Blog

Hmm, Jualan Online Atau Jualan Offline Ya?

Sulit juga ya kalau harus memilih antara jualan online melalui website eCommerce atau berjualan tradisional dengan membuka toko biasa. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan sendiri, termasuk dalam perbedaan cara interaksi dengan customer, pemasaran produk, sampai perekrutan karyawan.

Keuntungan dan Kekurangan Jualan Online dan Jualan Offline

Dunia bisnis online memang saat ini sedang sangat berkembang, tapi sebagian besar orang juga masih memilih untuk berbelanja di toko fisik, dan artinya kamu masih punya banyak kesempatan untuk meraih keuntungan dari kedua sisi. Supaya tidak salah langkah, coba deh pertimbangkan dulu beberapa pro dan kontra dari keduanya di bawah ini:

 

Keuntungan Jualan Online

Keuntungan Berjualan Online Dibandingkan Jualan Offline

Ada banyak sekali keuntungan dari jualan online, seperti:

l  Biaya awal yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membuat toko fisik tradisional.

l  Tanpa harus dipusingkan dengan biaya sewa dan mengisi kantor dengan furnitur, kamu bisa segera memulai bisnis dan melakukan penjualan.

Customer bisa menikmati kenyamanan dan kemudahan berbelanja melalui eCommerce, yang bisa dilakukan tanpa batasan tempat atau waktu.

l  Semua interaksi antara customer dan toko online juga dilacak dan dievaluasi secara akurat untuk perbaikan strategi marketing yang lebih efektif di masa depan.

 

Kekurangan Jualan Online

Membuat toko online memang lebih mudah dan sederhana, tapi ada juga kekurangannya:

l  Biaya yang cukup banyak untuk membangun citra brand dan menarik perhatian customer ke toko online.

l  Investasi waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk menjalankan effort marketing, supaya lebih banyak calon pembeli potensial yang mengetahui keberadaan toko online kamu.

l  Saat berjualan secara online tanpa bertatap muka, sudah pasti akan ada kesulitan untuk membangun kedekatan dengan customer.

l  Perlu usaha lebih untuk meyakinkan customer kalau toko online kamu kredibel dan terpercaya.

 

Keuntungan Jualan Offline

Saat mendengar kata belanja, pasti yang terlintas di pikiran kamu dan sebagian besar orang adalah sebuah toko dengan banyak pilihan produk yang bisa dipilih, iya kan? Nah, itulah salah satu keuntungan toko jualan offline yang belum bisa disamai oleh toko online.

Hmm, Jualan Online atau Jualan Offline Ya?

Selain bisa lebih leluasa untuk menciptakan pengalaman belanja yang berkesan bagi customer, toko fisik juga bisa jadi ruang yang sangat efektif untuk membangun citra brand dengan lebih ekspresif dan kreatif. Apalagi kalau letaknya di lokasi yang strategis, orang bisa segera mengetahui keberadaan bisnis kamu tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk marketing.

Baca juga: Cara Merakit Pengalaman Membuka Paket Menjadi Kenangan Tdak Terlupakan Bagi Customer 

 

Kekurangan Jualan Offline

Sedangkan kekurangannya juga harus kamu pertimbangkan:

l  Salah memilih lokasi toko bisa membuat customer enggan datang, sehingga bisnis jadi sulit berkembang.

l  Untuk bisa punya toko fisik di lokasi yang strategis, biaya awal yang harus dikeluarkan bisa lumayan menguras tabungan.

l  Ada biaya operasional bulanan untuk listrik, air, dan perawatan yang harus dianggarkan dengan cermat, supaya cash flow bisnis tidak terhambat.

l  Harus selalu waspada dengan kemunculan toko saingan di area yang sama.

 

 

Kombinasi Online dan Offline

Daripada harus memilih antara jualan online dan jualan offline, kenapa tidak coba untuk mengkombinasikan keduanya? Faktanya, sebanyak 85% customer ingin merasakan pengalaman berbelanja yang menggabungkan antara online dan offline, tapi baru 30% bisnis yang menerapkannya, sehingga kamu masih punya peluang lebar untuk memenuhi kebutuhan ini.

Sebagai penjual retail eCommerce kamu bisa membuka pop-up store atau bergabung dengan event lokal untuk berinteraksi langsung dengan customer. Saat memiliki toko fisik, kamu juga bisa meningkatkan penjualan melalui toko online, media sosial, atau marketplace. Sangat menguntungkan untuk penjual dan customer kan?

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online