Blog

Lebih Aman dan Tidak Repot Berjualan Produk Dalam Negeri?

Jual Produk Dalam Negeri Lebih Aman dan Tidak Repot


Saat memulai bisnis online atau pun offine, Anda mungkin berencana untuk membeli produk dari luar negeri dan menjualnya kembali di Indonesia. Alasan Anda mungkin karena produknya lebih berkualitas dan masyarakat Indonesia lebih suka barang luar negeri, sehingga ini jadi peluang bagus untuk dipasarkan di Indonesia dengan harga yang tinggi.


Untuk proses pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia, semuanya bisa dilakukan melalui jalur darat, laut atau udara. Umumnya menggunakan jalur laut atau menggunakan kapal karena lebih murah, terutama untuk barang dalam jumlah yang besar.


Namun, proses pengiriman barang internasional tidak semudah proses pengiriman domestik. Ada proses yang rumit dan ini adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan impor.


Permasalah logistik adalah contoh permasalahan serius ketika berjualan produk luar negeri. Selama ini para importir sering mengeluhkan proses pengiriman barang yang berbelit-belit.


Maunya barang cepat sampai dan segera bisa dijual, tapi ternyata malah tertahan di pihak Bea Cukai selama berbulan-bulan.


Ada berbagai alasan kenapa petugas Bea Cukai menahan barang Anda. Di antaranya karena masih ada dokumen pendukung yang belum lengkap, masih ada proses pemeriksaan fisik, nilai harga barang yang diragukan kebenarannya, dan sebagainya.


Permasalahan tersebut terkadang membuat penanganan arus masuk dan keluar barang impor menjadi lambat. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai pebisnis. Bukan saja waktu yang habis, melainkan juga terkadang bea masuk malah membengkak melebihi perhitungan awal.


Meski demikian, rumitnya proses impor bisa diatasi apabila Anda memahami prosedur impor barang yang tepat, sehingga Anda tidak akan dipersulit oleh petugas Bea Cukai. Anda pun bisa berjualan produk luar negeri dengan lancar di Indonesia.


Namun, jika Anda ingin merasa lebih aman dan tidak repot-repot mengurus perizinan impor yang rumit, maka berjualan produk dalam negeri bisa jadi pilihan menarik. Karena seperti yang Anda tahu, Indonesia memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam dan manusia untuk dikembangkan. Sudah banyak produk lokal yang bagus dan bermanfaat. Hanya saja, kendalanya adalah minat masyarakat terhadap produk lokal masih lebih rendah dibandingkan produk luar negeri.


Pandangan masyarakat terhadap produk luar negeri yang lebih berkualitas, membuat produk Indonesia jadi kalah saing. Padahal, produk lokal pun tidak kalah bagus, namun masih banyak orang yang merasa lebih keren jika menggunakan produk luar negeri.


Di samping kekurangan produk nasional, sebenarnya ada berbagai kelebihannya. Keuntungan jika berjualan produk dalam negeri ialah lebih aman dan tidak repot. Anda tidak sulit mencari pemasok lokal karena barang bisa diambil secara langsung atau dikirim dengan tarif domestik yang lebih terjangkau. Anda tidak perlu melakukan perjalanan antar negara yang jauh dan mahal untuk mengambil produk yang Anda inginkan.


Hal ini membuat biaya operasional jadi lebih rendah. Sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mulai berbisnis, terutama bagi Anda yang hanya punya modal terbatas.


Jadi, apakah Anda tertarik berjualan produk dalam negeri? Atau tetap memilih berjualan produk luar negeri? Silakan menentukan sendiri sesuai kapasitas dan keinginan Anda.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online