Blog

Cara Agar Toko Online Dapat Bersaing dengan Marketplace

Cara Toko Online Bisa Bersaing Dengan MarketplaceBerbelanja secara online sudah menjadi gaya hidup kaum urban modern. Kaum kekinian yang sudah melek dunia digital akan senang membeli barang kebutuhannya di toko online maupun marketplace.

Gaya hidup jual-beli online memberikan peluang emas bagi para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya secara online. Berbagai website toko online terus bermunculan, begitu pula dengan marketplace yang kian meramaikan bisnis online.

Bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis toko online, tahukah Anda bagaimana caranya agar dapat bersaing dengan marketplace? Saat ini beberapa website marketplace yang populer yakni Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Blibli, dan Lazada. Apakah Anda yakin website toko online Anda mampu bersaing dengan marketplace tersebut?

Tentu saja website toko online dapat bersaing dengan marketplace. Anda dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin untuk berbelanja ke toko online Anda. Berikut simak 6 cara agar toko online tidak kalah saing dengan marketplace.



1. Perhatikan SEO

Anda harus mampu menarik traffic atau visitor untuk berkunjung ke website toko online Anda. Lakukan optimalisasi Search Engine Optimization (SEO) yang baik, sehingga website dan konten di dalamnya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari web seperti Google. Dengan demikian, website toko online Anda semakin banyak yang akses dan dikenal.


2. Perhatikan Kualitas Konten

Perhatikan kualitas konten seperti foto produk yang diunggah ke dalam website toko online. Jika gambarnya jelek, maka pelanggan akan ragu meski produknya bagus. Kemudian, perhatikan keterangan detail barang yang dijual. Penjelasan tentang produk akan memberikan pelanggan informasi yang jelas dan bisa meyakinkannya.


3. Bangun Kepercayaan

Pengunjung website toko online yang belum pernah belanja di tempat Anda bisa jadi ragu untuk membeli. Mereka mungkin khawatir toko online Anda itu abal-abal. Untuk itu, Anda harus bisa membangun kepercayaan. Contohnya, dengan menggunakan nama domain pribadi dan melengkapi kontak yang jelas seperti nomor ponsel, alamat email, alamat toko offline jika ada. Selain itu, usahakan untuk responsif dan ramah, sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik dan merasa nyaman berbelanja di toko online Anda.

Buat akun media sosial untuk semakin memperkenalkan toko online Anda dan mendekatkan pelanggan. Saat ini mayoritas pengguna internet bermain media sosial, baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Path, dsb. Rajin-rajinlah memposting dan perhatikan kontennya agar menarik minat netizen untuk mengikuti akun Anda dan membeli jualan Anda.


5. Memberikan Promosi Diskon

Sebagai pemilik, Anda punya kontrol penuh terhadap website toko online Anda sendiri. Anda bisa memberikan promosi diskon yang menarik minat pelanggan kapan pun Anda mau. Tentunya, pelanggan akan senang jika diberikan potongan harga.


6. Memberikan Penawaran Spesial

Tidak hanya diskon atau potongan harga, Anda juga bisa memberikan penawaran spesial lainnya yang dapat menarik pelanggan. Misalnya, gratis ongkos kirim bagi pembeli dalam kota, atau beli dua gratis satu. Tentunya, sebelumnya lakukan perhitungan dengan benar agar diskon maupun penawaran spesial tersebut tidak malah merugikan Anda. 


Buat website toko online dengan mudah di sini.

Related Posts