Blog

5 Hari Besar Setelah Lebaran untuk Memasarkan Produk

Memanfaatkan momen-momen tertentu seperti hari raya merupakan salah satu cara memasarkan produk secara online maupun offline yang efektif. Momen Idul Fitri bisa dikatakan momen puncak bagi banyak pebisnis. Namun, Idul Fitri juga bukan satu-satunya momentum yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan.

Setelah Lebaran lewat, berikut beberapa momentum di tahun 2021 yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang untuk menjalankan strategi usaha:

Idul Adha

Serupa dengan Idul Fitri, menjelang Idul Adha banyak juga bisnis yang menawarkan beragam promo. Pada momen ini, umat Muslim akan melaksanakan sholat, ibadah haji, dan berkurban. Maka itu, banyak orang yang menjalankan bisnis hewan kurban menjelang Idul Adha. 

Namun selain hewan kurban, kamu juga bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendorong penjualan produkmu. Misalnya jika kamu menjual makanan atau katering, kamu bisa menjual makanan olahan daging atau bumbu masak. Jika kamu menjual pakaian, kamu bisa menawarkan baju muslim atau perlengkapan ibadah. Sesuaikan pemasaran dan promosi sesuai dengan tradisi-tradisi yang biasanya dijalankan oleh masyarakat agar strategi usaha yang dijalankan tepat sasaran.

Baca juga: Terapkan 5 Strategi Ini Agar Penjualan Tidak Menurun Pasca Lebaran

17 Agustus

Momen lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan strategi usaha adalah Hari Kemerdekaan. Banyak konsumen menanti-nanti untuk membeli barang dengan harga miring. Biasanya pebisnis menjalankan strategi bisnis online dengan menawarkan promosi spesial seperti diskon 8, 17, dan 45%, diskon berdasarkan nama, dan promo-promo lainnya.

Selain menawarkan promo, meluncurkan produk khusus menjelang 17 Agustus dan mengumumkannya di media sosial juga bisa menjadi salah satu cara memasarkan produk secara online. Misalnya jika kamu menjual makanan, kamu bisa meluncurkan menu bertemakan kemerdekaan. Bangun hype di media sosial untuk meningkatkan antusiasme customer terhadap produkmu.

Harbolnas

Walaupun bukan hari raya, Harbolnas juga merupakan momen dimana penjualan cenderung meningkat pesat, menjadikan momen ini sebagai momen yang tepat untuk menjalankan strategi bisnis online. 

Karena sebagian besar brand juga akan mengadakan promosi menjelang Harbolnas, kamu harus bisa memilih cara memasarkan produk secara online yang efektif. Misalnya kamu bisa memanfaatkan media sosial atau mengadakan giveaway untuk meningkatkan awareness mengenai campaign yang akan diadakan. Siapkan juga persediaan stok agar kamu bisa memenuhi permintaan konsumen. 

Baca juga: Tips Alokasi THR untuk Memulai Bisnis Pasca Idul Fitri 2021

Natal & Tahun Baru

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap akhir tahun bisnis akan mengadakan promo besar-besaran. Kamu bisa memanfaatkan tradisi yang biasa dilakukan orang-orang menjelang akhir tahun seperti memberi hadiah, mengadakan acara spesial bersama keluarga dan teman, serta memikirkan resolusi untuk memasarkan produkmu. Pada momen ini, kamu juga bisa menawarkan promo spesial bagi produk-produk yang masih tersisa untuk menghabiskan stok. 

Promo di Marketplace

Selain momentum-momentum di atas, biasanya marketplace juga sering mengadakan campaign spesial seperti pada hari ulang tahun marketplace, flash sale bulanan, dan program-program lainnya. 

Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menjalankan strategi bisnis online. Manfaatkan fitur-fitur yang ada pada marketplace dan perhatikan program-program yang akan diadakan oleh marketplace agar kamu bisa mempersiapkan strategi penjualan dengan matang.

Dalam merencanakan pemasaran dan penjualan pada momen-momen khusus, lakukanlah analisis terhadap penjualan sebelumnya untuk mengetahui strategi yang paling tepat.  Persiapkan keseluruhan aspek penjualan dengan baik mulai dari produk, kemasan, platform, metode pembayaran, hingga layanan agar tiap customer bisa dilayani dengan baik.

____

Tentang SIRCLO

Didirikan pada tahun 2013, SIRCLO merupakan perusahaan e-commerce enabler yang menawarkan empat solusi bisnis bagi brand untuk berjualan online, yaitu SIRCLO Store, SIRCLO Connexi, SIRCLO Chat, dan SIRCLO Commerce. SIRCLO Store adalah sebuah platform SaaS (Software as a Service) pembuatan toko online berbasis template bagi bisnis dan brand lokal. SIRCLO Connexi menawarkan dashboard interaktif untuk mengelola penjualan dari berbagai platform e-commerce Indonesia. Selain itu, SIRCLO Chat menghadirkan platform conversational commerce berupa dashboard interaktif yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Melalui solusi channel management bersifat end-to-end, SIRCLO Commerce menjawab kebutuhan brand korporat memasuki jalur distribusi online. 

Di bulan Mei 2020, SIRCLO secara resmi melakukan merger dengan ICUBE, Magento Premier Solutions Partner di Indonesia, untuk mendatangkan solusi-solusi pengembangan teknologi e-commerce dan Swift, sebuah omnichannel e-commerce builder. SIRCLO Store telah memprakarsai lebih dari 100.000 website dan membantu 3.000 brand mengembangkan bisnisnya secara online, seperti ATS The Label, Benscrub, Evete Naturals, Namaste Organic, This Is April dan Heytimmy Kidswear. SIRCLO juga telah dipercaya oleh puluhan klien yang terdiri dari 300+ brands ternama seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L’Oréal, Eiger, dan Levi’s. Hari ini SIRCLO memiliki lebih dari 600 karyawan yang berkantor pusat di BSD Tangerang, serta memiliki kantor cabang atau perwakilan di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya. Lihat informasi selengkapnya mengenai SIRCLO di www.sirclo.com.

Tags: , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!