Blog

Cara Sederhana Menjaga Pikiranmu Kreatif Setiap Hari

Cara Sederhana Menjada Pikiran Sebagai Pemilik Bisnis Online

Entrepreneur seringkali dipandang sebagai orang-orang dengan pemikiran kreatif. Namun, dalam menjalankan bisnis online ada kalanya rasa penat dan kehilangan inspirasi menghambatmu membuat inovasi baru. Sayangnya, ide kreatif bukan sesuatu yang bisa kita dapatkan kapanpun kita butuhkan. Para pebisnis online pasti pernah mengalaminya, karena itu kali ini kami ingin mengusulkan beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk mencerahkan pikiranmu:

  1. Senam ringan: Berdiri dari kursimu dan bergeraklah. Lakukan sedikit stretching atau berjalan di area ruang kerjamu. Melakukan senam ringan ternyata dapat meningkatkan daya kognitifmu, lho. Selain itu, senam ringan juga mengurangi stres dan membantumu lebih fokus.

  2. Mendengarkan Musik: Musik merupakan salah satu cara untuk membuat pikiranmu masuk ke  dunia imajinasi. Kalau kamu merasa stres, coba dengar lagu-lagu yang upbeat untuk meningkatkan mood bekerjamu. Kalau kamu terbiasa dengan pop, coba dengar soul atau jazz. Cobalah berbagai genre dan rasakan pengaruhnya terhadap gaya kerjamu. Kamu bisa mendengarkan musik instrumental kalau kamu terganggu dengan musik dengan lirik.

  3. Diskusi: Salah satu cara yang paling efektif dalam menemukan inspirasi adalah dengan berinteraksi. Kamu bisa mengumpulkan feedback dan menemukan perspektif baru dari orang-orang di sekelilingmu. Bentuklah pembicaraan yang merangsang diskusi yang produktif dan ajak mereka memberikan tanggapan yang jujur mengenai idemu.

  4. Doodle: Doodling sering disalahpahami sebagai kebiasaan yang negatif, namun sebenarnya doodling dapat meningkatkan kreativitasmu, lho. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang hobi membuat doodle lebih cepat menangkap solusi untuk permasalahan.

  5. 6 Thinking Hats: 6 Thinking Hats merupakan teknik berpikir kritis yang dikembangkan Edward de Bono dengan tujuan mendorong penyelesaian masalah dengan melihat dari berbagai sudut pandang. 6 topi dengan warna berbeda-beda merepresentasikan 6 sudut pandang berbeda:

    • Topi biru: gunakan topi ini untuk mengamati proses berpikir. Amati gambaran besarnya—apa yang dibahas, apa subjek dan tujuannya, dan lain sebagainya.
    • Topi putih: kumpulkan fakta-fakta dengan topi ini.
    • Topi merah: diasosiasikan dengan pemberian emosi dan intuisi tanpa justifikasi atau prasangka
    • Topi hitam: topi ini membantumu menggunakan logika untuk melihat resiko yang ada
    • Topi hijau: topi ini mewakili produktivitas dan pencarian ide baru
    • Topi kuning: topi ini membantumu berpikir positif dan mencari sisi baik dari masalah

Kamu tidak bisa selalu duduk diam dan menunggu inspirasi datang padamu. Sebagai gantinya, kamu bisa, kok, membentuk kebiasaan yang mendorong kreativitasmu mengalir. Hal ini bisa dimulai dengan menyediakan ruang psikis yang memungkinkanmu berpikir kreatif.

Related Posts