Blog

Mengapa Kemasan Ramah Lingkungan Menguntungkan Bagi Bisnis

Bisnis Lebih Untung dengan Kemasan Ramah Lingkungan


Perkembangan e-commerce yang pesat mendorong peningkatan pada jumlah kemasan produk. Walaupun tidak semua kemasan berdampak buruk bagi lingkungan, mereka tetap menjadi sampah bagi lingkungan yang tidak kecil jumlahnya.

 

Banyak yang mengira kemasan yang ramah lingkungan akan memakan biaya yang besar. Namun, sebenarnya kemasan ramah lingkungan dapat menguntungkan bisnis kamu lho!

 

Berikut alasan mengapa kemasan dengan bahan yang jumlahnya tidak berlebih dan ramah lingkungan memberikan dampak positif bagi bisnis kamu.

 

Hemat Biaya

Mengurangi bahan akan meringankan dan memperkecil kemasan. Artinya, biaya pengiriman akan jadi lebih hemat dan jumlah barang yang dapat disimpan di gudang maupun dipajang di toko akan meningkat.

 

Branding Lebih Kuat

Gaya hidup ramah lingkungan dan tidak boros menjadi tren gaya hidup di kota-kota besar. Oleh karena itu, bisnis yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan bantu mengurangi sampah akan mendapatkan nilai lebih di mata konsumen.

 

Tekanan Regulasi

Saat ini, Indonesia belum mengharuskan semua bisnis untuk menggunakan materi kemasan ramah lingkungan. Namun, beberapa negara telah meregulasi kemasan produk agar dapat didaur ulang dan tidak merusak lingkungan. Jika bisnis kamu telah berkembang pesat dan melakukan eksport ke luar negeri, maka kemasan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan.

 

Setelah tahu pentingnya menggunakan produk ramah lingkungan, berikut beberapa cara agar bisnis kamu ramah lingkungan:

 

Kurangi Bahan Kemasan

Kemasan yang ramah lingkungan tidak harus mengorbankan desain. Desain yang kreatif dan bijaksana justru akan dapat meringankan beban produk, mengurangi sampah lingkungan serta mengurangi biaya pengiriman seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

Pakai Bahan Biodegrable

Bahan biodegrable adalah bahan yang mudah terurai dan hancur hingga akhirnya berbaur kembali dengan lingkungan sehingga tidak meninggalkan sampah. Apabila bahan biodegrable masih tergolong mahal, kamu tetap bisa menunjukkan pedulian terhadap lingkungan dengan memberikan tips daur ulang kemasan dan menggunakan desain yang fungsional agar tidak langsung dibuang oleh konsumen.

 

Permintaan akan kemasan yang ramah lingkungan akan terus meningkat. Namun ingat, jangan pernah mengurangi kualitas produk untuk memberikan kemasan yang ramah lingkungan demi memperkuat brand bisnis.



Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online