Blog

16 Tempat Terbaik untuk Menemukan Ide Bisnis Online yang Tepat

Tempat Terbaik untuk Menemukan Ide Bisnis Online


Sebagai pebisnis baru, sering kali kamu bingung dari mana cara memulai bisnis online. Mencari ide bisnis adalah langkah awal, tapi kamu mungkin merasa sulit untuk menemukan inspirasi.

Padahal, internet memberikan kemudahan untuk setiap orang menjelajahi dunia dan menemukan informasi apa saja. Pencarian ide bisnis secara online sangat membantu untuk mendapatkan inspirasi yang diinginkan.

Anda tak harus mencari ide bisnis populer yang sedang tren di pasaran. Coba pertimbangkan ide bisnis yang berbeda dari yang sudah ada pada umumnya. Misalnya, ide bisnis niche yang lebih segmented yang menyasar segmen populasi kecil.

Ide bisnis niche memang menyasar kalangan terbatas. Namun, kompetitornya lebih sedikit, sehingga bisnis kamu akan lebih berpeluang untuk unggul dan merebut hati konsumen.

Nah, bagi kamu yang masih belum menemukan ide, berikut simak tips-tips untuk membantu kamu menemukan ide bisnis yang tepat, khususnya bagi kamu yang tertarik menjalankan website toko online.

1. Mulai dari Ide yang Kamu Punya

Mungkin selama ini kamu menyimpan sejumlah ide di benak atau pernah mencatat ide tersebut. Mulailah dengan mempertimbangkan ide yang sudah ada. Misalnya, ide tentang produk yang kamu minati atau produk yang teman kamu sukai. Dari situ kamu bisa mengembangkan ide secara lebih spesifik.

2. Bisnis Offline di Sekitar Kamu

Ada banyak produk yang umumnya diperjualbelikan secara konvensional dan bisa dipasarkan secara online. Misalnya, alat pertukangan dan bahan bangunan yang biasanya ada di toko offline.

Namun, kamu bisa mengubahnya. Penjualan secara online sudah semakin berkembang. Mungkin kamu bisa mengembangkan bisnis offline tadi menjadi sebuah bisnis berbasis online.

3. Publikasi Tentang Tren Konsumen Online

Sejumlah media atau lembaga terkadang mengulas tren konsumen online berdasarkan data dan informasi yang mereka dapatkan. Dalam publikasi yang dibagikan, kamu dapat memahami produk yang sedang populer dan yang sedang dijual oleh pebisnis lain. Kamu juga bisa menemukan jenis produk yang mungkin belum kamu ketahui.

4. Influencer Digital

Ikuti sejumlah akun influencer digital di media sosial. Kamu dapat menemukan inspirasi dari orang-orang yang tepat. Sebab para influencer biasanya akan membagikan konten seputar produk yang bekerja sama dengannya atau yang menarik perhatiannya.

5. Ulasan Produk di Internet

Kunjungi website dan blog yang sering membahas berbagai macam produk. Khususnya carilah situs yang mengulas jenis produk yang kamu minati. Karena kamu akan mendapatkan referensi mengenai produk yang disukai dan tidak disukai oleh masyarakat.

6. Situs Kurasi

Situs kurasi adalah situs layaknya sebuah galeri yang menampilkan banyak informasi produk pilihan. Biasanya, produk yang ditampilkan telah melewati proses seleksi yang ketat, baik menurut tren dan kualitas, sehingga kamu bisa mendapatkan ide bisnis yang menjanjikan. Contohnya, situs Ssense dan Fancy.

7. Website E-commerce B2B

Kunjungi sejumlah website e-commerce business to business (B2B) yang populer di Indonesia maupun di dunia. Contohnya, Alibaba. Kamu akan mendapatkan ribuan macam produk potensial dari berbagai produsen. Kamu akan kaya dengan ide dan tinggal mempertimbangkannya.

8. Marketplace Online

Kamu dapat menemukan produk-produk yang sedang populer dan yang menarik lainnya di dalam situs marketplace. Contohnya, Amazon, Ebay, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Ada banyak kategori produk yang bisa kamu klik untuk mendapatkan ide-ide produk baru maupun lama.

Baca Artikel Lainnya di sirclo.com/blog

9. Forum Online

Bergabung dengan komunitas di forum online seperti Quora dan Kaskus, supaya kamu dapat berinteraksi dengan ribuan member. Ini bisa jadi referensi tambahan dalam mencari ide bisnis, karena kamu dapat mencari tahu produk yang sedang dibahas atau dijual oleh para member.

10. Media Sosial

Carilah ide bisnis di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan LinkedIn. Pada sejumlah media, kamu bisa mencarinya dengan cara mengklik hashtag yang berhubungan dengan nama produk dan istilah dalam bisnis. Atau, coba ikuti juga akun-akun khusus yang memposting dan membahas topik seputar dunia bisnis.

11. Testimoni Pelanggan Online

Coba kunjungi berbagai website jualan online di internet. Biasanya, kamu akan menemukan testimoni dari para konsumen atau pelanggan secara jujur. Ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih produk yang tepat dan diminati.

12. Tool SEO Milik Google

Kunjungi website yang menawarkan tool untuk mengoptimisasi Search Engine Optimization (SEO). Contohnya, Google Trends, Google Keyword Planners, dan Google Analytics. Kamu bisa menggunakannya untuk menemukan data insights mengenai suatu hal yang sedang trending di lokasi tertentu.

13. Baca Artikel Online

Banyak artikel online yang membahas tentang berbagai produk dan perilaku konsumen. Bacalah informasinya dan lihat komentar. Terutama, bacalah artikel yang populer untuk dijadikan referensi utama bagi ide bisnis kamu.

14. Kompetitor

Amati aktivitas bisnis kompetitor. Lihat produk yang mereka luncurkan, siapa target market mereka, dan bagaimana cara mereka membuatnya berhasil. Pelajari baik-baik setiap strategi mereka dalam mengembangkan usahanya.

15. Survei Online

Lakukan survei online untuk mengetahui pendapat orang-orang mengenai ide bisnis kamu. Kamu bisa melakukan survei dengan motede kualitatif atau kuantitatif. Nantinya, jawaban dari para peserta survei akan memberikanmu gambaran mengenai potensi dari ide bisnis kamu.

16. Crowdsourcing Online

Kunjungi situs crowdsourcing untuk mendapatkan inspirasi ide bisnis yang sukses atau membuat kampanye untuk ide bisnis kamu agar mendapatkan dukungan dan pendanaan dari sekelompok orang secara online. Contohnya, Innocentive, IdeaConnection, dan Chaordix.

Nah, setelah kamu mengumpulkan sejumlah ide bisnis online yang menarik, saatnya kamu untuk memilih salah satu. Apapun idenya, pilih yang kira-kira paling memiliki prospek di masa depan. Kemudian, segera cari jasa pembuatan website toko online untuk membangun bisnis online kamu.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online