Blog

#CeritaSIRCLO: Zysku Xena

Cerita SIRCLO: Zysku Xena - Kisah sukses brand lokal busana Muslim secara online maupun offline

85% penduduk Indonesia menganut agama Islam. Kesempatan untuk meraup keuntungan di market ini sangat besar, apalagi sejak tren busana Muslim mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tidak heran jika banyak sekali yang menjual produk fashion Muslim atau modest wear.

Ketatnya saingan bisnis tidak membuat bisnis lokal ini takut untuk berkarya dan mengembangkan bisnis online mereka. Kali ini #CeritaSIRCLO mengangkat kisah sukses Zysku Xena, brand lokal asal Bandung yang berhasil menjual busana Muslim wanita hingga akhirnya meluncurkan sister brand yaitu Quon dan Zysku Xena Luxe.

Yuk, intip pembicaraan kami dengan Anggi Maulida dan Muhammad Ridzki Fakhreza selaku Creative Director dan Managing Director Zysku Xena!

Apa itu Zysku Xena?

[Anggi] Zysku Xena adalah sebuah brand modest wear yang memiliki karakter feminine and smart casual. Kata “Zysku”diambil dari bahasa Polandia yang berarti “profit” sedangkan “Xena” diambil dari nama tokoh wanita dari legenda Yunani kuno yang memiliki karakter cantik dan tangguh.

Produk Zysku Xena dapat dikenakan untuk berbagai occasion, misalnya untuk kerja, kegiatan casual maupun ke undangan, tergantung bagaimana mix and match-nya.

 

Bagaimana bisnis Zysku Xena dimulai?

[Anggi] Di tahun 2009, Zysku Xena merupakan nama sebuah Facebook online shop yang menjual pakaian second hand vintage, tapi kita lihat ternyata banyak dari pelanggan kita yang memakai hijab. Jadi kita pikir kenapa nggak kita jual aja baju khusus muslim, dan akhirnya pada tahun 2011, Zysku Xena resmi menjadi nama brand kami.

 

Seperti apa proses produksi produk di Zysku Xena?

[Anggi] Proses produksi di Zysku Xena dimulai dari pembuatan mood board. Di moodboard itu terlihat trend yang mau kita bawa kearah mana, kemudian color palette-nya seperti apa dan siluetnya seperti apa. 

Dari situ baru aku bikin desainnya dan aku juga pilih kain yang ditawarkan oleh supplier, baru kita bikin sampel dan. Samplenya harus di-approve oleh aku terlebih dahulu, setelah itu baru oleh Ridzki. Baru deh kita bisa mulai produksi dan. Kebetulan sih semua produksi di Zysku Xena itu kita lakuin in-house, termasuknya quality control-nya juga kita full in-house.


Cerita SIRCLO: Zysku Xena - Brand lokal fashion Muslim Bandung

Apa kelebihan Zysku Xena di mata pelanggan?

[Ridzki] Kelebihan produk Zysku Xena dibandingkan dengan kompetitornya itu adalah kualitas. Semua produk Zysku Xena melalui proses pengendalian kualitas yang ketat, baik dari segi bahan, jahitan, cutting dan juga kesesuaian spesifikasi produk.

 

Apa saja channel penjualan Zysku Xena dan channel mana yang penjualannya paling banyak?

[Ridzki] Produk Zysku Xena bisa didapatkan melalui webstore kami www.zxena.com ataupun melalui boutique kami. Selain itu produk kami juga bisa didapatkan di beberapa stockist, distributor, dan reseller baik online maupun offline. Penjualan paling besar Zysku Xena saat ini adalah penjualan online, baik jualan online melalui webstore maupun online melalui customer service.

 

Bagaimana toko online SIRCLO membantu Zysku Xena dalam berjualan online?

[Ridzki] Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, di bulan Ramadhan orderan akan membludak. Alhambulillah, selama saya memakai toko online SIRCLO, berapa pun jumlah orderan dan visitor yang masuk, belum pernah terjadi downtime. Belum pernah juga terjadi error yang menyebabkan terhambatnya proses transaksi jual beli di website saya. Apalagi dengan adanya fitur toko online terkait dengan stock dan penjualan, saya bisa mengecek kapanpun dimana pun, reportnya akan langsung keluar.

 

Apa pesan dan tips untuk orang-orang yang baru memulai bisnis online?

[Anggi] Tips dari kami untuk yang mau memulai bisnis online, khususnya busana muslim. Yang pertama adalah pastikan produk kita itu memiliki pembeda yang menjadi kelebihan dibandingkan kompetitor. Itu bisa design produknya, bisa range produknya, bisa juga harganya. Kenapa? Soalnya sekarang udah banyak banget yang jualan busana muslim lewat online, jadi kalau misalkan barang kita gitu-gitu aja sih kayaknya customer udah nggak akan notice lagi.


 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online