Blog

Cara Mengedukasi Pelanggan di Instagram Untuk Belanja di Toko Online

Sebagai platform media sosial visual yang paling populer saat ini, wajar jika banyak bisnis yang memanfaatkan Instagram. Selain untuk memperkenalkan berbagai produk yang ditawarkan dan menjangkau lebih banyak pembeli, Instagram juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengajak pelanggan dan calon pembeli untuk berbelanja di toko online kamu.

Sebelum mulai mengedukasi pelanggan di Instagram untuk belanja di toko online kamu, lebih baik pastikan dulu webstore atau toko online kamu sudah mobile friendly. Agar lebih yakin, pastikan jasa pembuatan toko online kamu bisa mendukung versi mobile yang nyaman diakses dari smartphone atau tablet. Kalau sudah, yuk simak cara dibawah ini:

 

1. Tampilkan Link Webstore atau Toko Online di Bio

Saat follower baru atau calon pembeli potensial di Instagram ingin melihat bisnis kamu lebih jelas, tempat pertama yang mereka tuju pasti adalah bio Instagram toko online kamu. Ini artinya, bio Instagram adalah lokasi paling ideal untuk menaruh link webstore atau toko online kamu. Meski bio hanya dibatasi sebanyak 150 karakter saja, pastikan link website kamu menjadi prioritas utama.

Sebaiknya arahkan link di bio tadi ke halaman toko online dimana mereka bisa melihat koleksi lengkap berbagai produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa membuat halaman landing khusus yang memberikan penawaran spesial bagi setiap pembelian untuk pertama kalinya di toko online kamu.

 

2. Post Foto atau Video Tentang Fitur Toko Online

Meski pelanggan kamu sudah banyak di Instagram, belum tentu semuanya sudah melek dengan cara belanja di toko online loh. Untuk itu, tunjukkan mudahnya cara belanja di toko online kamu melalui seri foto atau video tutorial singkat. Selain mencontohkan alur belanja di toko online kamu, tunjukkan juga berbagai fitur menarik yang bisa mereka manfaatkan, seperti menghitung sendiri tarif ongkos kirim, kegunaan shopping cart, atau kemudahan berbagai alternatif cara pembayaran.

Jangan lupa tampilkan juga dua versi cara belanja di toko online melalui smartphone, dan melalui PC atau laptop untuk lebih meyakinkan. Kemas semua konten tadi dengan cara kreatif yang tidak menggurui ya.

 

3. Produk Eksklusif Khusus Toko Online

Dorong pelanggan di Instagram untuk mulai belanja di toko online dengan post beberapa foto atau video tentang produk eksklusif yang hanya bisa mereka dapatkan melalui pembelian di toko online. Selain produk eksklusif, kamu juga bisa berikan penawaran khusus atau gift card untuk pembelian selanjutnya di toko online. Cara ini akan membuat pelanggan dari Instagram kembali melakukan pembelian dan semakin terbiasa dengan berbagai fitur dan kemudahan belanja di toko online kamu.

 

4. Berbagi Tips Aman Belanja Online

Bisa dimengerti bila masih banyak orang yang merasa ragu melakukan transaksi online karena merasa tidak aman atau takut terkena penipuan. Karena itu sesekali selipkan post edukasi berisi tips aman belanja online seperti:

  • Perhatikan URL Https dan simbol gembok saat akan melakukan transaksi.
  • Lebih teliti melihat setiap detail penawaran agar tidak terjadi kesalahpahaman.
  • Jangan melakukan transaksi online melalui Wi-Fi di tempat publik

Dengan cara ini kamu bisa membangun kepercayaan sekaligus meyakinkan pelanggan di Instagram untuk mulai berbelanja di toko online kamu.

 

5. Siapkan Fitur Live Chat

Salah satu faktor pendukung yang tidak kalah penting untuk membuat pelanggan di Instagram semakin betah belanja di toko online kamu adalah fitur live chat. Dengan adanya fitur ini, setiap pertanyaan yang berkaitan dengan prosedur pembelian dan detail produk bisa segera dijawab.

Dengan semakin sering pelanggan berinteraksi secara langsung melalui live chat, kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai pengalaman belanja pelanggan di toko online. Bila ada kendala yang dirasakan oleh pelanggan, manfaatkan informasi ini untuk memperbaiki kekurangan toko online kamu agar lebih nyaman digunakan.

 

Ayo mulai edukasi pelanggan di Instagram untuk mulai belanja di toko online kamu, dengan membangun kepercayaan dan menjalin komunikasi yang baik. Selain meningkatkan penjualan, hubungan antara toko online kamu dengan pelanggan akan semakin erat dan membuat mereka semakin setia.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online