Blog

Dian Sastrowardoyo Menjadi Inspirasi untuk Memelihara Lingkungan

Sumber: Facebook Official Dian Sastrowardoyo

Kantong plastik adalah benda yang sangat lazim ditemukan dan sering kita gunakan sebagai alat yang sangat membantu kita untuk membawa barang-barang dalam jumlah banyak. Namun, tidak dipungkiri bahwa keberadaan kantong plastik sendiri dapat membahayakan lingkungan karena kantong plastik butuh waktu sekitar 100 tahun untuk dapat terurai dan juga bila kantong plastik dibakar, zat sisa hasil pembakarannya adalah zat beracun yang berbahaya bagi manusia.

 

Banyaknya sampah plastik yang membahayakan lingkungan mendorong sosok Dian Sastrowardoyo yang akrab dipanggil Dian Sastro ini untuk ikut serta dalam gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik. Ia menuturkan di akun Instagramnya bahwa kantong plastik sebenarnya jarang didaur ulang karena materialnya yang sangat tipis. Ini menyebabkan hanya 1% dari 4 triliun kantong plastik yang didaur ulang dan sisanya hanya dibiarkan menumpuk di TPA, lalu terbuang ke sungai dan laut. Hal ini menyebabkan kerusakan ekosistem laut karena sampah plastik yang termakan oleh hewan-hewan laut dan menyebabkan banyak kematian hewan laut.

 

Dian Sastro bersama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) melaksanakan kampanye dengan tema “Rampok Plastik” pada hari Minggu, 14 April 2019 di acara Car Free Day di sekitar Plaza Indonesia. Kampanye Rampok Plastik ini pada dasarnya adalah kegiatan ‘merampok’ kantong plastik yang dibawa oleh orang-orang lalu ditukar oleh tas belanja yang bisa dipakai kembali. Aksi Rampok Plastik ini sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan lebih sering menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berulang-ulang.

 

Dian Sastro sendiri ikut turun tangan menjalankan aksi Rampok Plastiknya di sekitaran Bundaran HI. Aksinya tersebut berhasil mengumpulkan 1000 kantong plastik hanya dalam waktu 40 menit. Kantong plastik yang berhasil dikumpulkan tersebut akan diserahkan kepada brand lokal Sejauh Mata Memandang (SMM) untuk digunakan sebagai bagian dari pameran brand mereka di Plaza Indonesia pada 22 April 2019 mendatang yang bertemakan Hari Bumi Internasional.

 

Aksi Rampok Plastik yang dilakukan oleh Dian Sastro ini sangat menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan kita. Hal sepele seperti mengurangi penggunaan kantong plastik saja ternyata bisa menyelamatkan lingkungan dan hewan-hewan di laut. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang baik juga harus bisa belajar untuk mencintai lingkungan kita. Semoga kisah Dian Sastro ini bisa menginspirasi kita semua untuk menjaga lingkungan kita yang mungkin dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan cara kita masing-masing.

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online