Blog

10 Tools untuk Mengoptimalkan SEO Website Toko Online

Optimasi SEO Website Toko Online


Setiap pebisnis online pasti akan mengupayakan agar website toko online miliknya dapat berada di peringkat pertama mesin pencarian. Itulah sebabnya menerapkan SEO (search engine optimization) menjadi pekerjaan penting untuk meningkatkan kinerja situs webnya.

Dengan menerapkan SEO, kamu bisa mengoptimalkan kecepatan website, membuatnya ranking 1 di Google, dan mendapatkan banyak pengunjung setiap hari. Namun, pekerjaan ini membutuhkan waktu lama, sehingga kamu butuh tools yang tepat untuk mempermudah.

Berikut 10 tools yang direkomendasikan untuk kamu karena dapat membantu mengoptimalkan SEO website toko online.

1. Google Trends
Google Trends

Google Trends memungkinkan kamu untuk mengetahui topik-topik yang populer setiap tahun, bulan, minggu, bahkan setiap hari. Dengan tool ini, kamu dapat membandingkan kata kunci dan menganalisis bagaimana pengguna mencari informasi di Google, serta menemukan istilah penelusuran yang tepat untuk bisnis kamu.


2. Google Analytics
Google Analytics

Melalui Google Analytics, kamu dapat memonitor lalu lintas pengujung website. Kamu bisa menganalisis traffic berdasarkan data dan informasi yang ditampilkan. Meliputi halaman mana saja apa yang dikunjungi, asal pengunjung, perangkat yang digunakan, keyword atau kata kunci, dan lain-lain.


3. PageSpeed Insights

Dengan Google PageSpeed Insights, kamu bisa mengetahui seberapa cepat halaman web kamu dan mendapatkan solusi jika website kamu berat untuk dibuka. Kecepatan akses halaman situs ini penting dalam mempengaruhi SEO dan untuk memastikan relevansi situs kamu di mesin pencarian.


4. Google Search Console

Google Search Console membantu website toko online kamu ditemukan di Google. Google juga akan menguji sitemap kamu dan menemukan apakah ada kesalahan yang dapat diperbaiki. Dengan tool ini, situs kamu bisa terindeks dan memudahkan Google menelusuri setiap bagian dari website kamu.


5. Hubspot
Hubspot

Hubspot merupakan alat yang bagus untuk untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi SEO dan juga digital marketing. Kamu dapat meningkatkan otoritas situs web, mengoptimalkan konten, menganalisis lalu lintas penelusuran, dan bahkan mengetahui informasi soal peringkat situs pesaing untuk kata kunci yang kamu targetkan.


6. Majestic

Majestic adalah tool SEO yang memetakan link antara website yang saling berkaitan atau bertautan satu sama lain di dalam internet. Dengan Majestic, kamu dapat mengetahui informasi backlink internal dan eksternal dengan database terbesar di dunia. Majestic akan memperbarui basis data hariannya, sehingga kamu bisa terus-menerus mendapatkan data ter-update.


7. UberSuggest

UberSuggest adalah generator kata kunci online gratis. Kamu bisa mencari tahu kata kunci baru dan menganalisa kata kunci lama. Biasanya, tool ini lebih diarahkan untuk long tail keyword yang dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan kata kunci pencarian di situs kamu dan menjangkau lebih banyak visitor.


8. SEMrush

SEMrush menyediakan berbagai tools untuk membangun proyek-proyek SEO. SEMrush menawarkan tool analisis, laporan media sosial, dan informasi tentang SEO situs Anda. Tool ini juga membantu Anda menganalisis strategi pesaing, penelitian kata kunci, dan menganalisis backlinks.


9. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tool terpopuler di kalangan webmaster. Kamu data memanfaatkan tool ini untuk menemukan konten dan kata kunci, memeriksa backlinks, serta melacak situs web kamu. Tool ini juga cocok untuk menganalisis aktivitas kompetitor, sehingga kamu dapat menentukan strategi SEO yang tepat.


10. Moz Pro

Moz Pro menyediakan tool riset dasar dan lanjutan yang dapat membantu pekerjaan dalam meningkatkan strategi SEO. Dengan tool ini, kamu dapat menemukan saran kata kunci yang bertarget, melacak rangking dan memeriksa masalah pada situs kamu, serta menganalisis potensi URL yang berkualitas.


Nah, dari semua tool tersebut, sebagian besar bisa digunakan secara gratis, tapi ada juga yang berbayar. Bagi yang berbayar, tentunya fasilitas yang diberikan akan lebih unggul.


Silakan kamu coba satu per satu untuk memperdalam ilmu SEO dan mengoptimalkan kinerja website toko online kamu.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online