Blog

5 Perkerjaan yang Memungkinkan Kamu untuk Kerja Dari Rumah Alias Work From Home (WFH)

Sudah mulai merasa lelah dengan pekerjaan kantoran, dan ingin tetap menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan rumah terlalu lama? Sekarang ini sudah banyak loh peluang untuk mendapatkan pemasukan tanpa harus terjebak kemacetan di jalan untuk menuju kantor. Trend kerja dari rumah alias work from home ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari tempat tidur dan rumah sendiri. Tentu saja, kerja dari rumah memliki banyak keuntungan, yaitu:

  • Waktu kerja fleksibel. Kamu bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Dan yang paling asik, kamu juga bisa kerja memakai baju santai dengan nyaman di rumah.
  • Tidak harus memiliki ijazah. Meski tidak memiliki ijazah formal, selama kamu memiliki kemampuan dan skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan.
  • Tidak ada batasan umur. Berapapun umurmu, masih sekolah atau sudah pensiun, selama kamu bersemangat dan mau terus belajar, masih bisa kerja dari rumah.
  • Tidak ada batasan lokasi. Kamu tetap bisa melakukan pekerjaan meskipun kamu pindah tempat tinggal. Orang dengan keterbatasan fisik juga jadi bisa melakukan pekerjaan dari rumah.

Gimana, praktis dan nyaman kan bekerja dari rumah? Selanjutnya, ayo kita lihat beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari rumah.

1. Penulis Lepas dan Penerjemah

Semakin banyak pemilik bisnis yang perlu jasa penulis lepas untuk mengisi konten di website atau toko online mereka. Hampir semua orang bisa menulis, tapi yang paling dicari adalah penulis yang bisa membuat artikel atau tulisan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis klien. Untuk memulai menjadi penulis lepas, sebaiknya kamu membuat beberapa artikel dalam beberapa tema untuk referensi calon klien.

Kalau kamu fasih berbahasa asing, kamu juga bisa membantu menerjemahkan dokumen atau file audio. Tapi harus diingat ya, biasanya klien mencari penerjemah yang tidak menggunakan tools alih bahasa agar hasilnya lebih enak dibaca dan mudah dimengerti.

2. Admin Media Sosial

Tidak hanya bisnis e-commerce, segala bidang bisnis baik besar maupun kecil sekarang sudah menggunakan media sosial untuk menjangkau pelanggannya secara langsung. Tapi tidak semua punya pekerja untuk menangani akun sosial bisnisnya. Kalau kamu punya akun media sosial dengan banyak follower dan selalu di-update dengan konten yang berkualitas, kamu bisa mulai mencari pekerjaan ini.

3. Graphic Designer atau Desainer Grafis

Dengan bisnis UKM yang sedang berkembang pesat saat ini, otomatis banyak yang mencari pekerja lepas untuk membantu membuatkan logo, design kemasan, banner untuk website atau toko online, membuat ilustrasi, dan masih banyak lagi. Asalkan menguasai aplikasi design dan mempunyai kreatifitas yang tidak terbatas, kamu sudah bisa mulai dengan membuat beberapa design untuk portfolio kamu.

4. Pebisnis Online atau Digital Entrepreneur

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi, sangat mudah bagi kamu untuk menjual produk atau jasa secara online. Hal ini secara positif menguntungkan kamu karena kamu bisa menjangkau pembeli di seluruh dunia selama mereka mempunyai akses ke Internet. Sekarang banyak sekali platform yang memungkinkan kamu untuk menjual secara online, seperti iklan baris online, marketplace dan website toko online. Modal untuk memulai bisnis online juga jauh lebih murah dibandingkan dengan toko offline tradisional pada umumnya.

4. Programmer dan Web Developer

Sektor informasi teknologi memerlukan banyak sekali orang yang bisa memberikan jasa pembuatan website atau toko online. Bayarannya juga termasuk yang paling besar diantara pekerjaan lain yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk mulai bekerja di bidang ini tentu saja kamu harus membuat dulu beberapa contoh website atau toko online yang pernah kamu buat dan tangani. Bukan cuma menyangkut website, programmer juga banyak dicari untuk membantu membuat berbagai aplikasi dan game.

5. Asisten Virtual

Semakin banyak bisnis yang sebagian, atau bahkan seluruhnya, dijalankan secara online. Tidak heran permintaan untuk jasa asisten virtual semakin dicari. Biasanya tugas asisten virtual sangat bervariasi, mulai dari menulis dan membalas email, membuat dan membagikan dokumen bisnis, menanggapi pertanyaan bisnis dan media, membuat dan menulis, konten, dan masih banyak lagi.

Kunci paling penting agar kamu sukses bekerja dari rumah adalah komitmen untuk selalu disiplin dan memberikan yang terbaik untuk klien dan diri kamu sendiri. Yuk mulai kerja dari rumah!

To SIRCLO, the success of your online business is a priority.

Start your success story now!