Blog

Cara Jitu Mengedukasi Pelanggan di Marketplace untuk Berbelanja di Toko Online

Mengedukasi Pelanggan Marketplace untuk Berbelanja di Toko Online


Bisnis online bisa menjadi salah satu cara untuk sukses. Seperti diketahui bahwa semakin hari semakin banyak orang di Indonesia merasa lebih nyaman untuk belanja secara online. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam membeli dan hemat waktu ketika berbelanja secara online. Anda dapat melakukannya lewat laptop atau smartphone yang Anda miliki, asalkan terhubung aktif dengan internet maka semua akan mudah untuk dilakukan. Tidak heran jika pertumbuhan omset jualan online di Indonesia meningkat sangat tajam setiap tahunnya.

Apakah Anda salah satu penyuka bisnis online? Jika iya, maka pasti mengetahui apa yang dimaksud marketplace dan toko online. Marketplace merupakan sebuah website, dimana layaknya pasar tradisional, menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain itu marketplace memiliki peran sebagai fasilitator yaitu sebagai penyedia platform atau pihak penyedia marketplace.

Beberapa marketplace yang populer di Indonesia baik saat lagi browsing, di berbagai media sosial seperti facebook, BBM Messenger, line, dan lain-lain adalah:

  • Tokopedia
  • Lazada
  • Elevania
  • Buka Lapak

Marketplace sangatlah berbeda dengan toko online pribadi dimana Anda dapat membangun brand dan aset Anda sendiri. Di website toko online, semua dikontrol sepenuhnya oleh Anda sendiri. Lalu bagaimana Anda bisa menarik pelanggan di marketplace untuk bisa belanja di toko online?

1. Promosi Iklan

Anda bisa mempromosikan website toko online melalui berbagai strategi onliine marketing seperti iklan di Google, Facebook, Instagram, Path, dan lain-lain.


2. Jualan Di Marketplace

Anda dapat berjualan di marketplace yang ramai. Anda dapat menjual barang hasil produksi sendiri atau anda memiliki akses harga yang relatif lebih rendah terhadap sebuah produk dibanding dengan pesaing di marketplace lainnya. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda.


3. Arahkan Pelanggan

Pembeli atau pelanggan yang anda dapatkan di marketplace, dapat anda arahkan untuk melihat atau membeli produk-produk lainnya yang lebih lengkap lewat toko online pribadi Anda.


4. Promosi Diskon

Namanya pembeli pasti menyukai diskon atau promosi, penawaran spesial, atau potongan harga. Hal ini bisa menjadi keuntungan sendiri jika anda bisa menghitungnya secara benar-benar. Jadi, Anda bisa memberikan informasi yang mengenai penawaran spesial atau diskon yang sedang anda selenggarakan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi mengenai ketentuan promo tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pelanggan online dengan anda sendiri.

Jadi, sudah siapkah anda untuk menarik banyak pelanggan agar berbelanja di toko online Anda? Yuk ikutin tips-tips di atas...

Related Posts