Blog

Live Chat Memudahkan Kamu Berjualan Online dengan Lebih Praktis

Blog Ecommerce: Tingkatkan Penjualan Dengan Live Chat


Saat pengunjung membuka sebuah situs, terkadang muncul kotak percakapan atau chatbox yang menghubungkannya dengan admin. Itu adalah layanan live chat yang berguna untuk membuat pengunjung merasa penting dan disapa secara personal.

 

Live chat memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengobrol langsung dengan pengelola situs. Kamu bisa menerapkannya dalam website toko online kamu, karena hal ini dapat membuat pengunjung mau langsung berbelanja.

 

Cara menggunakan live chat pun mudah. Namun, sebelum kamu menggunakan live chat, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar kamu bisa lebih praktis saat jualan online.

 

Pekerjakan Admin di Jam Sibuk

Gunakan Google Analytics untuk mengamati traffic web kamu. Lalu, kamu bisa mengetahui kapan saja waktu terbaik untuk online, yakni waktu tersibuk saat banyak yang mengakses situsmu.

 

Jika kamu tak mampu mengurusnya sendiri, kamu bisa merekrut pegawai part-time untuk menjadi admin, khususnya di jam sibuk saat website mendapatkan traffic yang tinggi. Sehingga ada kesempatan langsung mengobrol dengan pengunjung dan membuatnya tertarik membeli produk kamu.

 

Kontrol Siapa yang Menggunakan Layanan

Jasa pembuatan website toko online pasti bisa membantu kamu untuk memasang layanan live chat terbaik. Sehingga kamu menggunakan software live chat yang memberikan sejumlah opsi agar kamu dapat mengontrol siapa saja dan kapan saja layanan live chat itu muncul.

 

Misalnya, chatbox baru muncul saat ada pengunjung yang mengklik keranjang belanja atau saat pengunjung mengklik halaman daftar produk baru dan terlaris. Sehingga layanan ini bisa lebih tertarget.

 

Fokus pada Kualitas Bukan Kuantitas

Waktu kerja pasti terbatas. Kamu tak akan sanggup jika membalas semua pesan dari pengunjung satu per satu. Apalagi terkadang ada pertanyaan yang sulit dijawab atau pengunjung terlalu banyak menuntut.

 

Untuk itu, kamu tak harus selalu memulai percakapan dengan pengunjung. Kamu tak harus langsung membalas semua obrolan. Karena lebih baik fokus saja pada kualitas pelayanan, seperti membalas satu orang hingga tuntas, baru ke pengunjung berikutnya.

 

Ambil Masukan Pengunjung untuk Memperbaiki Bisnis

Dari sekian banyak percakapan dengan pengunjung, pasti ada beberapa yang tidak puas dengan bisnis online kamu. Ada juga pengunjung yang kebingungan saat menjelajahi web kamu.

 

Hal ini  bisa menjadi masukan berarti untuk meningkatkan kualitas toko online kamu. Kamu jadi tahu kekurangan apa saja yang ada pada situs kamu dan produk yang dijual. Sehingga kamu bisa segera memperbaikinya untuk memuaskan pelanggan.

 

 

Nah, itulah sejumlah informasi seputar live chat bagi bisnis online. Meski toko online kamu masih skala kecil, kamu bisa coba memanfaatkan layanan ini untuk memudahkan kamu berjualan online dan meningkatkan penjualan produk setiap hari.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online