Blog

Cara Merekrut Influencer yang Tepat untuk Bisnis Online

Cara Merekrut Influencer untuk Mempromosikan Toko Online

Influencer pastinya bukan kata yang asing bagi Anda yang aktif menggunakan internet dan media sosial. Influencer umumnya didefinisikan sebagai orang yang memiliki banyak follower atau pengikut di dunia maya, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, blog, dan sebagainya.



Para influencer saat ini banyak yang kita kenal dengan sebutan selebgram, selebtwit, youtuber, blogger, dan sebagainya. Mereka ada yang memiliki ribuan hingga jutaan follower, sehingga membuat mereka punya pengaruh di ranah internet.


Seorang influencer yang disukai dan memiliki banyak penggemar, biasanya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengikutnya secara emosional. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan dan pebisnis untuk memasarkan produk atau jasanya. Influencer dianggap lebih dapat membuat masyarakat percaya akan suatu brand yang dipromosikannya dan hingga akhirnya mempengaruhi mereka untuk menjadi konsumen di toko online.


Makanya, influencer marketing atau cara promosi dan pemasaran yang memanfaatkan influencer digital menjadi marak. Di media sosial seperti Instagram, banyak selebgram yang melakukan endorsement di mana mereka akan memposting foto atau video untuk mempromosikan produk atau jasa suatu brand. Tentunya, postingan tersebut sifatnya berbayar. Artinya, influencer mendapatkan pembayaran berdasarkan tarif endorse yang sudah disepakati bersama.


Contoh lainnya yakni di situs berbagi video seperti YouTube. Para pengguna yang memiliki banyak subscriber dan dikerap disebut youtuber, tak jarang membuat konten video berbayar yang bekerja sama dengan brand tertentu. Namun, konten akan dikemas sedemikian rupa agar tetap menghibur dan tidak secara eksplisit mengiklankan brand tersebut.

Lantas, bagaimana sih cara merekrut influencer untuk memprosikan bisnis online Anda? Jika Anda ingin mencoba bekerja sama dengan public figure dan selebriti online yang punya banyak pengikut, silakan simak ulasan berikut ini.



Cara Memilih influencer yang Tepat untuk Bisnis Online



Cari Influencer yang Relevan

Dari sekian banyak influencer, tentunya tidak semua cocok untuk diajak bekerja sama. Anda harus mengetahui relevansi antara influencer dengan target pasar bisnis Anda. Misalnya, jika Anda berbisnis tiket pesawat, maka sebaiknya cari influencer yang hobi jalan-jalan, seperti seorang travel blogger terkenal.


Ketahui Audiens Mereka

Biasanya, influencer memiliki komunitas internal yang beranggotakan para fansnya. Cari tahu dan pelajari komunitas mereka agar mendapatkan gambaran seperti apa audiensnya. Dengan itu, Anda bisa tahu apakah influencer itu punya audiens yang besar dan sesuai dengan citra brand Anda.


Cara Menghubungi

Ada berbagai cara untuk menghubungi influencer. Umumnya, influencer yang membuka diri untuk kerja sama, akan mencantumkan kontak telepon atau email pribadi atau managernya di profil akun media sosial dan di dalam web blog pribadinya. Jika tidak, coba Anda hubungi dengan private message atau direct message. Jika dibaca dan ia tertarik, maka Anda dapat merekrutnya sebagai influencer.


Gunakan Platform Influencer

Saat ini terdapat beberapa platform yang menghubungkan pihak advertiser dengan influencer, di antaranya SocizBuzz, BuzzHero, dan Mamorae. Platform tersebut dapat membantu Anda menemukan influencer yang cocok dan mau bekerja sama menjadi mitra promosi bisnis Anda.

Related Posts