Blog

Peran Website dalam Menciptakan Ruang untuk Brand Lokal

Website bisnis menjadi sebuah kebutuhan signifikan bagi para localpreneurs untuk menetapkan posisi brand mereka di tengah keramaian kompetitor dan era digital. Namun keberadaan website saja tidak menjamin performa penjualan maupun visibilitas sebuah brand di mata audiens. Untuk itu, localpreneurs memerlukan strategi untuk mengoptimalkan website yang dimiliki, alih-alih menetap untuk berjualan di platform media sosial.

 

SIRCLO User Workshop dibuat guna membantu para pengguna SIRCLO mengembangkan brand lokalnya dengan mempertemukan mereka dengan para ahli dalam bidang bisnis. Pada kesempatan kali ini, SIRCLO mengundang Digital Marketing Specialist dan Founder dari Bacaansebentar, Ray Rahendra, dalam workshop bertajuk “Branding Strategy to Optimize Your Website”. Workshop diadakan di Bandung pada Jumat, 22 Maret 2019.

 

 

Terdapat tiga poin yang dibahas oleh Ray Rahendra, yakni pentingnya website bagi brand lokal, website yang tidak berkembang, dan cara untuk mengoptimalkannya. Keberadaan website e-commerce penting bagi brand lokal karena mampu menciptakan kredibilitas brand di mata customer sekaligus menjadi channel marketing dan sales. Apabila website kurang berkembang, maka diperlukan cara-cara untuk mengembangkannya.

 

 

Empat hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan website adalah audiens, konten, brand story, dan customer experience. Localpreneurs hendaknya bisa mengenal audiens dari segi proses pembelian yang dilakukan dan teknik pemasaran mana yang cocok untuk diaplikasikan pada tipe audiens-mu. Audiens juga terus mencari konten di internet, sehingga localpreneurs bisa membuat konten yang inspiratif dan informatif sebagai media alternatif. Dalam prosesnya, localpreneurs juga bisa menyajikan brand story untuk memperkuat branding di benak audiens.

 

Customer experience mengutamakan pengalaman berbelanja yang dirasakan oleh customer, mulai dari harga, bundling produk, kemudahan pembelian dan pembayaran, kualitas produk, akuntabilitas, desain produk dan kemasannya, serta kepercayaan customer terhadap produkmu.

 

Tentunya website juga menjadi salah satu pendukung agar sebuah brand bisa bertahan lama. Channel digital seperti website mampu berperan dalam kegiatan marketing dan promosi karena memiliki visibilitas yang tidak dimiliki oleh media sosial. Website memberikan ruang bagi localpreneurs untuk berkarya dan menyajikan konten untuk audiens, juga menciptakan komunitas dan loyalitas customer.

 

 

Related Posts

Buat website toko online Anda hanya dalam 1 menit Buat Toko Online