Blog

Ayo Meraup Keuntungan Besar di Bulan Ramadhan Dengan 5 Cara Ampuh Ini

Bulan Ramadhan yang pernuh berkah memang selalu dinantikan, bukan hanya oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, tapi juga disambut antusias oleh para pebisnis. Sebuah penelitian oleh Echelon menunjukkan bahwa selama bulan Ramadhan, bisnis baju online di Indonesia mengalami peningkatan penjualan mulai dari 30% hingga 85% dari bulan biasa.

5 Cara Ampuh Meraup Keuntungan Besar di Bulan Ramadhan dengan Bisnis Online

Image Source: Freepik

Supaya bisnis atau toko online kamu juga bisa meraup keuntungan besar di bulan Ramadhan, tentu ada strategi yang harus dijalankan dong. Mumpung masih ada waktu, belum terlambat untuk memulai 5 trik ampuh ini:

 

1. Optimalkan Performa Toko Online Versi Mobile

Ada satu hal yang seringkali terabaikan oleh para pemilik bisnis, yaitu kecenderungan customer yang lebih sering mengakses internet dan melakukan transaksi melalui smartphone selama bulan Ramadhan. Supaya bisa mengungguli kompetitor, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah memastikan toko online kamu sudah mobile-friendly sebelum memulai berbagai strategi marketing Ramadhan.

Toko online yang sudah mobile-friendly milik Zysku Xena, Bisnis Online Fashion Muslim dari Bandung

 Toko Online yang Mobile Friendly Milik Zysku Xena



2. Siapkan Paket Spesial Lebaran

Kamu juga pasti tahu kan kecenderungan masyarakat Indonesia yang selalu ingin tampil kece saat Lebaran? Nah, selain berbelanja untuk diri sendiri, biasanya di bulan Ramadhan customer juga cenderung banyak berbagi dengan teman atau keluarga.

Siapkan Paket Spesial Lebaran karena di bulan Ramadhan customer ingin tampil kece

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan menyiapkan paket spesial lebaran dengan harga menarik, misalnya:

l  Toko baju online bisa menawarkan bundling busana muslim untuk couple, atau partnership dengan produsen sepatu untuk bundling baju sekaligus sepatu yang matching.

l  Toko online yang menjual produk perawatan bisa menawarkan paket pencerah wajah dalam dari brand kosmetik halal.

l  Toko dekorasi interior juga tidak boleh kalah. Tawarkan paket set sarung bantal kursi dan taplak meja dengan nuansa lebaran agar rumah siap dikunjungi tamu saat halal bihalal.

Pastikan promosi paket spesial ini dilakukan sejak hari pertama Ramadhan dan jangan lupa beritahukan bahwa paket hanya tersedia dalam waktu terbatas. Kenapa? Karena waktu efektif untuk melakukan penjualan di bulan Ramadhan hanya 20 hari pertama saja, 10 hari selebihnya orang akan disibukkan dengan urusan mudik dan persiapan hari raya.

 

3. Tawarkan Promosi Khusus Ramadhan

Selain menawarkan paket spesial, jangan lupa berikan juga promosi khusus Ramadhan, misalnya: bonus produk atau gratis ongkos kirim untuk pembelian dalam jumlah tertentu atau diskon spesial Ramadhan khusus untuk subscriber toko online kamu.

 

4. Buat Konten Promosi Dengan Tema Ramadhan

Kemas semua penawaran yang sudah kamu siapkan tadi dalam konten kreatif bernuansa Ramadhan, mulai dari template toko online, caption media sosial, hingga konten visual untuk Instagram dan Facebook. Untuk itu sebaiknya hindari berbagai hal yang kurang bisa diterima selama bulan Ramadhan, seperti promosi baju dengan model agak terbuka atau memajang foto makanan saat masih waktunya berpuasa.

 

5. Sesuaikan Waktu Promosi dan Pelayanan

Saat bulan Ramadhan, ada pergeseran waktu customer mengakses internet. Puncaknya adalah pada jam istirahat makan siang (jam 11 - 2 siang) dan saat sahur (jam 3 - 4 dini hari). Jadi, agar promosi efektif mengenai target customer, sebaiknya sesuaikan waktu posting konten media sosial di sekitar jam ini.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan layanan pelanggan ekstra pada jam sahur untuk customer yang ingin bertanya.

 

Nah, ayo manfaatkan waktu sebelum Ramadhan untuk mempersiapkan segala sesuatunya supaya toko online kamu bisa sukses meraup keuntungan besar di bulan Ramadhan.

Related Posts