Blog

Cara Membangun Personal Branding Sebagai Entrepreneur

Apakah kamu pernah mencoba untuk mencari namamu atau seseorang di search engine? Biasanya, pencarian teratas yang akan ditemukan adalah akun media sosial yang kamu miliki. Percaya atau tidak, itulah yang paling sering dicari oleh orang di sekitar kita, seperti teman, keluarga, maupun teman kerja.

 

Jika kamu adalah seorang entrepreneur, pastinya kamu tidak mau kalau hasil pencarian di internet hanya sekadar media sosial kamu saja. Tentunya, kamu ingin menunjukkan prestasi dan aktivitas yang telah kamu lakukan untuk memberikan kesan yang positif kepada publik, karena first impression adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu lewatkan.

 

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan personal branding yang baik kepada publik? Berikut caranya:

 

Aktif di LinkedIn

 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat akun LinkedIn jika kamu masih belum memilikinya. LinkedIn merupakan cara yang tepat untuk membangun relasi bisnis yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan halaman profil dan konten yang dapat menunjukkan sisi profesionalmu.

 

Caranya, kamu dapat mengupdate profilmu dengan foto formal dan sopan, kemudian isilah edukasi, pengalaman kerja serta prestasi kamu sedetil mungkin, dan yang terpenting adalah kamu harus selalu update dengan menulis atau membagikan artikel yang berhubungan dengan seputar aktivitas bisnis, sehingga kamu dapat menciptakan engagement dengan koneksimu dan memperluas relasi.

 

Membuat website pribadi

 

Sekarang, website pribadi fungsinya sama dengan business card yang biasanya sering kamu bagikan ke orang-orang. Mungkin membuat website pribadi terdengar rumit, namun hal ini merupakan poin penting untuk menciptakan personal branding.

 

Dengan memiliki website, kamu dapat mengisi konten yang berhubungan dengan dirimu, seperti bisnis, blog, serta link yang mengarahkan ke media sosial yang kamu miliki.

 

Berkolaborasi dengan buzzer

 

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama influencer maupun blogger. Dengan berkolaborasi bersama mereka, kamu dapat menciptakan konten yang bisa membahas dirimu sekaligus bisnis yang sedang kamu tekuni.

 

Hasil konten yang mereka buat dapat kamu gunakan untuk dicantumkan ke dalam media sosial kamu atau website yang telah kamu miliki, sehingga akan membantu hasil pencarian diri dan bisnis kamu di search engine.

 

Jadi, yuk mulai bangun personal branding sekarang! Karena hal ini akan mencerminkan brand dan bisnis kamu untuk kedepannya. Kalau nggak mulai dari sekarang, kapan lagi?

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online