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online