Blog

Kolaborasi dengan Brand Lain untuk Tingkatkan Penjualan Toko Online Anda

Kehadiran website toko online di internet sudah begitu banyak. Selalu saja hadir bisnis online yang baru di Indonesia. Persaingan bisnis menjadi semakin ketat dan membuat setiap pengusaha harus melakukan berbagai strategi untuk memasarkan produk dan layanannya.

Salah satu strategi menarik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda ialah dengan menjalin kerja sama atau partnership dengan brand lain. Kolaborasi ini dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dalam jangka waktu panjang.

Ada berbagai macam cara dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain. Berikut contoh kolaborasi dengan brand lain yang dapat meningkatkan penjualan toko online Anda.

 
Kolaborasi Dengan Brand Lain untuk Tingkatkan Penjualan Toko Online


Jualan di Marketplace

Marketplace membuka kesempatan bagi para pebisnis online untuk memasarkan produknya di media mereka. Marketplace menyediakan platform yang akan mempertemukan calon pembeli dengan produk Anda. Konsumen semakin banyak yang mengenal brand Anda. Umumnya, sistem kerja sama yang berlaku, yaitu pembeli memesan barang lalu membayar, kemudian pihak marketplace mengonfirmasikan kepada Anda agar Anda segera memproses pesanan serta mengirimkannya. Setelah itu, marketplace akan mentransfer sejumlah uang kepada Anda.

Saat ini terdapat beberapa brand marketplace yang populer. Anda pilih yang sudah populer dan terpercaya untuk memperluas pemasaran bisnis Anda.

 

Aliansi Bisnis

Anda bisa menjalin aliansi yakni ikatan kerja sama antara dua atau lebih brand lain dengan tujuan meningkatkan penjualan. Konsep kerja sama akan saling melengkapi dan menguntungkan. Misalnya, Anda menjual produk di bidang fashion yakni t-shirt atau kaos. Anda bisa menjalin aliansi dengan brand yang menjual produk fashion lainnya seperti sepatu, celana, tas, dan topi.

Konsep kerja sama ini akan membuat bisnis Anda semakin variatif di mata konsumen. Ini akan jadi nilai tambah untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Anda jadi tidak lagi hanya menawarkan kaos tapi juga produk lainnya.

Reseller

Saat ini cukup banyak orang yang ingin menjadi reseller. Reseller adalah pihak yang memasarkan kembali barang yang Anda jual, bisa tu perseorangan, toko online lain atau toko fisik. Nantinya, reseller akan membeli barang Anda dalam jumlah banyak dengan harga istimewa. Semakin banyak reseller, brand Anda semakin luas promosinya dan perputaran bisnis semakin cepat.

Promo Diskon

Untuk memperkenalkan toko online Anda, sistem promosi berupa voucher atau kupon diskon bisa jadi pilihan. Misalnya, Anda menjual produk minyak rambut dan menjalin kerja sama dengan suatu salon ternama. Bagi pelanggan di salon itu berhak mendapat sebuah voucher diskon untuk membeli minyak rambut di toko online Anda. Sistem kerja sama ini tidak akan merugikan, namun akan membuat Anda semakin banyak mendapatkan pelanggan.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online