Blog

Cara Melakukan Riset Pasar untuk Bisnis Online

Riset Pasar Bisnis Online

Market research atau riset pasar adalah teknik yang digunakan pebisnis untuk mengumpulkan dan menganalisis data/informasi yang berguna tentang bisnisnya. Riset pasar ini penting dilakukan sebelum menjalankan bisnis dan memasarkan produk ke pasaran.

Dengan melakukan riset pasar, kamu sebagai pebisnis akan mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang menjadi target pasar kamu. Kamu juga mengetahui seberapa banyak konsumen kamu dan apakah produk atau layanan bisnis kamu dibutuhkan oleh mereka.

Bagi pebisnis pemula di bisnis online, kamu bisa melakukan riset pasar dengan cara yang cukup mudah. Kamu dapat melakukan riset sendiri dengan menghubungi atau bertemu langsung sejumlah orang yang menjadi calon konsumen potensial di bisnis kamu.

Pertanyaan Dalam Riset

Sebelum kamu melakukan riset, kamu harus sudah selesai mengindentifikasi target pasar berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, lokasi, dan lain-lain. Identifikasi tersebut penting agar nantinya kamu dapat meriset orang yang tepat.

Setelah itu, siapkan beberapa pertanyaan penting untuk direspon oleh calon konsumen yang akan kamu temui. Berikut beberapa contoh pertanyaannya:

- Bagaimana tanggapan konsumen terhadap nama dan logo brand toko online, serta produk kamu?

- Berapa biaya yang konsumen mau keluarkan untuk menggunakan produk kamu?

- Apakah konsumen suka belanja online dan seberapa sering?

- Bagaimana cara konsumen belanja online?

- Apa saja yang penting dalam aktivitas dan proses jual-beli online?

Cara Melakukan Riset ke Konsumen

Riset bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan interview atau wawancara langsung, wawancara lewat telepon, diskusi kelompok, dan survei online. Paling mudah adalah dengan menyebarkan survei online menggunakan tool dari Survey Monkey, Google Forms, Wufoo, dan lain-lain.

Namun, sebaiknya hindari untuk bertanya kepada orang-orang terdekat karena mereka hanya mewakili sebagian kecil pasar dan kemungkinan akan memberikan jawaban yang subjektif.

Lebih baik kamu bertanya langsung dengan orang-orang tidak dikenal yang mewakili target pasar dan untuk mendapatkan respons yang jujur.

Tawarkan Produk dan Layanan Kamu ke Target Pasar

Guna menguji coba produk dan layanan, kamu bisa menawarkan dan menunjukkan langsung ke target pasar saat melakukan survei, misalnya dengan mempresentasikan website toko online kamu dan produk yang dijual.

Minta tanggapan dari mereka, baik itu positif dan negatif. Masukan positif tentu bisa jadi bahan untuk meningkatkan mutu bisnis kamu. Sementara masukan negatif dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan produk dan layanan bisnis kamu.

Lakukan Riset Kompetitor

Selain melakukan riset terhadap konsumen, kamu juga perlu mencari tahu kondisi pasar dan kompetitor. Temukan tantangan atau ancaman dalam bidang bisnis online yang kamu jalankan. Data nama-nama kompetitor, jenis pemasaran yang mereka lakukan, dan berapa harga yang ditetapkan mereka.

Cara termudah untuk melakukan riset tersebut adalah dengan memanfaatkan internet. Gunakan mesin pencarian seperti Google untuk mengetahui kompetitor yang paling banyak dicari dan mencari kata kunci yang berkaitan dengan produk kamu.

Dengan begitu kamu akan lebih memahami kondisi pasar dan potensi pertumbuhannya untuk bisnis online kamu. Lakukan analisis pasar dan kompetitor, agar kamu bisa menyiapkan strategi untuk bersaing.

Bagi pebisnis pemula, kamu harus menerapkan riset tersebut, karena informasi yang kamu dapatkan akan berguna untuk menyiapkan rencana pemasaran yang tepat.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online