Blog

Mengoptimalkan Website untuk Bisnis dan Branding

Localpreneurs mungkin pernah bertanya-tanya, “Apakah bisnis saya, yang sudah sukses di media sosial dan marketplace ini, masih memerlukan website? Kalau memang perlu, website seperti apa yang paling sesuai untuk bisnis saya?”

SIRCLO Dialogue: Yogyakarta yang digelar pada Sabtu, 23 Februari 2019 lalu membantu localpreneurs menjawab pertanyaan ini. Bertempat di Sinergi Coworking Space, workshop yang berjudul “The Right Website for Your Business” ini mengundang kembali Ray Rahendra, Strategic Planner dari GetCraft Indonesia dan SAGALA Consultant Agency serta Dimas Nurcahyo, Brand Manager dari Macmuro Studio. Founder Evete Naturals, Vania Tiffany Brahmana juga menceritakan kisah sukses brand-nya lewat toko online.

Dimas Nurcahyo membahas tentang bagaimana sebuah brand seharusnya dihadirkan. Menurut Dimas, sebuah brand adalah bagaimana konsumen bisa mengiidentifikasi dan membedakan bisnis kamu dari yang lainnya. Namun dalam menyajikan sebuah brand, localpreneurs harus memiliki strategi dan dikembangkan secara sadar agar bisa lekat dalam benak konsumen.

Untuk memperkuat brand dan bisnis, localpreneurs memerlukan website. Keberadaan website untuk bisnismu bisa membantu meningkatkan exposure brand kamu. Ray Rahendra mengatakan bahwa jenis bisnis menentukan website mana yang kamu perlukan dan fitur apa yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnismu. Untuk toko online, misalnya, website digunakan sebagai ‘rumah’ bisnismu di Google dan konten bisa kamu manfaatkan untuk SEO; menarik konsumen potensial ke toko online-mu.

Pada sesi sharing-nya, Vania Tiffany Brahmana menceritakan bagaimana Evete Naturals berupaya memenuhi kebutuhan dan melayani konsumen melalui website bisnisnya. Website Evete Naturals tidak hanya menjual produk, namun juga menyediakan informasi tentang skincare. Adanya toko online ini membantu tim Evete Naturals untuk menghemat waktu dalam memproses transaksi maupun melayani konsumen, serta memanfaatkan fitur Instagram Shopping di media sosialnya. Penjualan produk pun meningkat.

Walaupun bisnis bisa dilakukan di media sosial atau marketplace, namun toko online dapat meningkatkan kredibilitas dan exposure sebuah brand. Apapun bisnisnya, website tetap bisa dimanfaatkan sebagai pilar di tengah-tengah dunia digital yang rawan perubahan. Website bisnis juga bisa memberikan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh media sosial maupun marketplace, serta memperkuat brand.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online