Blog

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer Melalui Website

Kepercayaan merupakan kunci untuk memenangkan customer, meningkatkan penjualan, dan menjaga keberlangsungan bisnis. Apalagi konsumen saat ini memiliki begitu banyak pilihan platform dan brand untuk berbelanja. Maka itu, pebisnis harus bisa meyakinkan customer bahwa brand dan produk mereka kredibel.

Rata-rata konsumen melakukan riset sebelum membeli suatu produk. Salah satu cara paling umum yang digunakan orang untuk mencari informasi mengenai suatu produk atau brand adalah dengan mengunjungi langsung websitenya. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memiliki website toko online-nya sendiri. 

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penjualan dengan Website Toko Online

Namun website yang dimaksud juga bukan sekadar website. Elemen-elemen yang terdapat pada suatu website juga dapat mempengaruhi ketertarikan dan kepercayaan konsumen. Berikut 5 cara membuat website yang dapat meningkatkan kepercayaan customer.

Desain yang Profesional

Tampilan awal website bisa sangat menentukan apakah konsumen akan lanjut melihat-lihat atau tidak. Layaknya jendela etalase pada toko, halaman awal website toko online-mu berpengaruh besar pada kesan pertama customer terhadap brand

Oleh karena itu, pastikan tampilan website rapi dan bersih. Hindari tampilan website yang terlalu penuh karena dapat membingungkan pengunjung. Buat agar website mudah dinavigasikan. Gunakan foto yang beresolusi tinggi dan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas. 

Agar memudahkan pengunjung, kamu juga bisa menambahkan kategori-kategori pada navigasi. Misalnya jika kamu menjual produk fashion kamu bisa membaginya menjadi baju wanita dan pria atau atasan, bawahan, dan aksesoris. Pastikan juga websitemu dapat diakses dengan cepat dan tanpa error. 

Cantumkan Informasi Penting

Setelah masuk ke halaman utama website, hal selanjutnya yang biasa akan dilakukan pengunjung adalah menuju ke katalog produk. Buat agar tata letak dan desain produk memudahkan customer untuk melihat-lihat dan menemukan produk yang mereka cari. Cantumkan informasi produk yang lengkap seperti nama produk, spesifikasi, harga, stok, dan sebagainya. Tampilkan foto suatu produk dari beberapa sudut agar calon pembeli mendapatkan gambaran jelas.

Selain informasi seputar produk, jangan lupa juga untuk membuat halaman yang berisi informasi-informasi dasar seperti mengenai halaman “Tentang Kami” yang menjelaskan mengenai latar belakang brand dan halaman kontak yang memuat informasi yang lengkap seperti nomor telepon, email, alamat, media sosial, dan sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan fitur live chat pada website apabila memungkinkan agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal. 

Update Website Secara Berkala

Pastikan website toko online kamu terus diperbarui secara berkala agar pengunjung tahu bahwa websitemu masih tetap berjalan. Misalnya apabila kamu sedang menjalankan promo, tampilkan promo tersebut di halaman awal dengan banner, pop-up, atau format lainnya. Kamu juga bisa meng-update tampilan website untuk momen-momen tertentu misalnya saat lebaran atau tahun baru.

Website yang diperbarui secara berkala menunjukkan kepedulian dan keinginan brand untuk membangun hubungan dengan customer. Selain itu, hal ini juga membantu meningkatkan ranking websitemu di mesin pencari seperti Google. 

Tambahkan Testimoni & Review

Riset menunjukkan customer akan lebih yakin untuk berbelanja di suatu toko apabila mereka melihat review dari customer lainnya. Terlebih lagi, konsumen saat ini semakin hati-hati dalam berbelanja online karena banyaknya penipuan. 

Dengan menampilkan testimoni dan review, kamu bisa lebih meyakinkan konsumen bahwa bisnismu kredibel dan dapat dipercaya. Biasanya saat melihat-lihat review, customer akan mencari apabila adanya keluhan dari pelanggan sebelum-sebelumnya. Maka itu, pastikan kamu juga menanggapi dan memberikan solusi apabila ada keluhan.

Pastikan Transaksi Mudah dan Aman

Terakhir, kamu juga harus bisa menjamin bahwa transaksi yang dilakukan customer pada websitemu aman. Secara berkala scan websitemu untuk mencari tahu apakah ada malware atau software berbahaya atau tidak. Jika menemukan sesuatu, atasi secepat mungkin untuk memastikan bahwa pengunjung tidak terdampak. 

Gunakan HTTPS untuk keamanan website. Kamu bisa mengetahui apakah websitemu telah menggunakan HTTPS atau tidak dengan memeriksa apakah ada simbol gembok di sebelah alamat URL websitemu.

Selain itu, pastikan juga customer dapat melakukan pembayaran dengan mudah. Beri pilihan pembayaran yang beragam dan cara pembayaran yang sederhana. Pada saat customer akan melakukan check out, sediakan fitur bagi mereka untuk mengedit shopping cart. Berikan juga pilihan bagi mereka untuk melacak pengiriman. Setelah transaksi selesai dilakukan, kamu bisa menambahkan informasi mengenai kebijakan pengembalian produk.

Baca juga: Optimalkan Website Toko Online-mu dengan Payment Gateway

Sebaiknya tampilkan total harga produk yang harus calon pembeli bayarkan termasuk diskon dan biaya pengiriman pada awal pembelian. Tujuannya tak lain adalah untuk mengurangi tingkat pengabaian keranjang belanja (shopping cart abandonment rate). Apabila harga akhir berbeda jauh dengan harga yang tercantum pada katalog produk, calon pembeli bisa ragu untuk melakukan transaksi. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa desain, tampilan, dan konten pada website dapat sangat menentukan ketertarikan dan kepercayaan pembeli. Kamu bisa membuat website toko online yang responsif dan mudah dinavigasikan pengunjung dengan praktis di SIRCLO Store. Kamu hanya perlu melakukan pendaftaran, memilih template, dan mengisi data-data yang diperlukan. Hanya dalam waktu yang singkat, brand-mu sudah bisa memiliki websitenya sendiri. 

Tags: , , , , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!