Blog

Cara Memasang Iklan Facebook Dynamic Ads

Cara Pasang Iklan Facebook Dynamic Ads di Website Toko Online

Di jaman sekarang, kamu bisa beriklan hanya dengan beberapa klik saja tanpa harus bersusah payah membagi-bagikan iklanmu kepada calon konsumen. Salah satu media periklanan di media sosial yang menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini adalah Facebook Dynamic Ads. Lalu sebanarnya apa, sih Facebook Dynamic Ads itu?

Facebook Dynamic Ads adalah kampanye iklan model baru yang dikeluarkan oleh Facebook. Dengan adanya Facebook Dynamic Ads, diharapkan bisa membantu pembisnis dan pemilik toko online bisa mendapat lebih banyak keuntungan atas produk yang terjual. Sebagian besar pengguna iklan Facebook Dynamic Ads merasa puas setelah beriklan karena mereka mengalami peningkatan traffic pembeli dan pengunjung di website. Dengan begitu, peluang yang sangat bagus terutama bagi kamu seorang pembisnis online.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara memasang iklan Facebook Dynamic Ads di website toko online.

1. Miliki Facebook Business Manager

Agar kamu dapat mengelola bisnis kamu di Facebook dengan lebih mudah, buat akun Facebook Business Manager dimana kamu dapat mengelola Facebook Page, Facebook Pixel hingga Facebook Ads.

2. Miliki dan Pasang Facebook Pixel

Facebook pixel memungkinkamu kamu untuk memantau kesuksesan ads yang kamu pasang di Facebook Dynamic Ads. Facebook Pixel merupakan kode dimana kamu bisa merekam perjalanan pemirsa iklan hingga menjadi konsumen sehingga memudahkan kamu untuk mengukur kinerja iklan, melakukan retargeting dan mengoptimalkan iklan.

Kemudian, pasang Facebook Pixel di website toko online kamu dengan memasang kode yang telah disediakan di header website toko online.

4. Buat katalog produk di Catalog Manager

Ketika pertama kali membuka situs Facebook dynamic ads, kamu akan menemukan Catalog Manager dimana kamu diminta untuk membuat catalog yang isinya relevan dengan produk/jasa yang hendak kamu iklankan melalui Faceboo Dynamic Ads.  Di Catalog Manager kamu akan menemukan pilihan seperti ecommerce, Travel, Auto, Real Estate, dan dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga beri nama katalogmu semenarik mungkin.

4. Tambahkan Produk ke Katalog

Facebook Dynamic Ads mengizinkan kamu untuk mempromosikan item dari katalogmu ataupun produk yang kamu jual, meskipun tidak masuk pada katalog. Ketika kamu sudah membuat catalog, kamu bisa menambahkan/mengunggah item yang ingin kamu iklankan di Dynamic Ads. File item yang kamu unggah tersebut bernama data feed.

Ketika kamu membuat data feed, kamu akan men-list untuk supported file format. File format itu nanti berupa seperti kode contohnya CSV, TSV, XML, dll. Dari data feed tersebut kamu akan diminta untuk memilih kelompok untuk iklanmu seperti product, Hotels, destination, Flight, dll.

5. Tetapkan Target Pemirsa

Hampir sama seperti instagram, Facebook Dynamic Ads juga memberikan fitur target terhadap audience yang menonton iklanmu. Pastikan target iklan kamu banyak, universal, dan detail. Semakin jelas target yang kamu tentukan, semakin mudah iklan kamu ditemukan oleh calon konsumen.

Nah, itulah beberapa cara sederhana dalam membuat iklan di Facebook Dynamic Ads. Jika kamu membuat website toko online di SIRCLO, kamu tidak perlu ribet memikirkan cara memasang Facebook Pixel dan membuat katalog produk karena telah dilengkapi fitur Facebook Ads Extension. Fitur tersebut membantu kamu untuk memasang Facebook Pixel di website toko online dengan mudah melalui beberapa klik di admin panel. Salam sukses!



Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online