Blog

Tips untuk Ekspansi Bisnis dari Berjualan Online ke Toko Ritel

Melakukan ekspansi bisnis dari online ke offline bisa dilakukan untuk memperluas pasar. Anda bisa menjalin kerja sama dengan berbagai toko ritel untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Jika selama ini produk kamu laris dibeli secara online, ini berarti produk kamu juga berpotensi untuk diterima saat dipasarkan secara tradisional melalui toko ritel. Kamu hanya perlu menyiapkan strategi ekspansi yang tepat.

Berikut tips yang sebaiknya kamu perhatikan saat melakukan ekspansi bisnis online ke offline.

1. Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk dilakukan untuk membuat produk kamu lebih berbeda dan menarik dibandingkan produk lain. Ciptakan keunikan dan nilai tambah sehingga produk kamu terlihat lebih menonjol.

Misalnya, dengan membuat desain kemasan produk yang unik, produk kamu akan mencuri perhatian saat pengunjung toko ritel melihat ke rak tempat peletakak produk.

2. Datangi Toko Ritel

Dekati toko ritel yang ingin diajak bekerja sama. Datangi satu per satu. Bawa sampel produk, berikan pada mereka, dan jelaskan tentang keunggulan serta apa yang bisnis kamu lakukan selama ini.

Yakinkan kepada pemilik toko ritel bahwa produk kamu berbeda dan sangat sesuai dengan konsumen di tokonya. Sehingga mereka yakin bahwa produkmu akan mendatangkan keuntungan baginya.

3. Ikuti Pameran Dagang

Anda tidak hanya perlu mendekati toko ritel, tapi juga perlu mendekati pembeli yang masih suka berbelanja secara offline. Caranya ialah dengan mengikuti expo atau pameran dagang.

Expo dapat menjadi ajang untuk terhubung dengan banyak pembeli offline. Ini sebagai strategi untuk memperkenalkan produk kepada pembeli baru yang selama ini belum tahu keberadaan produkmu.

Jika produk kamu bagus, maka kamu tak perlu khawatir. Orang-orang pasti akan tertarik untuk mencari tahu produkmu saat expo berlangsung.

4. Jangan Cuma Mengandalkan Toko Ritel

Setelah produk kamu diletakkan di rak-rak toko ritel, bukan berarti tugas kamu selesai. Jangan terlalu mengandalkan toko ritel untuk menjualkan produk tersebut.

Kamu sendiri juga harus berupaya membangun kesadaran merek akan produkmu. Jangan berpikir bahwa orang-orang akan langsung menemukan produkmu di rak dan membelinya.

Namun, gunakan media sosial dan website toko online kamu untuk mengumumkan dan terus mengingatkan kepada konsumen bahwa mereka juga dapat menemukan produkmu di toko ritel di dekat tempat tinggal mereka. Sehingga, bagi konsumen yang tertarik membeli langsung, dapat langsung mengunjungi toko ritel yang dimaksud. 

5. Terus Cari Pembeli Online

Terus lakukan promosi dan pemasaran online, karena pada dasarnya bisnis kamu berbasis online. Untuk itu, manfaatkan dengan baik semua kanal penjualan online untuk meningkatkan penjualan, sembari mengharapkan penjualan dari toko ritel.

Nah, itulah tips yang bisa kamu coba jika ingin melakukan ekspansi bisnis dari berjualan online ke toko ritel. Perhatikan setiap poin di atas, sehingga penjualan secara online maupun offline dapat terjadi sesuai dengan harapan.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online