Blog

Cara Mendapatkan 10 Konsumen Pertama di Toko Online

Cara Mendapatkan 10 Konsumen Pertama di Toko Online Dalam Waktu yang Singkat


Sebagai pebisnis, salah satu momen yang paling berkesan adalah saat kamu mendapatkan konsumen pertama. Kamu akan merasa sangat senang karena akhirnya ada orang yang mau membeli dan menggunakan produkmu. Ini akan memacu semangat kamu untuk berjualan.


Bagi kamu yang berbisnis melalui toko online, mendapatkan pengunjung website dan membuatnya tertarik untuk berbelanja adalah suatu tantangan tersendiri. Namun, kamu bisa menerapkan beberapa cara jualan online berikut untuk mendapatkan 10 konsumen pertama dalam waktu yang singkat.


1. Kenalkan ke Orang yang Dikenal

Cara termudah adalah dengan mengenalkan toko online kamu ke orang-orang yang dikenal. Mulai dari keluarga, teman-teman, tetangga, dan lain-lain. Mereka yang telah mengenalmu biasanya akan lebih suportif dalam mendukung usahamu. Jika tidak membeli, setidaknya mereka akan mengenalkan toko online kamu ke orang lain.


2. Tulis Artikel Blog Menarik

Mulailah membuat blog di website toko online kamu. Tulis artikel-artikel dengan topik menarik untuk mendapatkan pengunjung dan meningkatkan peringkat situs di mesin pencarian. Usahakan topik tulisan relevan dengan jenis usaha yang dijalankan, agar kamu bisa membangun kepercayaan terhadap merek bisnismu. Misalnya, jika kamu mengelola toko online pakaian wanita, maka sebaiknya bahas hal-hal yang berhubungan dengan pakaian dan wanita saja.


Baca juga: Cara Mengoptimalkan Blog untuk Bisnis E-Commerce


3. Promosi di Media Sosial

Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk mempromosikan toko online. Buat akun khusus untuk memposting produk dan berinteraksi dengan netizen. Terus aktif di media sosial. Posting gambar atau video tentang bisnismu, dan berikan caption atau keterangan terbaik untuk menarik perhatian konsumen.


Baca juga: 5 Tools Praktis untuk Mengoptomatisasi Postingan Media Sosial


4. Kirim Produk Gratis ke Influencer

Kirimkan produk secara gratis ke influencer atau orang terkenal yang memiliki pengaruh di dunia maya. Istilahnya kamu melakukan endorsement agar nantinya influencer tersebut mau mengulas produk jualanmu dan membagikannya kepada follower di media sosial atau blog miliknya.



Baca juga: Panduan Memilih Influencer untuk Toko Online


5. Berikan Potongan Harga

Memberikan diskon atau potongan harga bisa menjadi cara perkenalan kepada konsumen baru. Orang-orang yang belum mengenal toko onlinemu akan tertarik berbelanja, karena produk dijual dengan harga miring atau lebih murah dari toko online yang lain.


6. Coba Menggunakan AdWords

Cobalah beriklan menggunakan Google AdWords karena dengan Google Adwords, iklan toko onlinemu bisa muncul di hampir setiap halaman Google, seperti video YouTube dan website yang bermitra dengan Google. Nantinya, jika orang mengetik keyword atau kata kunci yang telah ditetapkan, maka websitemu akan muncul pada hasil pencarian. Kamu pun bisa mendapatkan pengunjung yang ditargetkan ke situs toko online kamu.


7. Jual Produk ke Retailer

Menjual produk secara grosiran ke retailer akan membuat margin keuntungan kecil, tetapi kuantitas penjualan meningkat. Retailer pun ikut mempromosikan produk kamu. Jika penjualan dari retailer meningkat, maka permintaan dan pendapatanmu juga semakin bertambah. Aliran uang yang masuk pun jadi lebih cepat.


8. Bergabung di Forum Online

Coba bergabung di forum-forum diskusi online yang populer. Kamu bisa mengenalkan bisnis, membagikan tips, dan menjawab pertanyaan dari sesama member forum. Ikuti peraturan di sana, agar kamu tidak melakukan pelanggaran saat mempromosikan toko onlinemu.


9. Adakan Kontes Berhadiah

Mengadakan kontes atau lomba berhadiah bisa mengundang calon konsumen baru. Misalnya, kontes mengulas produk di media sosial atau blog. Otomatis peserta harus membeli produkmu terlebih dahulu agar bisa memberikan review. Ini bisa jadi strategi untuk mengenalkan toko onlinemu, sekaligus mendapatkan penjualan.


10. Lakukan Promosi Offline

Meski bisnis kamu berbasis online, mempromosikan produkmu secara offline juga masih efektif. Misalnya, membagikan flyer ke orang-orang yang kamu temui di jalan atau membuka booth di ajang pameran. Cara ini akan membuat kamu bertemu langsung dengan calon konsumen potensial.


Baca juga: Strategi Omni-Channel Marketing Toko Online untuk Meningkatkan Penjualan Toko Fisik

Nah, itulah 10 cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan konsumen pertama dan menghasilkan penjualan di toko online. Kamu tidak harus menerapkan semuanya, tetapi jika kamu ingin meningkatkan penjualan secara berkelanjutan, sebaiknya kamu ikuti cara-cara di atas. Selamat mencoba!

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online