Blog

5 Cara Menjaga dan Mencapai Resolusi Tahun Baru

Cara Menjaga Resolusi Tahun Baru

Membuat suatu perubahan tentu tidak mudah. Ketika tahun baru tiba, banyak orang ingin melakukan hal-hal baru yang lebih baik dibandingkan tahun yang sebelumnya. Mungkin bagi kamu, tahun baru juga menjadi tahun dengan target yang baru.

 

Tentu saja, mewujudkan target di tahun baru tidak cukup dengan hanya menuliskan daftar resolusi yang ingin dicapai. Butuh upaya yang nyata di sepanjang tahun agar impian kamu bisa terwujud sesuai harapan yang telah kamu bayangkan.

 

Namun, ketika tahun baru tiba, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk mempertahankan semua resolusinya. Semangat hanya bertahan di bulan-bulan pertama saja. Hingga pada akhir tahun tiba, resolusi yang tercapai hanya beberapa dari semua yang telah dibuat, atau bahkan tidak ada satu pun resolusi yang tercapai.

 

Untuk itu, berikut ada lima cara yang dapat diterapkan untuk membantu kamu dalam menjaga dan mencapai resolusi tahun baru.

 

1. Paham Alasan Dibalik Resolusi

Kamu harus tahu alasan kenapa kamu ingin mencapai semua resolusi yang dibuat. Karena alasan itu akan membuat kamu terus mengingat tujuan kamu dan termotivasi untuk merealisasikannya. Misalnya, resolusi kamu ingin mengembangkan website toko online di tahun baru. Alasannya karena ingin bisnis kamu semakin profesional, kamu merasa tidak cukup jika hanya berbisnis lewat media sosial, dan ingin memperluas pangsa pasar.

 

2. Buat Rencana yang Jelas

Target tanpa rencana tidak akan tercapai dengan optimal. Buatlah rencana yang jelas agar kamu siap mengatasi masalah yang akan terjadi. Rencana merupakan bagian dari strategi untuk merealisasikan resolusi. Susun rencana dengan detail tentang hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan utama. Kemudian tentukan tenggat waktu yang realistis untuk setiap rencana, dan siapkan juga plan B jika plan A tidak berjalan mulus.

 

3. Hargai Setiap Pencapaian

Catat setiap pencapaian kecil yang dicapai. Untuk membawa kamu sampai pada tujuan terbesar, kamu pasti akan mencapai hal-hal kecil terlebih dahulu. Hargai setiap pencapaian kecil tersebut dengan rasa syukur, sehingga kamu bisa menikmati proses dan tetap bersemangat menjalani rencana demi rencana yang sudah disusun.

 

4. Sabar Dalam Proses

Dalam setahun ada 12 bulan atau 361 hari. Perjalanan yang cukup panjang untuk mencapai semua target. Namun, ketika kamu berjuang mewujudkan resolusi, pastinya kamu akan menghadapi banyak tantangan yang bisa membuat kamu stres. Solusi untuk dapat bertahan ialah dengan bersabar. Jangan malas dan patah semangat jika kamu menghadapi masalah. Kuncinya adalah bersabar dalam proses, sehingga kamu tidak menyerah di tengah jalan.

 

5. Libatkan Orang Lain

Sebaiknya, kamu juga melibatkan orang lain dalam proses mewujudkan resolusimu. Setidaknya, kamu memberitahukan keluarga atau teman terdekat tentang target-target yang ingin dicapai di tahun baru. Minta tolong pada mereka untuk mengingatkan kamu dan nantinya mereka juga akan membantumu. Bahkan kamu jadi merasa bertanggung jawab dan termotivasi untuk mencapai target tersebut, karena ada orang lain yang memperhatikan kamu.

 

Nah, itulah lima cara yang penting untuk diperhatikan agar kamu bisa menjaga dan mencapai resolusi tahun baru. Semoga tahun ini semua resolusi kamu bisa tercapai sesuai harapan yang sudah kamu tulis.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online