Blog

5 Keuntungan Menggunakan Chat Commerce Yang Kamu Harus Tahu!

Kemajuan teknologi membuat sistem penjualan online semakin beragam. Salah satunya berjualan lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp. Aplikasi WhatsApp yang biasa kita gunakan sebagai sarana komunikasi layaknya SMS, kini bisa digunakan sebagai alat berjualan. Cara ini bahkan dikenal dengan nama chat commerce

Chat commerce merupakan sarana dimana orang-orang dan bisnisnya saling terhubung melalui obrolan atau bantuan suara dengan maksud untuk mendorong pembelian barang atau jasa. Cara ini dianggap sebagai hal baru yang bisa memaksimalkan penjualan. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan jika menggunakan WhatsApp Business untuk kebutuhan penjualan? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apa Perbedaan Social Commerce Dan Chat Commerce

Layanan Mudah Dalam Satu Medium

Kerap kali orang berbelanja dengan banyak cara dengan langkah yang rumit. Misalnya saat berselancar di sosial media menemukan barang menarik, saat diklik maka akan dialihkan ke website terkait. Setelah itu terkadang untuk beberapa kasus saat akan melakukan tahap akhir dialihkan ke aplikasi terkait.

Rasanya dengan memiliki beberapa tahap belanja tersebut membuat orang pun akan malas melakukannya. Jika kamu menggunakan chat commerce, maka salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan adalah layanan yang mudah bisa diselesaikan dari pemilihan produk sampai check out di satu medium seperti WhatsApp Messenger. Dengan begitu pelanggan tak perlu berpindah-pindah medium.

Terdapat Layanan Bot Atau Manual

Saat pelanggan ingin mulai mencari informasi produk, bot obrolan dapat membantu tugas-tugas seperti mencari katalog untuk produk dan rekomendasi pilihan yang sesuai dengan pelanggan. Jika pelanggan mengajukan pertanyaan pun bisa dibalas oleh bot atau manual oleh admin yang bekerja.

Hal tersebut menjadi keunggulan yang bisa kamu maksimalkan. Bisa menggunakan layanan bot untuk menjawab pertanyaan yang sifatnya banyak ditanyakan. Bisa juga menggunakan secara manual oleh manusia jika pertanyaan yang ditanyakan lebih spesifik atau memang tidak disiapkan sebelumnya. Kedua kemudahan yang bisa diatur ini bisa menjadi bahan pertimbangan baik saat kamu menggunakan chat commerce.

Sangat Cocok Dengan Smartphone

Semenjak munculnya smartphone yang semakin canggih, semua hal bisa dilakukan lewat genggaman tangan. Entah itu sekedar membayar listrik, membeli pulsa, maupun belanja. Semua aktivitas manusia yang biasanya perlu dilakukan keluar rumah, saat ini bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun.  Untuk semakin memudahkan dan memanjakan para pengguna smartphone, rasanya perlu suatu medium yang mendukungnya. 

Sebuah studi dari Deloitte menemukan bahwa sekitar 58% konsumen yang memiliki smartphone telah menggunakannya untuk berbelanja di toko online. Dengan data tersebut, penjualan lewat chat commerce sangat cocok untuk pelanggan yang sudah menggunakan ponsel cerdas mereka untuk membuat keputusan pembelian. Bahkan pelanggan bisa lebih mudah melakukan transaksi pembelian tanpa mengunjungi situs website tambahan.

Pelanggan Dapat Menghemat waktu

Saat ini, semua aktivitas bisa dilakukan lewat genggaman. Tinggal menunjuk ingin melakukan apa, semuanya bisa dan mudah. Tak terkecuali membeli barang secara online. Belanja online bagi sebagian orang merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan saat sedang senggang bekerja. Disinilah celah yang perlu dimanfaatkan penjual untuk membuat pelanggan tergiur belanja.

Dengan waktu yang relatif singkat tersebut, pelanggan bisa melakukan waktu yang cepat untuk belanja lewat chat commerce WhatsApp Messenger. Memilih, menanyai produk, meminta rekomendasi, sampai proses check out bisa dilakukan dengan cepat. Berkat kecepatan dan kemudahan akses dalam satu layanan, pelanggan bisa menghemat waktu dan pembeli pun mendapatkan jumlah transaksi yang melimpah.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Pikat Konsumen Lewat Chat Commerce

Bisa Dinavigasikan Sesuai Keinginan 

Bagaimana saat ada suatu medium yang bisa memudahkan kamu untuk mengkreasikan tampilan dan fiturnya sesuai keinginan? Pasti mengasyikan bukan. Nahh, lewat chat commerce kamu bisa melakukannya.

Dimulai dari bot yang bisa diatur saat mulai menyapa pelanggan, merekomendasikan berdasarkan data pelanggan, sampai pelayanan ramah tamah yang disisipkan dalam setiap obrolannya. Jika kamu ingin menyisipkan kode promo agar menarik perhatian pelanggan pun bisa dilakukan. Semua kemudahan ini ada di genggamanmu, tinggal bagaimana caranya kamu bisa mengoptimalkan medium ini untuk kepuasan pelanggan.

Melalui integrasi SIRCLO Chat dengan Whatsapp Business API, kamu dapat mengoptimalkan kepuasan pelanggan dengan mengirimkan katalog produk, pesan rekomendasi otomatis, maupun status pembelian. Dengan cara ini, kamu mampu memberikan pengalaman yang lebih responsif dan dapat menghemat waktu bagi pelanggan.

Jadi, tunggu apalagi segera bergabung bersama SIRCLO dan raup hadiah menarik yang diundi pada akhir tahun. Kamu berkesempatan memenangkan 2 sepeda motor, 5 laptop, 5 smartphone, serta puluhan voucher langganan SIRCLO Store dan voucher belanja. Kapan lagi membuat toko online bisa mendapatkan hadiah. Saatnya membuat percakapan jadi pemasukan.

Banyak pelaku UMKM yang semasa pandemi ini mengalami kesulitan untuk menjual produk mereka, SIRCLO bekerjasama dengan WhatsApp mengajak para pemilik bisnis untuk berkembang dengan mengikuti kelas mentoring #PastiPrioritas. Untuk informasi mengenai mentoring bisa silahkan klik banner ini.

Pasti Prioritas

Tags: , , , ,

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!