Blog

Apa Itu Platform Ecommerce dan Fungsinya?

Membuat sebuah website kini semakin mudah. Kamu yang tidak memiliki kemampuan pemograman pun tidak perlu bingung karena banyak orang pribadi maupun perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan toko online.

Saat ini salah satu jenis website yang paling populer adalah website toko online. Dalam pembuatan sebuah situs belanja online, sejumlah perusahaan pengembangan teknologi di dunia telah membuat platform ecommerce yang dapat membantu kamu mengembangkan website toko online.

Platform ecommerce adalah solusi teknologi dengan perangkat lunak atau software yang memungkinkan kamu untuk membangun storefronts. Storefronts merupakan skema bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk atau layanan. Ini jadi solusi bagi kamu yang ingin memulai dan mempertahankan bisnis toko online kamu.

Terutama bagi kamu yang tidak ingin repot dalam mengelola website toko online, ada baiknya kamu menggunakan platform ecommerce ketika membuat situs belanja online. Salah satu rekomendasi yakni Sirclo, platform ecommerce rintisan anak bangsa yang telah dipercaya oleh banyak pebisnis online.

Nah, sebelum kamu memilih platform ecommerce, berikut fungsi-fungsi platform ecommerce yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu Perencanaan

Tidak ada alasan lagi bagi para pemula di dunia bisnis online untuk menunda pembuatan website toko online, hanya karena tidak menguasai bahasa pemograman. Dengan platform ecommerce, pemula akan dengan mudah belajar dan mengerti cara berjualan melalui website toko online. Bahkan sedari awal perencanaan, kamu akan dibantu seperti dalam hal pengurusan domain dan hosting, desain web, hingga peluncuran website.

2. Memudahkan Pengelolaan

Dengan platform ecommerce, kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dalam mengelola situs jual-beli online kamu. Website toko online kamu tidak hanya sekadar media untuk menampilkan dan mengiklankan produk atau layanan. Namun kamu juga akan dibantu dalam mengelola dan mengoperasikan sejumlah fitur yang ada. Mulai dari fitur tampilan web, pencarian, keranjang belanja, manajemen produk, sistem pembayaran, kalkulasi biaya pengiriman, dan sebagainya.

3. Memberikan Keamanan

Platform ecommerce yang baik akan memberikan privasi dan rasa aman kepada penggunanya. Seperti saat transaksi menggunakan kartu kredit, platform ecommerce akan mengamankan transaksi sehingga tidak merugikan kamu maupun pihak pembeli. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan bisnis.

4. Bantuan dan Dukungan

Kamu mungkin akan menghadapi masalah atau ada hal yang membingungkan ketika mengelola website toko online kamu. Nah, platform ecommerce juga siap memberikan bantuan dan dukungan melalui email, telepon, live chat, dan lain-lain. Jadi, kamu tidak akan stres sendiri ketika menghadapi kesulitan. Kamu tinggal menghubungi contact center yang ada.

Nah, penjelasan di atas mengenai platform ecommerce dan fungsinya, kiranya dapat membuka pikiran kamu yang saat ini sedang tertarik berbinis online. Sudah saatnya kamu memiliki website toko online untuk membangun merek bisnis kamu sendiri. Kamu tinggal pilih platform ecommerce terbaik yang sesuai kebutuhan kamu.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online