Blog

5 Tips untuk Memulai Bisnismu Sekarang

Awal tahun adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk memulai bisnis impianmu, karena kamu memiliki sepanjang tahun untuk mengevaluasi bisnismu tanpa melewati waktu krusial seperti hari raya atau musim liburan. Mungkin kamu sudah lama membayangkan bisnis apa yang ingin kamu bangun dan bagaimana kamu harus memulainya. Kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ada 5 tips membangun bisnis untuk kamu yang tidak sabar ingin memulai usaha!

 

Lebih cepat memulai, lebih baik

Semakin cepat, semakin baik. Ungkapan itu juga berlaku untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Banyaknya hal yang perlu dipersiapkan juga akan memakan waktu cukup lama, seperti merancang rencana bisnis, mengatur dana, hingga memahami pasar. Hindari menunda-nunda, karena kamu bisa kehilangan timing yang pas untuk peluncuran bisnismu.

 

Kenali motivasimu

 

Bisnis-bisnis yang sukses umumnya memiliki komitmen kepada suatu tujuan atau pencapaian. Memahami tujuan bisnis akan membantu mempertahankan kelangsungan maupun kesuksesan bisnismu untuk jangka panjang. Dalam memulai bisnis, kamu juga perlu mempertimbangkan hal-hal seperti modal bisnis, supplier produk, brand mana yang mewakili bisnis, serta cara memasarkan bisnismu kepada customer. Memulai bisnis akan terasa lebih ringan bila kamu sudah memperkirakan cara-caranya.

 

Susun rencana bisnis

 

Sebelum memulai, kamu tentu perlu memiliki rencana bisnis. Rencana bisnis yang perlu kamu susun harus mencakup riset pasar, perkiraan biaya startup, dana operasi per bulannya, dan perkiraan keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Perencanaan ini tidak hanya membantu kamu untuk fokus pada strategi bisnis, namun juga bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk peminjaman modal di bank atau kepada investor potensial.

 

Tetapkan deadline

 

Sekarang adalah waktu yang paling tepat bagimu untuk memulai bisnis, namun kamu tidak perlu langsung meninggalkan pekerjaanmu yang sekarang sampai kamu yakin penghasilan bisnismu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa melakukan transisi full-time ke bisnismu pelan-pelan, atau fokus langsung ke bisnismu. Namun bila kamu berkomitmen untuk langsung berkecimpung dalam bisnis rintisanmu sendiri, kamu juga harus aman secara finansial. Apapun yang kamu pilih untuk jalani, kamu memerlukan deadline kuat agar semua rencanamu berjalan dengan tepat waktu tanpa menunda-nunda.

 

Pilih teknologi atau tool yang sesuai

 

Kamu bisa memanfaatkan teknologi berupa tool atau software untuk melakukan pekerjaan yang memakan waktu, seperti website untuk sales, accounting, dan marketing. Memanfaatkan teknologi bisa mempermudah kamu melakukan penjualan dan melayani customer. Dengan begitu, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk berfokus pada strategi bisnis dan big picture dari bisnismu.

 

Mengambil keputusan untuk terjun ke dalam dunia bisnis dan merintis bisnismu sendiri memang terkesan risky. Namun dengan persiapan berupa ilmu bisnis, perencanaan yang matang, dan passion, memulai bisnis tidak hanya menjadi sekadar angan. Sekarang waktunya untuk mulai melangkah dalam perjalananmu sebagai entrepreneur!

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online