Blog

5 Tips Menciptakan Branding Identity untuk Pemula

Sebagai pemilik bisnis, tentu kamulah yang paling peduli tentang branding bisnismu. Karena itulah, kamu bisa mencoba melakukan branding untuk bisnismu sendiri daripada mempercayakan brand kamu kepada orang lain.


Jika kamu ingin menciptakan branding identity sendiri namun masih bingung mulai dari mana, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut:


Pahami tujuan dan kepribadian brand-mu

Sebelum mulai mengerjakan rancangan brand-mu, kamu bisa kembali menggali motivasimu dengan bertanya pada dirimu sendiri: Apa yang ingin saya capai dengan brand saya? Berapa lama saya ingin brand ini bertahan? Apa brand personality dari brand yang ingin saya buat?



Kenali siapa konsumen idealmu

Kamu juga perlu mengenali siapa yang ingin kamu gapai dengan brand-mu. Pastikan kamu tahu usia, gender, tingkat pendidikan, pekerjaan, gaya hidup, dan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen idealmu. Dengan memahami semua itu, kamu bisa merancang brand yang sesuai dengan kebutuhan konsumenmu kelak.


Bangun visual brand yang merepresentasikan bisnismu


Kamu perlu mengetahui unsur verbal dan visual untuk mengekspresikan brand-mu. Hal-hal yang perlu kamu tentukan adalah kata-kata untuk menjelaskan bisnismu serta warna dan font yang akan kamu gunakan untuk setiap materi publikasi maupun website-mu.


Manfaatkan media sosial dan website gratis

Ketika kamu menciptakan brand, kamu juga bisa memanfaatkan tools murah atau gratis untuk bisnismu. Misalnya, menggunakan media sosial sebagai opsi lain dari ads untuk memberikan tempat bagi brand-mu, atau menggunakan WordPress untuk memulai website.


Tetap up-to-date dengan tren untuk membuat brand yang memorable


Kamu juga perlu menerapkan mindset yang selalu terbuka dengan tren branding terbaru, seperti mengikuti tren visual marketing untuk menarik perhatian konsumen ke website atau media sosialmu. Brand yang memorable di benak konsumen akan meningkatkan brand identity-mu!



Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online