Blog

Mengembangkan Bisnis Online dengan Modal Pinjaman

Pastinya kamu setuju kalau perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat ini telah berkembang begitu pesat. Bahkan, para pelaku UMKM mulai memberanikan diri terjun ke ranah online untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mengutip hasil riset dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada akhir 2017 lalu, mengatakan bahwa terdapat 3,79 juta dari 59,2 juta pelaku UMKM yang telah terjun ke online dan Kemenkop UKM berharap dapat mencapai target di tahun 2019 ini dengan 8 juta UMKM online.

Dengan begitu, media sosial bukan lagi dijadikan sebagai ladang penjualan, kini banyak pelaku UMKM yang mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan membuat website sebagai jualan online mereka.

Saat ini, SIRCLO dimanfaatkan para pelaku UMKM sebagai jasa pembuatan website penjualan online mereka. Dengan teknologi yang handal, SIRCLO menyediakan fitur-fitur website toko online yang lengkap dan berguna untuk menjalankan bisnis online, mulai dari template yang berkualitas sampai sistem manajemen toko yang mudah digunakan, sehingga kamu hanya perlu untuk fokus berjualan. Hal ini membuat lebih dari 20.000 bisnis online telah mempercayai SIRCLO untuk membuat toko online mereka.

Belum lama ini, tepatnya pada 7 Januari 2019, SIRCLO telah bekerja sama dengan salah satu marketplace Peer-to-Peer lending yang telah menyabet juara satu dalam Program Akselerasi Digitaraya, yaitu Modal Rakyat. Dengan adanya kerja sama ini, kedua pihak berharap dapat membantu para UMKM khususnya pelanggan atau merchant yang menggunakan jasa SIRCLO dalam mengembangkan UMKM mereka dengan mendapatkan modal pinjaman melalui Modal Rakyat sehingga UMKM bisa lebih maju dan tentunya akan berpengaruh positif pada

perekonomian negara.



Cara Cerdas Jadikan UMKM Lebih Berkembang



Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan Modal

Sebagai pelaku UMKM yang cerdas, pastinya tidak akan sembarangan dalam menentukan jumlah dana pinjaman untuk mengembangkan UMKM mereka, justru jumlah pinjaman yang akan diajukan sesuai dengan jumlah modal yang dibutuhkan dan tidak ada yang dilebihkan sedikitpun. Untuk itu, lakukanlah perhitungan dengan jelas dan rinci sejak awal. Hal ini berguna untuk menghindari apabila dalam prosesnya mengalami kendala yang membuat kesulitan dalam membayar cicilan utang.



Melakukan Survei

Untuk mengembangkan UMKM, sepertinya tidak cukup jika hanya melakukan pengajuan pinjaman saja. Kamu juga perlu melakukan survei ke lapangan di tengah masyarakat, melalui mesin pencarian seperti Google, atau melalui media sosial. Riset ini tentunya akan sangat menguntungkan kamu dalam mengembangkan UMKM, yaitu dengan mencari tahu apa yang sedang tren di masyarakat, sehingga penjualan kamu bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat.



Tingkatkan Terus Kreativitas

Agar penjualan kamu semakin banyak diminati masyarakat dan omzet penjualan meningkat, jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kreativitas kamu dalam menghasilkan karya. Kreativitas ini tidak hanya dilakukan pada produksi produk saja, tapi juga berlaku dalam kegiatan promosi penjualan yang dilakukan. Dengan begitu, bisa menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang dijual.



Tekun dan Disiplin di Setiap Prosesnya

Berkembangnya UMKM yang sesuai dengan harapan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena adanya proses yang berliku-liku dengan penuh tantangan. Untuk itu, jadilah pelaku UMKM yang tekun dalam menjalankan usaha hingga dapat meraih kesuksesan. Selain itu, jangan lupa juga bagi kamu yang telah mengajukan pinjaman modal, bayarlah cicilan dengan disiplin dan tepat waktu setiap bulannya.



Modal Rakyat Memberikan Banyak Keuntungan!

Modal Rakyat merupakan layanan Peer-to-Peer lending atau fintech lending yang mempertemukan pendana dengan peminjam UMKM. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan nikmati kalau kamu mengajukan pinjaman di Modal Rakyat, di antaranya:



Situs Peer-to-Peer Lending yang Aman

Melihat layanan pinjaman berbasis P2P (Peer-to-Peer lending) memang sangat menggiurkan hasilnya. Kondisi seperti ini bisa saja dimanfaatkan suatu kelompok atau oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan cara pemerasan kepada si peminjam baik dari penagihan yang tak kunjung usai, hingga bunga yang sangat tinggi.

Hal tersebut tentunya tidak perlu kamu khawatirkan bila mengajukan pinjaman modal UMKM di Modal Rakyat. Sebab, Modal Rakyat telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga segala kegiatan yang dilakukan oleh Modal Rakyat sesuai dan patuh terhadap Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77.



Bunga yang ditawarkan Kompetitif

Pada umumnya, oknum penipuan akan menetapkan bunga yang relatif tinggi, bahkan hingga mencapai 30% setiap bulannya. Sementara bunga yang ditawarkan Modal Rakyat dimulai dari 10% hingga 20% per tahun. Besarnya bunga yang ditetapkan ini sangat bergantung pada tingkat risiko yang ditentukan dari data yang diajukan. Selain itu, bunga di Modal Rakyat juga relatif lebih kompetitif bila dibandingkan dengan alternative pinjaman lain.



Syarat Pengajuan Tidak Ribet

Untuk saat ini, Modal Rakyat memberikan pinjaman modal mulai dari Rp.50.000.000,- hingga Rp. 500.000.000,- dengan persyaratan pengajuan pinjaman yang tidak ribet, di antaranya peminjam harus Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki kelengkapan identitas diri, memiliki NPWP pribadi atau perusahaan, memiliki data legalitas perusahaan bila bukan usaha perseorangan, memiliki rekening bank, dan setidaknya sudah memiliki toko online aktif di SIRCLO selama 6 bulan.



Persetujuan Cepat

Situs pinjaman online berbasis P2P Lending ini terkenal dengan proses dan persetujuannya yang cepat, termasuk Modal Rakyat. Bila persyaratan yang diajukan sudah lengkap, maka proses survei, analisis, penentuan tingkat risiko dan suku bunga cepat akan menjadi efisien dengan maksimal dalam lima hari kerja.



Proses Pengajuan Mudah

Pengajuan pinjaman di Modal Rakyat dilakukan secara online. Berikut tahapan yang perlu dilakukan:

Peminjam mendaftarkan diri data informasi singkat menggunakan form ini.

  • Modal Rakyat akan berkoordinasi dengan SIRCLO dan mulai memverifikasi calon peminjam.
  • Jika disetujui, calon peminjam diharuskan membuat akun di platform Modal Rakyat
  • Ajukan pinjaman melalui platform Modal Rakyat
  • Proses pendanaan akan dimulai setelah pinjaman disetujui
  • Dana akan disalurkan kepada UMKM setelah masa penggalangan dana selesai.




Jika kamu tertarik, yuk langsung ke halaman ini untuk mendaftarkan diri secara singkat!

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online