Blog

Cara Mendapatkan Penjualan Pertama Ketika Pertama Kali Membuat Toko Online

Kamu sudah membuat toko online, mengisinya dengan foto dan deskripsi produk, menambahkan konten menarik, dan sudah meluncurkannya ke jagat dunia maya. Berarti sekarang waktunya untuk duduk santai dan melihat traffic dan penjualan datang dengan sendirinya kan? Sayangnya, tidak semudah itu.

Banyak entrepreneur eCommerce yang merasa frustasi karena sudah bekerja keras untuk menyiapkan toko online tapi tidak mendapatkan respon yang diharapkan. Agar kamu tidak mengalami hal seperti itu, kami sudah menyusun beberapa cara yang akan membantu kamu mendapatkan penjualan pertama dari toko online.


1. Mulai Menulis Blog Untuk Mendapatkan Penjualan Pertama

Jangan remehkan kekuatan blog. Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mendedikasikan sebagian waktu untuk membuat konten marketing:

  • Untuk menunjukkan bahwa kamu ahli dalam bisnis online yang kamu jalankan. Buat blog yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan, tips dan tutorial, juga terus ikuti trend terbaru. Cara ini bagus sekali untuk membangun kepercayaan.
  • Untuk memberikan konten yang bisa di share. Saat kamu kehabisan ide untuk post di media sosial, kamu bisa share dari blog toko online.
  • Membuat visitor mendapatkan update produk atau perkembangan terkini.
  • Blog akan membantu toko online naik di peringkat mesin pencari dengan bantuan SEO

Selain menulis blog sendiri, kamu juga bisa menghubungi blogger lain dan tawarkan untuk menulis guest post secara gratis. Dengan ini kamu bisa memperkenalkan toko online pada pembaca baru, sekaligus menunjukkan bahwa brand kamu berhubungan baik dengan brand lain.

 

2. Optimalkan Toko Online yang Mobile Friendly

Penting sekali untuk memastikan toko online kamu mudah diakses melalui smartphone dan gadget lain. Menurut statistik, 30% pembeli mobile akan meninggalkan transaksi bila toko online tidak mobile-friendly, dan sekitar 58% pelanggan yang memiliki smartphone sudah pernah menggunakannya untuk berbelanja di toko online.

Untuk itu pastikan layanan jasa pembuatan toko online yang kamu pakai bisa mengoptimalkan toko online untuk versi smartphone dan tablet.


3. Endorsement

Cara ini efektif untuk memperkenalkan toko online kamu yang baru dibuat, juga meningkatkan brand awareness dan traffic.

Perhatikan siapa orang yang berpengaruh dalam industri toko online kamu. Ada banyak sekali vlogger, blogger, dan selebriti media sosial dengan follower yang banyak dan reputasi yang baik di mata target pasar kamu.

Hubungi dan tawarkan untuk memberikan contoh produk gratis. Bila disetujui, mereka akan me-review produk kamu untuk diposting di akun media sosial atau blognya. Saat mereka merekomendasikan produk kamu, besar kemungkinan banyak dari pembaca/follower yang melihat akan langsung mengunjungi toko online kamu dan melakukan pembelian – karena itu pastikan influencer mention atau memberikan link akun media sosial atau toko online kamu.

Kamu juga bisa memberikan kode diskon khusus untuk para follower yang melakukan pembelian agar mereka semakin tertarik untuk mempromosikan produk kamu. Kunci utamanya adalah pilih orang yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, bila kamu menjual makeup, hubungi YouTuber berpengaruh yang sering mengunggah tutorial makeup. Atau, kalau kamu menjual makanan sehat, cari selebgram yang rajin mempromosikan gaya hidup dan pola makan sehat.


4. Manfaatkan Media Sosial

Hampir semua orang menggunakan media sosial, kamu bisa membawa toko online kamu lebih dekat dengan calon pembeli pertama dengan membuat akun di beberapa platform, seperti:

  • Facebook Page. Kamu bisa memanfaatkan update status untuk menciptakan konten menarik yang akan mengundang lebih banyak orang untuk mengenal dan mengunjungi toko online kamu.
  • Membuka Percakapan di Twitter. Berinteraksi lebih dekat dengan calon pembeli melalui cuitan yang menginformasikan berbagai produk yang kamu tawarkan melalui cuitan.
  • Menginspirasi dengan Pinterest. Pinterest adalah penarik traffic yang sangat baik. Kamu bisa mulai menginspirasi calon pembeli potensial dengan membuat mereka mengikuti akun Pinterest kamu.
  • Beraksi di Instagram. Media sosial ini adalah platform terbaik bagi toko online untuk membangun basis pelanggan. Post konten yang akan mendorong interaksi dan melibatkan follower.


Mendapatkan penjualan pertama untuk toko online memang sulit, memakan waktu, dan membutuhkan kerja keras. Yang penting adalah selalu sabar dan jangan putus asa. Ingat bahwa setiap detik yang kamu lakukan untuk membangun toko online, promosi, dan meningkatkan kepercayaan dan traffic, pasti akan segera membuahkan kesuksesan jangka panjang.

 

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online