Blog

Trend Bisnis: Beriklan Lewat Instagram

Saat ini marketing dan periklanan lebih populer dilakukan melalui konten visual yang relevan dengan pelanggan dan disampaikan secara efektif melalui media sosial, untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan berinteraksi secara dua arah.

Platform media sosial Instagram menjadi tujuan utama pelaku bisnis, baik besar maupun kecil, untuk memanfaatkan trend bisnis dengan promosi melalui konten visual saat ini. Para follower Instagram menunjukkan interaksi 58x lebih banyak dibandingkan Facebook dan 120x lebih sering daripada Twitter, ini artinya iklan kamu tidak hanya dilihat, tapi juga diingat.

Apa bisnis online kamu sudah beriklan di Instagram untuk mengoptimalkan promosi? Kalau belum, kali ini kami ingin memberikan kamu inspirasi mengenai cara beriklan di Instagram.

1. Endorsement Buzzer atau Selebgram

Kamu bisa memanfaatkan tingginya interaksi antara selebgram dan followers-nya, dengan cara endorsement atau singkatnya endorse. Endorse adalah bentuk kampanye atau iklan yang melibatkan figur publik dan memanfaatkan ketenaran mereka untuk membantu mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Ini artinya, kamu bisa berikan secara gratis salah satu produk terbaik toko online kamu pada selebgram untuk digunakan, dan nantinya mereka akan berfoto dan posting dengan men-tag akun Instagram toko online kamu. Keuntungan beriklan melalui endorse:

·   Meningkatkan traffic dan brand awareness produk serta toko online kamu.

·   Bisa memilih selebgram dengan niche spesifik yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Produkmu akan lebih efektif bila dilihat oleh para follower selebgram yang biasanya memiliki interest yang sama.

·   Kamu bisa meminta bantuan dari selebgram yang menerima endorse secara gratis. Produkmu bisa dilihat lebih banyak orang dengan hemat.


2. Instagram Ad

Dengan jumlah pengguna aktif hingga 500 juta orang setiap bulannya, Instagram menawarkan kesempatan unik bagi pelaku bisnis untuk menjangkau calon pembeli potensial melalui kampanye iklan. Beberapa keuntungan beriklan dengan Instagram Ad adalah:

·   Tampilan yang hampir persis sama dengan post biasa, sehingga lebih mudah diterima oleh para pengguna.

·   Pengguna Instagram sangat interaktif dan bisa meningkatkan jumlah follower Instagram dengan efektif.

·   Instagram Ad memiliki target audience yang sangat spesifik, sehingga setiap rupiah yang kamu bayarkan sudah pasti akan dilihat oleh orang yang tepat.

·   30% pengguna Instagram akan membeli produk yang mereka lihat di Instagram Ad.

Agar Instagram Ad bisnis online kamu lebih efektif, buat post dengan konten visual yang bisa mengkomunikasikan cerita brand kamu, lalu tambahkan caption menarik dan jangan lupa masukkan link menuju toko online kamu.


3. Optimalisasi Akun Bisnis

Akun Instagram kamu juga bisa dimanfaatkan sebagai media beriklan yang efektif loh. Coba lakukan beberapa strategi cerdas ini:

·   Pastikan di bio akun Instagram bisnis kamu ada link menuju toko online kamu.

·   Hubungkan akun Instagram dengan Facebook Page bisnis online kamu.

·   Kombinasikan penggunaan hashtag spesifik bisnis online kamu, dengan hashtag umum dan trending yang populer digunakan.

·   Share postingan follower untuk menunjukkan apresiasi kamu terhadap pelanggan. Jangan ragu untuk like, post, mention, atau komen post follower untuk membangun kedekatan.

·   Posting konten foto dan video kreatif tentang produk, toko online, kegiatan di belakang layar, dan apapun yang berhubungan dengan bisnis online kamu. Jangan lupa tambahkan caption yang mendorong follower untuk berinteraksi.

·   Membuat kontes di Instagram dengan syarat hashtag atau regram foto tertentu.


Bila kamu secara konsisten memberikan postingan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan, tingkat interaksi dan brand awareness akun Instagram bisnis otomatis akan meningkat tajam. Tapi kamu harus sedikit bersabar, karena cara paling hemat ini memang perlu waktu.

Agar bisnis online kamu tetap menarik bagi pelanggan dan bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, penting sekali untuk terus memperhatikan perkembangan trend bisnis, terutama perubahan dalam segi promosi.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online