Blog

12 Cara Jitu untuk Mendapatkan Transaksi Pertama Bisnis Online Kamu

Cara Jitu Mendapatkan Transaksi Pertama Toko Online

Ketika bisnis baru dimulai, kamu pasti tidak sabar untuk segera mendapatkan konsumen pertama. Penjualan perdana memang sangat dinanti bagi setiap pebisnis pemula.

Namun, bagaimana cara pemasaran yang jitu agar produk bisnis online kamu akhirnya ada yang beli? Tentu saja, kamu tidak bisa cuma berdiam diri tanpa mempromosikan bisnis kamu.

Kamu harus melakukan berbagai strategi agar orang-orang mengenal nama website toko online kamu dan mau mengunjunginya, serta melakukan pembelian. Berikut sejumlah strategi yang dapat kamu coba untuk mendapatkan transaksi pertama.

1. Beri Tahu Orang yang Dikenal

Pertama, beritahukan orang-orang yang kamu kenal seperti keluarga dan teman-teman. Kamu tak perlu meminta mereka melakukan pembelian, tapi coba minta tolong pada mereka untuk bantu promosi dengan membagikan link website toko online kamu di akun media sosial.

2. Gunakan Google Adwords

Platform periklanan Google Adwords memungkinkan kamu untuk memasang iklan dengan menargetkan calon pengunjung situs berdasarkan keyword, topik, dan lokasi. Cobalah gunakan agar traffic website meningkat, karena juga akan berpengaruh terhadap penjualan.

3. Aktif di Media Sosial

Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Youtube, LinkedIn, untuk mempromosikan bisnis. Rutinlah memposting dan berinteraksi dengan netizen, agar mereka tertarik mengikuti akun kamu dan juga melakukan pembelian.

4. Tulis Blog

Pemasaran konten efektif untuk meningkatkan traffic website toko online. Kamu perlu menulis blog secara rutin dengan konten yang berkualitas. Niscaya, orang-orang akan senang membacanya dan secara tak langsung akan menunjang penjualan produk.

5. Adakan Give Away

Kamu bisa menggelar kontes give away lewat media sosial atau website toko online. Memberikan produk secara gratis berguna untuk menarik perhatian orang-orang yang belum tahu bisnis kamu dan memancing sebagian dari mereka untuk membeli produkmu.

6. Kirim Sampel ke Influencer

Mengirimkan sampel produk kepada para influencer di dunia maya masih efektif untuk keperluan promosi. Karena biasanya, influencer akan tertarik membahas produk tersebut di akun media sosial atau blog mereka, jika mereka menyukainya.

7. Jualan di Marketplace

Perbanyak kanal penjualan online dan jangan cuma mengandalkan websitemu. Situs marketplace ternama seperti Lazada, Elevania, dan Tokopedia, sudah memiliki banyak pengunjung setia setiap hari. Sehingga ada kesempatan bagi produk kamu untuk ditemukan oleh banyak orang.

8. Promosi di Situs Kupon dan Voucher

Situs penjualan kupon dan voucher di Indonesia masih menjadi andalan para shopaholic. Contohnya, Myfave.com, LaKupon.com, dan Evoucher.co.id. Kamu bisa bekerja sama dengan situs tersebut untuk menjaring konsumen baru yang suka berbelanja,

9. Membuat Video Marketing

Konten video marketing yang bagus mampu menggugah minat orang-orang untuk membeli produk kamu. Unggahlah di media sosial, terutama Youtube. Jika videonya menarik, ada kesempatan menjadi viral dan akhirnya menunjang pemasaran. Coba juga beriklan di vlogger 

10. Program Afiliasi

Program afiliasi adalah program pemasaran di mana orang lain dapat memasukkan iklan kamu di halaman situsnya. Jika ada pengunjung situsnya yang mengklik iklan tersebut dan melakukan pembelian di situs kamu, maka orang tersebut akan mendapatkan komisi. Coba terapkan, karena sudah banyak bisnis online yang berhasil menerapkannya.

11. Membuat Infografis

Menampilkan data atau informasi secara visual melalui gambar infografis dapat membuat orang lebih mudah mengerti tentang produk kamu, dan akhirnya tertarik untuk membelinya. Misalnya, infografis tentang keunggulan dan cara penggunaan produk.

12. Bagikan Kartu Nama

Selain itu, buatlah kartu nama yang berisikan informasi tentang bisnis online kamu. Desain sebagus mungkin dan kemudian bagikan pada orang-orang yang kamu temui.

Nah, itulah sejumlah cara pemasaran dan promosi yang jtu agar kamu bisa mendapatkan transaski pertama di bisnis online kamu. Terus terapkan strategi di atas, karena transaksi-transaksi berikutnya juga akan terjadi jika kamu menjalankannya dengan cara yang benar.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online