Blog

Memperkuat Bisnis Online dengan Same Day Delivery

Perkembangan bisnis online yang pesat berdampak pada banyak aspek, termasuk pada industri logistik dan utamanya pada pengiriman akhir (last mile delivery) hingga ke tangan pelanggan.


Last mile delivery punya peran krusial dalam ekosistem e-commerce ataupun bisnis online. Rasanya tidak muluk-muluk juga kalau last mile delivery menjadi ujung tombak dari rangkaian transaksi perdagangan online. Sebagian kesuksesan perdagangan online dipengaruhi oleh kelancaran proses pengiriman barang hingga ke tangan pelanggan. Semakin bagus layanan last mile delivery, semakin produktif pula bisnismu. Pelanggan pun semakin puas karena barang bisa sampai di tangan dengan cepat dan tepat waktu.




Berjualan makanan secara online, misalnya, memiliki proses produksi hingga pengiriman barang yang harus dijalani. Apalagi dunia online tidak hanya bisa menghubungkan pelanggan dari Jakarta, tapi juga lintas pulau di Nusantara. Bayangkan, dalam sehari ada lebih dari lima puluh pesanan yang harus kamu layani dengan cepat. Semua pesanan itu tidak hanya datang dari Jabodetabek, namun juga dari Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Denpasar.



Setelah puluhan produk tersebut siap, kamu harus menyerahkannya ke jasa pengiriman terdekat dari rumah untuk dikirim ke alamat pembeli. Barang kemudian dicatat satu persatu dan diproses oleh petugas. Jika proses pengiriman berjalan lancar, barang yang kamu kirim baru sampai di tangan pembeli setelah 2-7 hari.


Tapi kalau ada kendala dalam proses pengiriman, kamu perlu menguras waktu dan tenaga lagi untuk bertanya ke customer service terkait. Padahal kamu sudah kesulitan menangani bahan baku, mengolah produk, mengurus transaksi keuangan, packing produk, hingga mengurus branding dan marketing bisnismu.


Jika proses pengiriman secara konvensional ini tidak segera diatasi, tidak hanya pelangganmu yang kecewa, namun produktivitas bisnismu pun bisa berkurang bahkan habis untuk urusan distribusi.


Rata-rata waktu yang kamu habiskan untuk proses pengiriman barang secara konvensional tadi mencapai hingga 40% dari keseluruhan proses produksi. Waktu yang terkuras itu seharusnya bisa kamu gunakan untuk kegiatan produktif lain, misalnya pengembangan bisnis atau bersantai bersama keluarga.


Nah, kalau produkmu bisa dikirimkan ke pelanggan di berbagai kota di Jawa maupun Bali dan tiba di hari yang sama (same day delivery) dengan harga flat, bisnismu pun akan berjalan dengan lebih produktif dan nyaman, bukan?


Solusi Last Mile Delivery dengan Teknologi





Revolusi industri 4.0 bukan hanya untuk industri e-commerce maupun bisnis online. Setiap industri perlu beradaptasi dengan perubahan ini, termasuk industri pengiriman dan khususnya fitur last mile delivery.


Di Indonesia, penggunaan teknologi untuk pengiriman barang khususnya last mile delivery belum terserap dengan maksimal. Apalagi inovasi same day delivery dengan harga flat juga perlu digaungkan lebih luas lagi untuk memudahkan para online seller dan pengusaha UMKM lainnya di Nusantara.


Bagi kamu pebisnis online maupun pengusaha UMKM yang masih sering mengalami kendala dalam proses pengiriman barang, Paxel.co punya solusi pengiriman barang dengan same day delivery dengan harga flat.


Hubungi sales@paxel.co untuk informasi lebih lanjut, atau kamu bisa langsung mengirimkan barang ke Jawa dan Bali dengan same day delivery lewat aplikasi Paxel di Google Play dan App Store.

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online