Blog

Pentingnya Berinvestasi di Desain Untuk Bisnis Online

Pemilik bisnis online pasti punya ratusan kegiatan yang harus diselesaikan setiap harinya, dan kebanyakan akhirnya tergoda untuk mengabaikan kebutuhan design yang baik. Padahal, desain yang dilakukan secara professional adalah salah satu investasi penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses mengembangkan dan mempertahankan bisnis online yang sukses.

Bagaimana dengan bisnis online kamu, apa desain sudah menjadi bagian penting didalamnya? Kalau belum, yuk kita lihat bersama alasan pentingnya berinvestasi di desain untuk bisnis online kamu.


1. Brand Lebih Mudah Dikenali

Citra brand bisnis online kamu dimulai dengan logo dan berkembang ke setiap aspek bisnis lain. Desain brand kamu haruslah fungsional, menarik, professional, dan punya ciri khas yang mudah dikenali oleh pelanggan. Saat orang melihat brand kamu di media sosial atau marketplace, mereka harus langsung teringat dengan produk dan jasa terbaik yang kamu tawarkan. Untuk membangun hubungan seperti itu, bisnis online kamu perlu desain yang istimewa.


2. Design Webstore Kuat = Kepercayaan Pelanggan

Saat ini banyak sekali bisnis yang sudah dijalankan 100% secara online. Ini berarti sangat penting untuk memiliki tampilan desain webstore atau toko online yang berkesan dan mudah diingat oleh orang yang melihat.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa website, webstore, atau toko online dengan desain yang kurang menarik seringkali langsung ditinggalkan, tidak dibaca atau dilihat, bahkan tidak akan dikunjungi lagi. Jadi bagaimana sebenarnya desain website yang baik?

  • Layout sederhana dengan navigasi mudah dan bisa loading dengan cepat.
  • Desain webstore atau toko online yang modern dan menarik tanpa iklan pop-up.
  • Ukuran tulisan yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu banyak.

Kalau kamu menggunakan jasa pembuatan website untuk bisnis online kamu, lihat portfolio atau proyek yang sudah dikerjakan sebelumnya untuk memastikan mereka mampu membuat desain website yang menarik dan disukai. Kamu juga bisa memperhatikan beberapa website yang kamu anggap sukses dan menggunakan desain mereka sebagai referensi.


3. Design Membuat Konten Menjadi Lebih Menarik

Semua bisnis online saat ini bersaing ketat di berbagai platform untuk mempromosikan konten dan menarik perhatian calon pembeli. Desain yang lemah dan tidak menarik akan membuat konten bisnis online kamu dilewati dan hilang begitu saja.

Komunikasikan pesan yang ingin kamu sampaikan dengan bantuan desain kreatif dan menarik agar lebih mudah diterima. Konten atau post dengan desain yang baik juga memiliki tingkat share yang lebih tinggi dan bisa menarik traffic webstore atau toko online yang lebih banyak.


4. Desain Efektif Menarik Perhatian Target Pasar Tertentu

Untuk lebih efektif dalam menarik perhatian kelompok tertentu yang menjadi target pasar bisnis online kamu, manfaatkan desain dan kombinasi warna. Desain yang baik akan mampu mengkomunikasikan sebuah produk tanpa kata, dan berlaku sebagai bahasa universal yang memberikan sinyal pada target pasar tertentu yang dituju.

Saat merancang design komunikatif, mulai dari kemasan hingga pesan media sosial, perhatikan hal apa saja yang menarik perhatian target pasar yang kamu tuju, sekaligus mengkomunikasikan value produk yang kamu tawarkan.


5. Menjadi Timeless Brand

Saat membangun bisnis online, pasti kamu ingin bisnis ini bertahan lama dan tetap diminati hingga puluhan tahun ke depan kan? Singkat kata, kamu ingin brand kamu menjadi timeless brand atau brand yang tidak lekang oleh waktu kan?

Desain yang konsisten dan fleksibel mengikuti perkembangan jaman akan membuat sebuah brand mudah lekat di pikiran dan hati pelanggan, tetapi sulit untuk dilupakan.

Desain bukan sekedar tampilan, tapi juga bisa menjadi ‘nyawa’ dari bisnis online kamu. Belum terlambat untuk berinvestasi di desain agar marketing bisnis kamu lebih kuat dan terlihat berbeda dengan pesaing.

 

 

Related Posts