Blog

Membuat Email Newsletter Yang Ampuh Mendongkrak Penjualan

Tingkatkan Penjualan Toko Online dengan Email Newsletter

Designed by Freepik

Banyak teknologi baru yang memudahkan kita untuk berkomunikasi, namun email merupakan alat komunikasi masih populer digunakan dari tahun 90an hingga sekarang.

 

Jika dibandingkan dengan media sosial dan alat komunikasi zaman sekarang, email sudah pasti kalah gaul. Namun tahukah kamu bahwa email adalah salah satu alat terampuh untuk meningkatkan penjualan bisnismu?

 

Dengan mengirimkan newsletter yang menarik dan informatif kepada pelanggan, kamu berpotensi untuk mendapatkan pembelian berulang. Yuk, coba ikuti beberapa langkah ini untuk membuat email newsletter yang menarik dan ampuh untuk mendongkrak penjualan bisnismu di website toko online.

 

1. Rancang desainnya di Photoshop

Langkah dasar untuk memulai newsletter adalah memikirkan desain newsletter karena kita adalah makhluk visual. Banyak cara untuk mendesain tampilan email, namun supaya lebih mudah dan familiar, coba saja gunakan Adobe Photoshop. Pastikan desain yang kamu buat mudah dibaca dan ditelusuri oleh pembaca.

2. Izinkan pengguna untuk melihat email di pilihan browser mereka

Penting sekali untuk menyediakan berbagai cara untuk membaca keseluruhan email yang telah kamu kirimkan. Selalu sertakan notifikasi tambahan untuk melihat email melalui browser agar penerima email dapat melihatnya secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu membantu pembaca untuk memahami email apa yang kamu kirimkan.

3. Buat Judul yang jelas dan professional

Hal pertama yang diperhatikan penerima email adalah judul email. Judul email sangat menentukan apakah email tersebut akan dibaca sehingga berpengaruh pada open rate email tersebut. Beberapa tips agar judul email menarik perhatian pembaca:

a. Pakai emoji

b. Personalisasi

c. Buat pesan yang mendesak

d. Promo

e. Topik yang trendi

4. Konten

Percuma saja bila kamu punya judul email newsletter yang menarik, namun ternyata konten utama berantakan. Biasanya konten berupa informasi harian seputar bisnismu yang bersifat mengedukasi atau bahkan menggiring pembaca untuk melakukan pembelian produkmu melalui website toko online. Bila isi email berisi kumpulan artikel, maka tata artikel-artikel tersebut di box konten dengan apik dan menarik.

5. Tautkan link pada newslettermu

Newsletter akan tetap menjadi newsletter bila kamu tidak menghubungkanya dengan website toko online kamu. Bagi mereka yang penasaran dan tertarik berkunjung ke website toko online kamu, sediakan link pada email newsletter. Agar lebih terhubung, masukkan juga link akun media sosial bisnis – berpotensi meningkatkan followers!

Itu dia beberapa langkah sederhana untuk membuat email newsletter yang dapat mendongkrak penjualan bisnis online. Tetap utamakan kesederhanaan dan kreatifitas dalam membuat email newsletter yang menarik perhatian pembaca. Selamat berjualan!

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online