Blog

7 Cara Optimisasi Akun Instagram untuk Bisnis

Instagram untuk Bisnis Online

Ada banyak cara bisnis online, namun yang paling sederhana adalah menggunakan akun Instagram for Business untuk berjualan. Apakah kamu sudah memiliki akun Instagram untuk bisnis? Apakah kamu juga sudah sering post di akun Instagram tersebut? Bila jawaban kedua pertanyaan itu adalah iya, kini pertanyaan ketiga, yang krusial bagi bisnis kamu.


Apakah kamu memiliki banyak followers dan orang yang like post kamu?


Kalau jawabannya, iya, selamat! Itu artinya kamu sudah tepat dalam menggunakan platform media sosial ini. Tapi kalau jawabannya, tidak, berarti ada yang salah dan perlu kamu lakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis kamu. Apa sajakah itu?


1. Logo bisnis

Bisnis kamu sudah berkembang atau baru dirintis? Apapun status bisnis yang tengah dijalani, memiliki logo brand sangat penting. Mengapa? Sebab logo ibarat sidik jari bagi bisnis kamu. Logo juga merupakan 'wajah' bagi bisnis kamu, yang membedakan dengan bisnis/brand lainnya.


Karena itu, meski kecil, keberadaan logo dalam akun Instagram bisnis tidak boleh kamu kesampingkan. Buatlah logo yang mewakili esensi bisnis kamu. Untuk contoh bentuk logo, kamu bisa mencari referensinya di sini.



2. Nama akun Instagram

Nama (username) akun Instagram sesungguhnya bukanlah sekadar nama. Ini adalah hal yang menggambarkan bisnis kamu. Untuk pembuatan username, kamu bisa menggunakan nama brand yang sudah dimiliki. Bila belum, buatlah nama yang mudah dibaca dan diingat orang. Dengan begitu akan memudahkan calon followers untuk mencari dan mengikuti akun Instagram bisnis kamu.


3. Pakai profil "Publik"

Dalam membangun bisnis, jangan sekali-sekali memprivasi akun Instagram kamu. Sebab ini akan membuat orang malas mengunjungi akun Instagram kamu. Dengan membuat profil akun Instagram kamu menjadi "Publik", siapa pun bisa melihat post kamu, tanpa perlu repot meminta izin menjadi followers. Sehingga, produk kamu bisa lebih mudah menyebar di kalangan instagramer.


4. Deskripsi bisnis

Memang tak banyak karakter yang tersedia di bagian deskripsi. Tapi di bagian inilah kamu harus sangat jeli mendeskripsikan bisnis yang tengah dijalani, dengan singkat, padat, dan jelas. Untuk memperkenalkan bisnis kamu lebih jauh ke publik, jangan lupa berikan link website toko online bisnis kamu di bagian bawah deskripsi. Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang paham dan tertarik dengan bisnis kamu.


Desain konten media sosial dengan mudah tanpa photoshop


5. Konten membumi

Ini memang akun bisnis kamu. Tapi sebaiknya, foto yang diunggah tidak melulu hanya membicarakan bisnis kamu. Admin akun Instagram bisnis kamu juga perlu post konten yang yang membumi, alias yang memiliki hubungan dengan followers kamu. Misalnya, post yang berisi ucapan Selamat Tahun Baru. Dengan begitu, para followers akan merasa memiliki ikatan dengan akun bisnis kamu.


Cara lain, kamu bisa post sedikit rahasia bisnis kamu. Misalnya nih, kamu punya kedai kopi. Nah, lewat Instagram kamu bisa kasih bocoran ke followers bagaimana cara membuat kopi yang sedap. Seperti cara roasting biji. Sudah pasti, para followers kamu suka dan like post itu.


6. Gunakan foto beresolusi tinggi

Siapa sih yang ingin melihat atau suka dengan gambar buram, atau foto yang berpixel-pixel? Sudah pasti jawabannya tidak ada.


Apalagi di Instagram, yang pada dasarnya merupakan platform untuk pamer gambar bagus dan ciamik. Kalau saja konten yang kamu posting jauh dari kata sedap, sudah pasti instagramer malas jadi followers kamu.


Selain memastikan koten yang diunggah menarik dilihat, kamu juga bisa membuat deretan image yang membentuk suatu cerita tertentu. Sudah pasti cara ini akan bikin akun Instagram bisnis kamu jadi menarik diikuti dan disukai.



7. CTA

Di kalangan bisnis, istilah CTA tentu tak asing. Bila kamu belum paham, CTA itu sendiri singkatan dari call to action. CTA ini biasanya berbentuk kalimat atau kata yang mengajak publik untuk melakukan suatu tindakan yang kamu harapkan. Misalnya untuk like, reposting, atau bahkan membeli/menggunakan bisnis kamu. Untuk itu, kamu atau admin akun Instagram bisnis kamu perlu sangat jeli dalam membuat/menulis caption di bawah foto.


Agar engagement post kamu semakin tinggi, jangan lupa memasang tkamu pagar atau hastag.Tujuannya untuk memudah calon followers kamu untuk menemukan post akun bisnis Instagram kamu di antara jutaan foto yang beredar di Instagram.


Itulah tujuh hal yang harus dan perlu kamu lakukan pada akun bisnis Instagram kamu. Usai menerapkan semuanya, jangan lupa untuk konsisten dalam mengunggah konten, ya. Sehingga post akun bisnis kamu akan selalu beredar di feed followers dan meningkatkan jumlah yang like.


Selamat mencoba!

 

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online