Blog

Cara Menetapkan Harga Jual untuk Produkmu

Salah satu hal yang paling sulit ditentukan ketika berjualan adalah menentukan harga jual untuk produk yang sesuai dengan bisnismu, karena penentuan ini akan memiliki efek panjang terhadap brand. Memang tidak ada ilmu pasti ketika menciptakan strategi untuk menentukan harga, namun ada beberapa panduan dan metode yang dapat membantu kamu supaya menjadi lebih mudah menentukan harga yang tepat.

 

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan:

 

  • Harga yang diberikan harus lebih tinggi dari biaya yang dikeluarkan agar balik modal

 

Jika kamu memiliki forecast pemasaran yang tidak akurat, maka bagaimana nantinya untuk mendapatkan keuntungan? Idealnya, kamu harus bisa mendapatkan keuntungan dan hasil balik modal yang seimbang dari hasil penjualan yang kamu lakukan.

 

  • Kamu harus dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari

 

Menjadi seorang karyawan, pastinya kamu harus memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentunya, kamu tidak ingin gaji bulanan yang didapatkan hilang begitu saja untuk membayar biaya berjualan. Jadi, kamu dapat memulai dari kecil dan sesuaikan dengan gaji bulanan kamu agar nantinya tidak akan kesulitan di kedepannya nanti.

 

  • Jangan sampai harga yang ditetapkan menjadi lebih rendah hanya karena pembeli beranggapan seperti itu.

 

Ketika salah satu pembelimu ada yang mengatakan bahwa produk yang kamu jual terlalu mahal, ada baiknya jika kamu melakukan introspeksi terhadap barang yang kamu jual. Mungkin barang yang kamu jual tidak sesuai dengan pasaran yang ada. Kamu dapat memperbaiki ini dengan melakukan riset terhadap kompetitor, cek ulang biaya produksi, serta mencari rencana lain agar harga tetap sesuai dengan pasaran. Kecuali memang harga produksi dan sebagainya memang sedang mengalami kenaikan.

 

Memastikan harga memang suatu hal yang gampang-gampang susah karena kamu pasti ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang kamu jual, akan tetapi kamu juga harus mempertimbangkan keperluan pribadi serta pasaran dari produk yang kamu jual. Jadi, jangan sampai kamu memberikan harga yang salah, karena hal ini akan memberikan dampak negatif dengan jangka panjang terhadap produkmu.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online