Blog

Metrik Yang Perlu Jadi Perhatian Pelaku Bisnis Online




Di era digital saat ini, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memasarkan dan menjual produk mereka secara online. Namun tentunya, kita harus tahu bagaimana cara mengukur kinerja website toko online agar dapat melihat hasil secara objektif dan menentukan strategi yang tepat.

Berikut adalah beberapa metrik yang harus diperhatikan jika ingin memajukan bisnis online:

 

1. Segmentasi Conversion Rate

Metrik yang satu ini cukup singkat dan jelas karena conversion merupakan persentase pengunjung website yang melakukan transaksi pembelian di website toko online.

 

Conversion rate dihitung dari total jumlah pengunjung website toko online yang melakukan transaksi pembelian dibagi dengan total jumlah pengunjung website toko online.

Contoh: 30 dari 200 pengujung website melakukan transaksi pembelian, berarti conversion rate (30 dibagi 200) adalah 15%.

 

Conversion rate adalah metrik yang paling penting di website toko online. Namun, untuk mendapatkan informasi yang lengkap, kamu dapat mencari conversion rate berdasarkan:

a. Perangkat yang digunakan (mobile, desktop atau tablet)

b. Sumber pengunjung (Mesin pencarian, media sosial, atau website lainnya)

c. Pengunjung baru dan pengunjung lama

2. Segmentasi Penghasilan

Mirip dengan conversion rate, segmentasi penghasilan dapat dijabarkan berdasarkan:

a. Organik

b. Kampanye email

c. Referral

 

Segmentasi penghasilan ini sangat penting karena kanal dengan conversion rate tertinggi belum tentu menyumbang penghasilan tertinggi. Data yang didapatkan dari segmentasi penghasilan dapat kamu gunakan untuk memilih kanal mana yang patut untuk mendapatkan perhatian lebih untuk meningkatkan penjualan.

3. Konversi Berdasarkan Produk

Metrik yang satu ini penting apabila toko online kamu memiliki jumlah SKU yang sangat banyak. Metrik ini membandingkan jumlah penghasilan yang dihasilkan suatu produk dengan banyaknya pengunjung yang melihat laman produk tersebut.

 

Kamu juga bisa membandingkan jumlah orang yang telah memasukkan produk tersebut ke dalam keranjang belanja, namun tidak melakukan proses pembayaran - biasanya disebut abandoned cart.

 

Hal ini dapat membantu para pelaku bisnis untuk mengetahui produk mana yang paling laku, serta produk yang paling tidak baik kinerjanya. Dengan data tersebut, kamu dapat dengan mudah menentukan strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan kinerja produk.

4.  Returning Customers

Memperhatikan jumlah pengunjung yang lama yang kembali berkunjung ke website toko online memang bagus untuk mengukur loyalitas mereka. Namun, alangkah baiknya jika kita mengetahui berapa banyak pengunjung setia website toko online yang melakukan pembelian berulang.

 

Informasi yang didapatkan melalui metrik ini menggambarkan seberapa puas pembeli terhadap pelayanan, harga, dan produk yang kamu jual. Jika persentase returning customers turun, maka kamu harus cari tahu apa yang menyebabkan pembeli tidak puas sehingga tidak kembali berbelanja di toko online kamu.

 

Bagaimana pun, pelanggan yang puas dan setia akan menjadi agen promosi yang paling baik. Maka metrik ini sangat penting untuk kamu perhatikan.

“Marketing without data is like driving without eyes.”  - Dan Zarrella

 

Mengumpulkan informasi seperti ini secara teratur akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan beralasan karena didukung dengan data. Selamat berjualan!

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online