Blog

Mau Promosi Bisnis Online? Jangan Salah Pilih Media Sosial

Promosi Bisnis Online dengan Media Sosial yang Tepat

Kini media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang yang dikenal dan berkenalan dengan orang asing. Media sosial telah menjadi salah satu sarana terbaik untuk mempromosikan bisnis. Kehadiran media sosial membawa perubahan dalam cara mempromosikan bisnis di Internet, terutama bagi yang
jualan online.

 

Bagi para pebisnis, kamu bisa saja menggunakan semua jenis media sosial yang ada untuk berbisnis. Namun, dari sekian banyak media sosial, apakah platform yang paling cocok untuk mempromosikan jualan kamu? Jawabannya tergantung dari bisnis yang kamu jalankan, target pasar, hingga konten yang dibagikan. Karena setiap platform punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Nah, kita akan bahas keunikan lima platform media sosial paling populer dan paling banyak pengguna di Indonesia. Informasi berikut bisa jadi tips untuk memilih media sosial yang paling cocok untuk kegiatan promosi bisnis kamu.

 

Facebook

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite tahun ini, Facebook memiliki 130 juta pengguna aktif di Indonesia setiap bulannya dan 56% diantarnya merupakan pria. Umumnya, pengguna memanfaatkan Facebook untuk membangun koneksi dengan keluarga dan teman. Namun, dari perspektif promosi, Facebook kini juga adalah media yang tepat untuk berbisnis karena memudahkan kamu untuk membuat laman sendiri untuk bisnis, yakni melalui pembuatan fanpage.





Facebook nyaman untuk memposting berbagai konten, sehingga bisa jadi media yang cocok untuk bisnis apapun. Kamu bisa mengunggah gambar tanpa mengurangi kualitasnya, mengunggah video berdurasi panjang, membagikan link atau tautan, dan menuliskan keterangan yang panjang di postingan.

 

Untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan bisnis kamu, Facebook juga menyediakan solusi iklan digital yang disebut Facebook Ads. Apabila website toko online kamu telah terintegrasi dengan Facebook, maka iklan yang kamu jalankan akan semakin optimal dan terukur sehingga biaya yang kamu keluarkan semakin efektif dan tidak sia-sia.

 

Pada umumnya Facebook merupakan media sosial yang cocok dipakai oleh semua jenis bisnis, namun paling baik untuk bisnis yang fokus pada membagikan informasi yang ada di dalam blog atau website, maupun konten yang dapat dibagikan melalui tautan. Hal ini dikarenakan konten yang diprioritaskan untuk muncul di laman news feed Facebook adalah konten yang personal, berkualitas tinggi.

 

Instagram

Meskipun pengguna Instagram di Indonesia tidak sebanyak Facebook (hanya 53 juta pengguna), sebagian besar pengguna Instagram adalah anak muda, dengan 49 persen pengguna adalah wanita dan 51 persen adalah pria. Instagram merupakan media sosial yang populer karena pengguna kerap membagikan konten gambar maupun video yang indah.

 



Fitur Instagram yang dapat menguntungkan bisnis adalah kemampuan untuk memamerkan dan menceritakan produk melalui visual yang berkualitas menarik. Fitur Stories juga membantu kamu untuk membagikan behind the scenes atau proses bisnis dibalik layar untuk membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan konsumen. Kemampuan untuk menggunakan hashtag turut membantu calon konsumen untuk menemukan gambar yang diunggah.

 

Instagram juga dapat membantu kamu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan paid promote. Jika ingin lebih terukur dan optimal, kamu bisa beriklan di Instagram melalui Facebook business manager.

 

Tidak heran jika banyak brand lokal di Indonesia, terutama yang menjual pakaian, aksesoris serta makanan & minuman, menggunakan Instagram untuk berkomunikasi dan menarik perhatian calon konsumen.

 

Twitter

Pengguna Twitter terbanyak berusia 18-29 tahun. Umumnya, Twitter digunakan untuk mencari informasi ter-update dari seluruh dunia. Kamu bisa dengan mudah mencari berita terkini dan topik yang sedang dibahas oleh netizen. Ini menjadi peluang untuk kamu berinteraksi dengan banyak orang dan menemukan orang yang membutuhkanmu.

 

Walaupun Twitter tidak sepopuler Facebook dan Instagram di kalangan bisnis online, sifatnya yang “real-time” menjadikan Twitter media sosial yang paling cocok untuk melayani keluhan konsumen di dunia maya, serta untuk bisnis yang fokus pada konten editorial atau konten yang dapat dibagikan melalui tautan.

 

YouTube

YouTube adalah media yang banyak digunakan oleh pengguna berusia 25-44 tahun. Dari sekian banyak platform untuk menonton dan berbagi video, YouTube merupakan yang paling efektif untuk menjangkau penonton yang luas dengan konten berupa video.

 

Dengan YouTube, kamu bisa mengunggah video berdurasi panjang. Namun, kualitas merupakan element yang paling diutamakan YouTube. Jadi, YouTube sangat cocok untuk bisnis yang ingin memasarkan video yang diproduksi secara profesional, dan juga bisnis yang ingin melakukan monetisasi pada konten videonya.

 

LinkedIn

LinkedIn adalah jejaring sosial untuk para profesional di dunia kerja. Sebanyak 61 persen penggunanya berusia 30-64 tahun. Sudah jadi rahasia umum bahwa LinkedIn sangat cocok untuk pebisnis karena setiap pengguna dapat membuat profil personal maupun perusahaan untuk mencantunkam riwayat pekerjaan atau bisnis yang dijalankan.

 

Lewat LinkedIn, bisnis kamu dapat membagikan konten tulisan seperti whitepaper, menawarkan lowongan kerja, bergabung dengan komunitas bisnis, dan menjalin koneksi dengan sesama profesional. Apabila target konsumen kamu merupakan pekerja profesional, maka LinkedIn merupakan media sosial yang cocok bagi bisnis kamu.



Nah, itulah keunikan pada setiap platform media sosial Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan LinkedIn. Setelah membacanya, semoga kamu bisa mengetahui platform yang paling cocok untuk kegiatan promosi bisnis kamu.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online