Blog

Plastic-Diet Products for Sustainable Mother Earth

Plastik sudah kita gunakan sejak tahun 1950-an dan hingga kini masih erat dalam kehidupan sehari-hari.. Menghentikan kebiasaan untuk tidak bergantung pada plastik tentunya tidak mudah, apalagi di saat sekeliling kita sangat banyak kegiatan yang kelihatannya memang memerlukan plastik. Namun, belakangan banyak data yang menunjukkan kalau saat ini bumi kita sudah darurat berhenti konsumsi plastik sehingga semakin banyak orang yang sadar dan berusaha mengurangi penggunaannya. Cleanomic muncul menawarkan solusi bagi kamu yang ingin ‘diet plastik’.



Apa itu Cleanomic?

 

Cleanomic merupakah salah satu platform E-commerce yang menjual produk-produk untuk kebutuhan sehari-hari, namun bahan yang kami pakai bisa didaur ulang. Bahan atau produk yang bisa didaur ulang itu, biasa disebut zero waste product.



Mengapa Cleanomic memutuskan untuk menjual produk ramah lingkungan?

 

Awalnya, salah satu owner kita prihatin dengan kondisi sampah yang semakin hari semakin bertambah. Dari situ, kami mencoba beberapa produk untuk dikonsumsi sendiri, seperti sedotan bambu dan sedotan besi. Ternyata, feedback nya bagus sehingga kami membuat cleanomic untuk menjual produk-produk tersebut, sekaligus menghimbau masyarakat untuk mengurangi limbah plastik.



Menurut Cleanomic, limbah apa yang paling banyak di bumi?

 

Data dari Badan Statistik Nasional, di Jakarta sendiri bisa ada total 7.000 ton sampah per hari  dari yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang. Bisa dibayangkan saja kalau sebulan bahkan setahun itu sebanyak apa.

 

Menguraikan sampah plastik pun tidak mudah, kalau dengan metode pembakaran, akan membahayakan manusia karena ada zat hidrogen klorida, hidrogen sianida, benzena, stiren, arsen, timbal, kromium, benzo(a)pyrene, dioksin, furan, dan PCB yang bisa menyebabkan kanker. [source: hellosehat.com]



Solusi apa yang bisa diberikan cleanomic untuk mengurangi penggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan?

 

Cleanomic mengajak masyarakat untuk mengganti kebutuhan sehari-hari dengan produk ramah lingkungan. Salah satu contohnya adalah menggunakan sedotan stainless atau bambu sebagai pengganti sedotan plastik. Untuk membersihkan sedotannya, kami memiliki sikatnya juga.

 

Jika menggunakan produk re-useable sudah menjadi suatu kebiasaan, maka kedepannya akan jadi hal yang biasa untuk masyarakat.



Tantangan apa yang dihadapi Cleanomic dalam membangun bisnis ini?

 

Ada beberapa tantangan yang kami alami tetapi kami berusaha mengajak orang-orang untuk mengubah kebiasaan mereka menggunakan produk zero waste.



Untuk mengkampanyekan isu lingkungan ini, kegiatan apa saja yang sudah dilakukan?

 

Sejauh ini kita mengikuti beberapa event. Tujuannya untuk interaksi secara langsung dengan orang-orang dan memberitahu mereka bahwa cleanomic menyediakan produk-produk ramah lingkungan.

 

Event yang kami ikuti biasanya tentang go green, zero waste dan organik.



Tips untuk mengurangi sampah?

 

Mulailah menggunakan produk yang bisa didaur ulang dan selalu bawa botol minum.



Dari sharing session oleh Cleanomic, mengurangi penggunaan sedotan plastik merupakan hal kecil yang dampaknya sangat besar untuk lingkungan. Mengubah kebiasaan memang tidak mudah namun mencoba mengurangi pemakaiannya tidak sulit kok. Simak video selengkapnya di IG TV SIRCLO!

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online